Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Kini Nonaktif dan Hapus Akun Instagram Bisa Langsung Lewat iPhone

Kini Nonaktif dan Hapus Akun Instagram Bisa Langsung Lewat iPhone (sumber: insider.com)

Jakarta, Unbox.id – Kabar baik datang dari para pengguna Instagram di iOS dimana kini dapat menghapus akun Instagram melalui aplikasi.

Instagram menambahkan fitur yang memungkinkan pengguna menghapus ataupun menonaktifkan akunnya langsung melalui iPhone dimana sebelumnya pengguna Instagram hanya dapat menghapus akun secara permanen melalui Instagram desktop maupun browser pada smartphone yang tergolong cukup merepotkan.

Pembaruan ini sejalan dengan perubahan kebijakan Apple App Store yang mulai berlaku pada 30 Juni, dimana kebijakan baru tersebut memerintahkan pengembang untuk menawarkan sistem penghapusan akun di aplikasi jika aplikasi tersebut memungkinkan pengguna membuat aplikasi melalui perangkat.

Fitur hapus akun Instagram di IPhone (sumber: insider.com)

Fitur hapus akun Instagram di IPhone (sumber: insider.com)

Apple mengungkapkan bahwa persyaratan baru memberi pengguna kontrol lebih besar atas data pribadi yang mereka bagikan. Dengan penghapusan akun, Apple memastikan akun tersebut akan benar-benar dihapus secara permanen dari pengembang dan semua data terkait akun juga harus dihapus.

“Jika aplikasi Anda mendukung pembuatan akun, Anda juga harus menawarkan penghapusan akun di dalam aplikasi. Aplikasi mungkin tidak mengharuskan pengguna untuk memasukkan informasi pribadi agar berfungsi, kecuali jika secara langsung relevan dengan fungsi inti aplikasi atau diwajibkan oleh undang-undang,” ungkap pihak Apple dalam pedomannya.

Baca juga: Chrome Rilis 5 Fitur Baru Khusus Pengguna iPhone dan iPad

Juru bicara Meta juga mengungkapkan bahwa mereka ingin memberi orang lebih banyak cara untuk mengontrol pengalaman dan waktu yang mereka habiskan di Instagram.

Aplikasi lain saat ini juga harus sejalan dengan kebijakan baru Apple seperti WhatsApp dan Signal milik Meta telah menawarkan penghapusan akun dalam aplikasi mereka.

Perlu diketahui bahwa data akun yang telah dihapus tidak dapat dipulihkan kembali bagaimanapun caranya. Namun, Anda dapat mengunduh salinan data akun Instagram seperti foto maupun video. Untuk proses permintaan Salinan data tersebut memerlukan waktu hingga 14 hari bagi platform untuk mengirim tautan unduhan tersebut ke email.

Oleh karena itu, bagi Anda para pengguna iPhone yang hendak menghapus atau menonaktifkan akun Instagram karena alasan tertentu, berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan.

  • Buka aplikasi Instagram dan pilih ikon profil.
  • Pilih tiga garis yang ada di sudut kanan atas.
  • Pada halaman menu yang muncul, ketuk opsi Pengaturan > akun.
  • Pada halaman Akun, Anda akan menemukan opsi baru “Hapus Akun” di bagian bawah.
  • Klik opsi tersebut, kemudian Instagram akan mengonfirmasi apakah Anda ingin menghapus akun Anda atau hanya ingin menonaktifkannya untuk sementara saja.
  • Kemudian pilih sesuai opsi yang Anda inginkan.

Baca juga: iPhone SE 2022 Resmi Dijual di Indonesia Mulai 8 Jutaan

Perlu di ingat bahwa Instagram membutuhkan waktu 30 hari untuk memproses permintaan penghapusan akun. Jadi, jika Anda berubah pikiran dalam rentang waktu tersebut, Anda masih dapat menghentikan prosesnya hanya dengan log in ke aplikasi.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: insider.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Belakangan ini banyak pengguna iPhone yang mengeluhkan kemampuan Siri yang dinilai sama. Beberapa orang menganggap Siri tertinggal jauh dari asisten virtual Alexa...

Tech Industry

Unbox,id – Jepang akan mendenda Apple. Pasalnya, ada dugaan Apple terlibat dalam perilaku monopoli di negara tersebut. Namun, negara ini masih mempelajari peraturan yang...

Apple

Unbox.id – Pengguna iPhone harus waspada karena baru-baru ini, peneliti keamanan siber menemukan metode baru spionase siber. Menargetkan pengguna iPhone di Asia Selatan, penjahat...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Bocoran iPhone SE 4 masih bermunculan dari waktu ke waktu. Terbaru, iPhone SE 4 disebut-sebut mendapat tambahan kemampuan kamera berbasis kecerdasan buatan...