Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Kupas Fitur Baru WhatsApp Untuk iOS dan Android

Whatsapp Smartphone_1a
Whatsapp Smartphone. (Sumber: Trengo)

Unbox.idWhatsApp meluncurkan fitur baru untuk meningkatkan keamanan pengguna saat menelepon. Di situs WABetaInfo terungkap bahwa fungsi fitur baru ini adalah untuk menambah lapisan keamanan ekstra pada panggilan WhatsApp. Fitur baru tersebut bernama Call Relay yang dapat melindungi alamat IP dan lokasi pengguna dari penyerang (hacker). Fitur ini tersedia untuk perangkat iOS dan Android. Mengutip News18, WhatsApp memiliki bagian “Lanjutan” di layar pengaturan privasi. Bagian baru ini berisi opsi untuk melindungi alamat IP selama panggilan, mencegah penelepon mengetahui lokasi pengguna. Fitur Call Relay sangat berguna dalam melindungi privasi pengguna terutama terhadap panggilan dari nomor asing. Namun, fitur ini sedikit mempengaruhi kualitas panggilan.

Fitur Call Relay

WhatsApp Call Relay_2b

WhatsApp Call Relay. (Sumber: Blackview)

WABetaInfo menjelaskan bahwa kualitas panggilan akan dipengaruhi oleh fitur baru ini karena enkripsi dan perutean koneksi selama panggilan. Namun, pengguna tidak perlu khawatir dengan masalah keamanan pada fitur keamanan WhatsApp terbaru ini.

Kabar terbaiknya adalah fitur ini, yang dirancang untuk melindungi alamat IP pengguna selama panggilan, kini tersedia untuk penguji beta tertentu yang telah menginstal WhatsApp beta terbaru di Android melalui Google Play Store dan di iOS melalui aplikasi TestFlight.

Dilaporkan juga bahwa fitur Penerusan Panggilan akan diluncurkan ke lebih banyak pengguna dalam beberapa hari mendatang.

WhatsApp Garap Fitur Group Chat Event

Dulu, WhatsApp juga dikenal sering mengembangkan fitur-fitur baru pada aplikasinya. WABetaInfo mengumumkan bahwa fitur baru untuk obrolan grup akan segera tersedia, yaitu fitur Acara Obrolan Grup.

Kehadiran fitur baru WhatsApp ini telah muncul di aplikasi chatting Android versi beta 2.23.21.12 dan kini sudah bisa diakses di Google Play Store, seperti dikutip WABetaInfo. Dengan fitur ini, pengguna dapat menjadwalkan acara dan mengoordinasikan diskusi dalam obrolan grup.

Hal ini dapat mengurangi risiko panggilan tidak terjawab atau terlambat menghadiri acara tertentu. Saat ini fitur Group Chat Events masih dalam versi beta dan hanya tersedia untuk kelompok pengguna WhatsApp Beta tertentu. Jadi, pengguna yang penasaran harus bersabar dan menunggu hingga pembaruan aplikasi di masa mendatang tiba.

Di pembaruan mendatang, tindakan baru di menu berbagi obrolan akan menampilkan pintasan acara. Pengguna dapat membuat acara dengan nama tertentu dan mengatur pengingat dalam obrolan.

Harap diperhatikan bahwa acara obrolan ini dienkripsi ujung ke ujung. Oleh karena itu, pengguna tidak perlu khawatir dengan masalah keamanan karena hanya peserta chat yang dapat mengaksesnya.

Baca juga: Ini Ponsel Yang Tak Bisa Pakai WhatsApp Mulai 24 Oktober 2023!

WhatsApp Siapkan Fitur Kode Rahasia

WhatsApp Fitur Kode Rahasia_3c

WhatsApp Fitur Kode Rahasia. (Sumber: Popular Science)

Masih membahas fitur baru WhatsApp, pengembang WhatsApp sedang menguji fitur baru bernama ‘Kriptografi’, seperti dilansir The Indian Express. Fitur ini memungkinkan Anda mengunci obrolan.

Tidak hanya di satu perangkat, fitur ini juga akan berfungsi di seluruh perangkat yang terhubung dan memungkinkan pengguna menggunakan kata sandi khusus untuk folder obrolan yang dilindungi.

Menurut laporan dari WABetaInfo, fitur baru ini pertama kali terlihat di WhatsApp beta di Android 2.23.21.9, yang dapat diunduh oleh pengguna yang terdaftar dalam program pengujian beta WhatsApp dari Google Play Store.

Dengan fitur kode sandi ini, pengguna dapat dengan mudah menemukan obrolan yang terkunci langsung dari bilah pencarian aplikasi dan mengunci obrolan bahkan pada perangkat yang terhubung.

Saat menggunakan fitur baru ini, WhatsApp akan menyarankan Anda untuk menggunakan kata-kata sederhana atau emoji sebagai kode. Dengan cara ini, dia dapat dengan cepat menemukan diskusi yang terkunci.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Social Media

Unbox.id – Setelah menyaksikan pesatnya perkembangan AI, Meta pun tak tinggal diam. Perusahaan induk Facebook telah berupaya menerapkan AI ke dalam ekosistemnya selama beberapa...

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp sedang mengerjakan fitur baru untuk memberikan informasi tentang kontak yang baru saja diunggah. Untuk memperkuat posisi WhatsApp sebagai aplikasi perpesanan nomor...

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp dikabarkan memiliki fitur yang akan memudahkan pengguna perangkat Android dalam mengirim gambar dan video dalam resolusi tinggi (HD). Fitur baru WhatsApp...

Social Media

Unbox.id – WhatsApp saat ini sedang mengerjakan fitur yang memungkinkan pengguna mengedit gambar menggunakan editor foto bertenaga kecerdasan buatan (AI). Dengan fitur ini, pengguna...