Connect with us

Hi, what are you looking for?

Spesifikasi & Harga

Keunggulan MacBook Yang Perlu Anda Tahu

Layar MacBook Retina Display (sumber: theverge.com)
Layar MacBook Retina Display (sumber: theverge.com)

Last updated on 14 Maret, 2022

Jakarta, Unbox.id – MacBook merupakan laptop besutan Apple yang memiliki daya tarik tersendiri. Tak heran jika banyak orang yang menginginkan laptop ini baik untuk bekerja maupun untuk kuliah.

Jika Anda mengamati, laptop Windows dapat dengan mudah kita temui disekitar kita, bahkan hampir mayoritas mungkin adalah pengguna laptop Windows. Namun tidak untuk MacBook, biasanya kita hanya dapat menemukan pengguna laptop ini di tempat tertentu saja, misalya seperti di kafe.

Nah untuk Anda yang penasaran seperti apa saja keunggulan laptop MacBook dibanding dengan Windows, berikut adalah beberapa keunggulan yang sudah kami rangkum untuk Anda.

Produk Flagship dan Premium

MacBook (sumber: engadget.com)

MacBook (sumber: engadget.com)

Saat ini terdapat tiga istilah segmen untuk laptop, mulai dari low entry, mid-end, hingga high-end. Kita ambil contoh misalnya laptop keluaran Asus, mereka memiliki berbagai macam jenis laptop dengan semua segmen tersebut, mulai dari low entry hingga high-end.

Baca juga: Apple Kembangkan MacBook Dapat Dilipat Dengan Layar 20 inci

Namun berbeda dengan Apple, dari dulu hingga sekarang mereka hanya fokus pada segmen high-end saja. Dengan begitu, hampir semua jenis MacBook ini adalah merupakan produk Flagship yang tentunya mengutamakan kualitas.

Selain itu, MacBook juga dirakit dengan material yang premium. Hal tersebut tentu menambah kesan premium pada laptop ini.

Layar Retina Display

Layar MacBook Retina Display (sumber: theverge.com)

Layar MacBook Retina Display (sumber: theverge.com)

Laptop besutan Apple ini memang sangat terkenal dengan kualitas layarnya yang luar biasa. Mereka menyematkan Retina Display pada layar MacBook ini yang tentunya memiliki kejernihan dan ketajaman gambar yang bagus jika dibandingkan dengan laptop lain.

Sistem operasi MacOS

MacOS (sumber: pcmag.com)

MacOS (sumber: pcmag.com)

Pasti Anda juga setuju kalau hanya MacBook saja yang dapat menggunakan sistem operasi macOS. Laptop yang biasa kita temui biasanya tentu menggunakan OS seperti Window ataupun Linux.

MacOS sendiri juga diklaim jarang terkena virus, meskipun ada itu akan sangat sedikit. Berbeda dengan Windows yang sangat rentan dengan virus.

Baterai yang awet

MacBook (sumber: blibli.com)

MacBook (sumber: blibli.com)

MacBook diklaim mampu bertahan 10 hingga 12 jam untuk penggunaan standar karena MacBook lebih mengandalkan penggunaan sumber daya yang lebih optimal. Berbeda dengan laptop Windows yang masih sangat jarang dapat bertahan hingga 10 jam. Meskipun ada, pasti terdapat faktor lain seperti kapasitas baterai yang lebih besar.

Hardware tahan lama

MacBook Air (sumber: iPrice.co.id)

MacBook Air (sumber: iPrice.co.id)

Untuk masalah durabilitas, tentu itu juga terdapat faktor dari penggunaan. Namun menurut banyak pihak pengguna MacBook, mereka mengatakan bahwa Apple memiliki hardware yang lebih awet jika dibandingkan dengan laptop Windows.

Jika Anda sering mengunjungi marketplace, Anda tentu sering melihat banyak orang menjual MacBook seri jadul kondisi bekas namun masih dengan harga yang cukup tinggi. Bahkan harga tersebut sangat cukup jika untuk membeli laptop Windows dengan kondisi baru. Namun nyatanya, MacBook tetap banyak dicari dan diburu walaupun kondisinya bekas.

Kinerja optimal

MacBook (sumber: apple.com)

MacBook (sumber: apple.com)

Kinerja dari macOS sendiri terbilang sangat bagus jika dibandingkan dengan laptop Windows. Hal tersebut dikarenakan pihak Apple sendiri yang merancang mulai dari hardware hingga software.

Baca juga: Apple iMac Pro Layar Mini-LED Disebut Meluncur Juni

Berbeda dengan laptop yang menggunakan sistem operasi Windows milik Microsoft, mereka harus membuat driver dan software khusus untuk menyesuaikan hardware dan software mereka.

Kesan premium

MacBook Pro 14 & 16 (sumber: apple.com)

MacBook Pro 14 & 16 (sumber: apple.com)

Popularitas produk Apple baik smartphone, smartwatch, hingga laptop selalu memberikan kesan elegan dan premium. Selain karena harganya yang mahal, semua produk besutan Apple memang selalu memberikan kualitas yang sangat baik, terlebih dari segi material yang selalu memiliki kesan premium.

Berikut tadi merupakan beberapa keunggulan dari laptop MacBook. Disini bukan berarti laptop Windows tidak memiliki kualitas yang bagus, hanya saja memang laptop besutan Apple ini selalu memiliki kesan yang berbeda.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: apple.com, blibli.com, engadget.com, iPrice.co.id, pcmag.com, theverge.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Setelah merilis pembaruan iOS 17.5 beta 1 dan 2, kali ini Apple memperkenalkan iOS 17.5 beta 3. Pengguna iPhone yang telah mendaftar...

Apple

Unbox.id – Baik iPad Air maupun iPad Pro akan menghadirkan peningkatan pada spesifikasi hardware dan peningkatan lainnya. Mengutip laporan Gurman via The Verge, selain...

Apple

Unbox.id – Rumor mengenai iPad Air semakin menyebar seiring semakin dekatnya tanggal rilisnya. Baru-baru ini beredar informasi bahwa iPad Air akan berukuran lebih besar...

Hardware

Jakarta, Unbox.id — Jajaran produk tablet milik Apple, yaitu iPad, iPad mini, Air, dan Pro merupakan jenis terbaik di kelasnya. Produsen telah membekalinya dengan...