Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Ketahui Kerusakan Baterai Ponsel dan Cara Mengatasinya

Jakarta, Unbox.id – Kerusakan pada baterai ponsel sering terjadi pada sebagian pengguna. Untuk tipe-tipe ponsel tertentu, sangat mudah terserang kerusakan seperti baterai yang cepat habis, batrai tiba-tiba habis, dan batrai menggelembung. Pada beberapa kasus, memang hal ini menjadi masalah yang serius.

Sebab, sering terjadi juga insiden ponsel meledak karena kerusakan yang fatal pada batrai smartphone. Nah, pada artikel ini Unbox akan mengulas sebab-sebab kerusakan pada batrai ponsel khususnya untuk ponsel Android yang harus anda ketahui. Dengan demikian, anda bisa melakukan pencegahan sebelum kerusakan terjadi.

Penyebab Kerusakan Baterai Ponsel Pintar

Salah satu kerusakan yang banyak terjadi pada ponsel adalah batrai yang cepat habis atau ngedrop. Baterai ponsel yang digunakan tidak semestinya membuat kerusakan tersebut sering terjadi. Yakni, jika pengguna sering membiarkannya habis sampai ponsel mati total. Tidak hanya merusak batrai, hal tersebut juga dapat merusak sistem.

Pengisian ponsel ketika benar-benar mati tersebut nyatanya masih sering terjadi pada banyak pengguna. Itulah sebabnya mengapa baterai ponsel cepat mengalami kerusakan. Dengan begitu, untuk menghindari kerusakan, anda bisa membiasakan untuk mengisi daya saat batrai tersisa 15 persen. Atau, jika tidak sempat mengisi, anda bisa mengaktifkan mode hemat daya.

Kebiasaan buruk kedua yang menjadi penyebab kerusakan baterai adalah membiarkan ponsel mengalami overheat. Overheat sendiri merupakan keadaan ponsel saat terlalu panas, sehingga suhu tinggi tersebut dapat merusak mesin dan sistem yang ada di dalamnya. Untuk itu, penting bagi pengguna agar tidak memaksakan aktivitas pada ponsel.

Baca juga:Ragam Fitur Pesan Terbaru di Sistem iOS 16

Ketiga, salah satu kebiasaan yang sering dilakukan pengguna adalah memakai ponsel bersamaan dengan mengisi daya. Hal ini sudah sering masuk dalam pembahasan merawat ponsel. Penggunaan seperti ini seharusnya dihindari karena pengaruhnya bagi ponsel yang membahayakan, salah satunya pada kondisi batrai.

Nah, demikian adalah beberapa kebiasaan buruk saat menggunakan ponsel yang dapat merusak kondisi baterai. Penggunaan yang lebih hati-hati tentunya akan menambah umur penggunaan ponsel terutama untuk Android. Sekian ulasan kali ini, semoga bermanfaat.

Sumber: Berbagai Sumber

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Samsung

Jakarta, Unbox.id – Galaxy Z Flip 5 ternyata sedang disiapkan. Padahal, Samsung baru saja meluncurkan smartphone lipat terbaru mereka, yakni Samsung Galaxy Z Flip...

Tech Industry

Unbox.id – Spotify baru saja meluncurkan kampanye tahunan mereka, Spotify Wrapped 2022. Pengguna Spotify bisa melihat lagu teratas mereka selama satu tahun ini. Untuk...

Tech Industry

Unbox.id  – Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern dan juga terkoneksi dengan dunia digital, kebutuhan akan smartphonenya menjadi suatu hal yang utama dan...

Artikel

Unbox.id – Perkembangan dunia teknologi digital memang semakin mumpuni dan juga beragam pilihan produknya yang bisa diboyong oleh penggunanya. Lebih lanjut, perlu diketahui jika...