Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Ketahui Apa Yang Membuat iPhone 14 Punya Harga Mahal

iPhone 14_1
iPhone 14 mengalami peningkatan harga produksi yang berimbas pada kenaikan harganya. (Sumber: Liputan6.com)

Unbox.id – Siapa yang tidak mengenal produk smartphone yang satu ini? Smartphone yang cukup menarik dan juga cocok untuk digunakan sehari-harinya ini memang telah menjadi primadona tersendiri yang bisa digunakan oleh para penggunanya. Sejalan akan hal itu, salah satu varian produk terbarunya yaitu iPhone 14 memang menjadi daya tarik tersendiri yang bisa diboyong oleh para penggunanya. Lebih lanjut, smartphone ini memang bisa dikatakan mempunyai harga yang cukup mahal bagi sebagian penggunanya secara global. Lalu, apakah yang membuat harga smartphone dari Applle ini bisa mahal? Dan berapakah harga yang ada di dalam smartphone Apple ini? Ini informasinya!

Hal Yang Membuat Harga iPhone 14 Mahal

iPhone 14_2

Kenaikan harga dari komponen-komponennya memberikan kenaikan harga dari smartphone Apple itu sendiri. (Sumber: Tek.id)

Bagi sebagian para penggunanya di seluruh dunia, produk-produk yang dihadirkan oleh Apple memang bisa terbilang cukup tinggi dan mahal untuk bisa digunakan oleh para penggunanya tersebut. Dalam hal ini, produk-produk Apple memang menghadirkan sebuah eksklusifitas tersendiri yang bisa digunakan di dalam waktu kesehariannya itu. Tak terkecuali untuk varian produk smartphone yang satu ini dari Apple yaitu iPhone.

Pada saat ini, salah satu varian terbaru dari iPhone adalah produk iPhone 14. Seri dari iPhone 14 memang telah diluncurkan secara global di bulan September yang lalu. Peluncurkan dari smartphone teranyar dari Apple ini memang menjadi sorotan bagi jagad publik pecinta smartphone keluaran Apple tersebut. Selain spesifikasi, salah satu yang menjadi perhatian dari varian produk smartphonenya itu adalah dari segi harga yang bisa dikatakan cukup mahal untuk sebagian para penggunanya. Tentunya hal ini bisa menjadi pertanyaan mengapa harga dari iPhone 14 bisa terbilang mahal.

Guna menjawab pertanyaan tersebut, salah satu hal yang membuat harga dari iPhone ini mahal dikarenakkan adanya peningkatan biaya produksi. Biaya produksi yang meningkat ini dikarenakan chip A16 Bionic pada model iPhone 14 Pro dan juga Pro Max mengalami kenaikan harga. Chipnya ini 2,4 kali lebih mahal dibandingkan dengan penggunaan chip A15 Bionic di varian seri sebelumnya.

Tak hanya sampai di situ saja. Hal lainnya yang membuat harga dari iPhone 14 jadi lebih mahal adalah dikarenakan adanya kenaikan harga pada komponen kamera beserta sensor gambar yang disaematkan di dalam produknya tersebut. Untuk diketahui, pada iPhone 14 Pro dilengkapi komponen sensor gambar Sony CMOS dan lebih besar 30 persen dibandingkan dengan seri sebelumnya. Dengan penggunaan sistem tersebut, harga dari sensor kameranya tersebut mengalami kenaikkan hingga menyentuh angka 50 persen.

Baca juga: Pilihan Case IPhone Yang Unik Dan Menggemaskan

Perkiraan Harga Awal Dari iPhone 14

Seiring dengan dihadirkannya smartphone terbaru dari Apple ini, terdapat pula harga perkiraan awal yang bisa diberikan untuk produk smartphonenya ini. Perlu diketahui jika perkiraan dari harga iPhone 14 ini memang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan harga awal yang diharapkan untuk bisa dipasarkan oleh para penggunanya tersebut. Hal itu memang tidak terlepas dari kenaikkan dari beberapa komponen yang dihadirkan oleh pihak Apple sendiri.

Salah satu perusahaan riset asal Jepang yaitu Fomalhau Techno Solutions bahkan memberikan data tentang ketiga model dari iPhone 14. Bila dihitung dari awal, smartphone besutan dari Apple ini awalnya mempunyai biaya produksi sebesar 501 USD atau sekitar Rp. 7,7 juta yang bisa diboyong oleh para penggunanya tersebut. Biayanya ini memang memiliki harga lebih tinggi hingga 60 USD dibandingkan pada versi varian sebelumnya.

Meskipun mengalami kenaikkan, tetapi untuk pangsa pasar iPhone 14 di Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya tidak mengalami kenaikkan bagi para penggunanya. Untuk pangsa pasar di negeri Paman Sam tersebut, contohnya untuk harga iPhone 14 Pro Max diberi harga di kisaran angka 1.099 USD atau setara Rp. 16,4 juta. Harganya ini telihat sama seperti varian iPhone 13 Pro Max yang dluncurkan di tahun 2021 silam.

Baca juga: Tips IPhone Users Apabila Hotspot Tidak Bisa Tersambung

Total Keseluruhan Peningkatan Produksinya

iPhone 14_3

Total terdapat hingga kenaikkan 10% dibandingkan produksi iPhone pada tahun sebelumnya. (Sumber: Ayo Semarang)

Dengan adanya peningkatan harga tersebut, jika total dikalkulasi harga dari peningkatan smartphone iPhone ini memang menjadikannya agak sedikit mahal dibandingkan dengan varian-varian sebelumnya. Lebih detailnya, biaya komponennya sendiri diperlukan 30 persen dari harga produksinya. Maka dengan adanya hal tersebut, ongkos produksi dari iPhone 14 mengalami peningkatan sebesar 10% dibandingkan dari komponen iPhone pada tahun 2021 silam.

Tentunya dengan adanya peningkatan harga tersebut, harga dari iPhone 14 ini mengalami penyesuaian dan mempunyai harga yang agak lebih mahal dibandingkan dengan varian produk-produk lainnya di tahun sebelumnya tersebut.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Pendiri Apple Steve Jobs pernah mengatakan bahwa Android adalah “pencuri” karena sering menjiplak sistem iOS milik Apple. Faktanya, Steve Jobs memecat CEO...

Software

Jakarta, Unbox.id – Tetap produktif memang tak selalu mudah, terutama ketika Anda memiliki banyak tugas. Dalam situasi seperti ini, yang terbaik adalah menggunakan aplikasi...

Apple

Jakarta, Unbox.id – Belakangan ini , beberapa produsen smartphone mengadopsi fast charging untuk mengimbangi waktu pengisian yang lama. Apple tidak jauh di belakang ini...

Hardware

Unbox.id – Apple disebut akan merilis dua model iPad Pro dengan layar lebih besar. Menurut analis Ross Young, kedua iPad baru ini akan diluncurkan...