Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Konsep Smartphone Layar Geser Butuh Pengembangan Panjang

smartphone layar geser_1
Produk smartphone layar geser masih perlu pengembangan lebih lanjut bagi pangsa pasarnya. (Sumber: Liputan6.com)

Unbox.id – Samsung memperkenalkan konsep perangkat geser dan lipat yang disebut Flex Hybrid OLED. Konsep ini diresmikan pada ajang CES 2023 pada awal Januari lalu. President and Sales Director of Mobile eXperience Samsung Electronics TM Roh mencontohkan, saat ini perangkat dengan konsep layar geser masih terus dikembangkan oleh perusahaan. Ia tidak mengungkapkan kapan perangkat tersebut akan dirilis. Pengembangan konsep layar geser akan memakan waktu cukup lama sebelum orang memutuskan untuk meluncurkannya. Ia mencontohkan, saat meneliti dan mengembangkan seri Galaxy Z Flip dan Galaxy Z Fold, ia merupakan ponsel dengan layar yang dapat dilipat.

Bos Samsung Buka Suara

“Sekarang Galaxy Z series sudah memasuki generasi keempat dan generasi pertama rilis pada 2019. Kami sudah kehilangan lebih dari 8 tahun dari pengembangan, prototipe, dan rilis resmi tahun ini 2019,” kata TM Roh saat pertemuan di Malaysia , beberapa kali terakhir.

Contoh yang dipaparkan oleh bos Samsung Mobile tersebut menggambarkan bahwa proses pengembangan perangkat Flex Hybrid OLED juga membutuhkan waktu yang lama. Meski memakan waktu cukup lama, TM Roh mengaku timnya terus bekerja keras untuk menghasilkan konsep final perangkat fleksibel tersebut.

Beberapa aspek penting memang perlu diperhatikan dalam pengembangannya, jelasnya, seperti model perangkat lunak yang digunakan. “Sama seperti konsep baru kami, ini semua akan memakan waktu, tapi kami akan bekerja keras untuk sampai ke sana,” katanya.

Baca juga: Mengenal Fitur Anti-Banding Pada Kamera Smartphone

Semua Untuk Pengalaman Terbaik

smartphone layar geser_2

Kehadiran dari tipe smartphone layar geser bisa menambah pengalaman terbaik dalam penggunaannya. (Sumber: Unbox)

TM Roh tampaknya enggan memberikan pengalaman buruk kepada pelanggannya. Salah satunya adalah dengan fokus mengembangkan jenis ponsel layar lipat dan geser ini.

“Kalau sudah siap dan pada waktu yang tepat, kami akan meluncurkan produknya,” katanya. Setelah melalui masa pengembangan yang panjang, dengan fokus memaksimalkan peran perangkat terakhir, TM Roh berharap Flex Hybrid OLED pada akhirnya akan menjadi pilihan bagi pengguna Samsung.

Dia melanjutkan: “Kami memperkuat kerja sama kami dengan mitra strategis dan menantikan sistem yang mapan untuk lini produk yang dapat dilipat.

Perkenalkan Teknologi Samsung Flex Hybrid OLED

Samsung Display baru saja memperkenalkan perangkat terbarunya yang disebut Flex Hybrid OLED di CES 2023. Apakah itu?

Flex Hybrid OLED adalah panel layar yang dapat dilipat dan digeser untuk ponsel, tablet, dan laptop. Dengan teknologi ini, vendor dapat memasang layar lipat dan geser ke casing ponsel Android atau iOS umum.

Saat membuka atau memindahkan panel, layar 10,5 inci muncul dengan 4:3 hingga 12,4 inci dengan skala 16:10.

Baca juga: Daftar Produk Smartphone Incaran Yang Keren Di 2023

Konsep Ponsel Layar Foldable Samsung

Konsep panel layar lipat dan geser itu diberi nama Flex Slidable Solo dan Flex Slidable Duet, seperti dikutip GSM Arena. Samsung telah menunjukkan bahwa panel geser dan lipat dapat ditarik dari satu (atau kedua) sisi untuk memperluas layar OLED 14 inci menjadi 17,3 inci.

Seperti layar perangkat seluler pada umumnya, semua panel kontrol peka terhadap sentuhan. Berbekal teknologi panel ini, Samsung berharap dapat membantu produsen ponsel dalam berinovasi pada produknya.

Meski begitu, masih terlalu dini untuk melihat produk lipat dan geser ini masuk pasar dalam waktu dekat.

 

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Spesifikasi & Harga

Jakarta, Unbox.id — Brand ponsel pintar Poco baru-baru ini mengonfirmasi akan meluncurkan Poco X6 Neo pada 13 Maret di pasar India. Ponsel cerdas yang...

Huawei

Jakarta, Unbox.id — Huawei akan memperluas seri Nova 12 dengan memperkenalkan model baru, Huawei Nova 12i. Seri yang pertama kali meluncur di China tahun...

Vivo

Jakarta, Unbox.id — Ponsel cerdas Vivo baru, dengan nomor model V2324HA, baru-baru ini muncul di database Sertifikasi Radio Tiongkok dan platform benchmarking Geekbench. Ada...

Motorola

Jakarta, Unbox.id — Motorola kali ini tengah mempersiapkan meluncurkan ponsel baru di pasar bernama Moto Edge 50 Pro. Perangkat yang sama ini akan debut...