Connect with us

Hi, what are you looking for?

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Ketahui Tips Untuk Memilih TV Buat Aktivitas Gaming

Tips Memilih TV Untuk Gaming_1a
Tips Memilih TV Untuk Gaming. (Sumber: Yangcanggih)

Unbox.id – Memilih TV yang tepat untuk gaming memang tidak semudah memilih TV biasa karena ada persyaratan khusus untuk resolusi, sound system dan fitur pendukung lainnya. TV yang tepat akan menambah keseruan dan kenyamanan bermain game favorit Anda. TV untuk PS4, PS5, Xbox, hingga Nintendo Switch, harus memenuhi kebutuhan tersebut, karena konsol seperti PlayStation atau Xbox dirancang untuk menyediakan grafik berkualitas tinggi. Untuk itu, penting untuk memilih TV gaming terbaik yang kompatibel dengan semua jenis konsol game. Jika Anda baru memulai, jangan khawatir, kami akan memberikan beberapa tipsnya!

Perbedaan TV LED dan LCD

TV Untuk Gaming_2b

TV Untuk Gaming. (Sumber: JawaPos)

Pertanyaan “pilih LED atau LCD?” biasanya muncul ketika Anda akan membeli TV yang akan digunakan untuk bermain game. Demi kenyamanan bermain, membeli TV untuk PS4 dan konsol game lainnya harus memiliki kualitas layar yang bagus.

Singkatnya, TV dengan layar LED akan menjadi pilihan yang tepat, karena lampu LED di layar memiliki kontras yang lebih baik daripada layar TV LCD. TV LED juga memiliki fitur premium yang berguna untuk bermain video game seperti mode 100Hz. Selain itu, TV LED juga memiliki kerapatan dan fokus gambar yang lebih baik daripada TV LCD.

Selain TV LED, ada juga TV OLED di pasaran dengan kualitas tampilan yang hampir sama, terutama untuk gaming. Ketahui perbedaan antara TV LED dan OLED.

Motion Blur dan Ketajaman Warna

Jika Anda akan menggunakan TV untuk bermain game, TV Anda harus memiliki buram gerakan yang minimal dan ketajaman gambar yang bagus. Mungkin akan terlihat rumit bagi sebagian orang. TV LCD dan LED dapat menghasilkan gambar tajam yang membuat video game Anda terlihat lebih baik, tetapi cenderung buram selama rekaman cepat dalam video game aksi seperti Call of Duty.

Namun ada juga Plasma TV, meskipun kualitas gambarnya tidak setajam TV LCD dan LED, namun sel Plasma TV lebih responsif dalam adegan yang bergerak cepat. Oleh karena itu, Anda tidak akan melihat keburaman saat diputar di TV plasma.

Maka dari itu, saat mencari TV terbaik untuk gaming, Anda harus memilih apakah ingin gambar yang lebih tajam atau TV yang bebas blur. Jika ingin gambar lebih tajam, pilih TV LCD atau LED.

Bagi sebagian orang, salah satu faktor penting saat memilih TV untuk gaming adalah mampu menghasilkan gambar yang tajam dan meminimalisir blur saat gaming.

Perhatikan Resolusi

Resolusi menentukan jumlah ukuran sekumpulan titik yang dimiliki TV. Misalnya pada resolusi 1080p, TV akan memiliki ukuran resolusi 1920 x 1080p yaitu 1920 titik horizontal dan 1080 titik vertikal.

Resolusi yang lebih tinggi dari SDTV (televisi tabung konvensional) membuat HDTV mampu menampilkan gambar lebih detail.

Istilah Full HD umumnya berarti monitor dengan rasio aspek lebar 16:9 dan memiliki resolusi 1920 x 1080p, dan bisa juga inkremental atau interlaced. Akibatnya, item berlabel Full HD mungkin memiliki fungsionalitas lebih rendah daripada item berlogo HD Ready 1080p.

Baca juga: Jarak Aman Nonton TV Untuk Kesehatan Mata Anda

Ukuran TV Bukan Jaminan

TV Untuk Gaming_3c

TV Untuk Gaming. (Sumber: Liputan6)

Diasumsikan bahwa TV yang lebih besar lebih baik untuk bermain game. Kebenaran tidak selalu benar, karena kualitas dan spesifikasi TV akan menentukan seberapa baik tampilan game yang dimainkan.

TV yang Anda gunakan hanya berukuran 32 inci, karena jika TV tersebut memiliki spesifikasi yang mumpuni tentunya juga akan memberikan gambar yang berkualitas.

Seiring dengan pertimbangan di atas mengenai spesifikasi dan ukuran TV Anda, Anda juga harus mempertimbangkan anggaran. Karena di pasaran saat ini banyak sekali jenis televisi yang ditawarkan dengan harga yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, sebaiknya pikirkan budget yang tersedia untuk membeli TV gaming ini, jika Anda hanya memiliki budget sekitar 2-5 juta, sebaiknya pilih TV LED dari ukuran 32-40 inci. Akan lebih baik jika TV yang anda cari sudah memiliki fitur 3D atau High Definition yang kualitasnya pasti lebih baik.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Infinix

Jakarta, Unbox.id — Infinix baru saja mengadakan acara peluncuran produk terbaru smartphone GT 20 Pro di Arab Saudi, pada Minggu 28 April 2024. Ini...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id — ViewSonic telah meluncurkan monitor ultra lebar melengkung baru, VX4518, dengan layar besar 44,5 inci dengan rasio aspek 32:9. Monitor ini saat...

Spesifikasi & Harga

Jakarta, Unbox.id — Dareu, produsen periferal gaming Tiongkok, telah mengumumkan peluncuran dua mouse gaming nirkabel baru. Kedua perangkat mouse gaming tersebut adalah A980Pro dan...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id — Acer kali ini meluncurkan produk laptop gaming terbaru, Predator Helios Neo 16 (PHN16-72) di pasar Tanah Air. Perangkat dengan segmentasi gaming...