Connect with us

Hi, what are you looking for?

Merk

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi iPhone Panas

iPhone panas (sumber: whytheluckystiff.net)
iPhone panas (sumber: whytheluckystiff.net)

Last updated on 21 Juni, 2024

Jakarta, Unbox.id – iPhone panas merupakan salah satu bentuk gejala adanya masalah yang terjadi dan paling sering dialami oleh pengguna iPhone. Masalah itu bahkan kerap membuat pengguna menjadi panik. Banyak di antara mereka yang khawatir iPhone akan mengalami kerusakan.

Pada umumnya yang membuat iPhone menjadi panas yakni disebabkan oleh berbagai macam faktor yang berbeda-beda. Mulai dari penggunaan iPhone secara berlebihan hingga kerusakan terhadap baterai iPhone. iPhone panas bisa menjadi pertanda bahwa telah terjadi kerusakan atau gangguan pada iPhone.

iPhone panas

iPhone panas (sumber: beebom.com)

Jika dibiarkan begitu saja, masalah tersebut akan merambah menjadi masalah lain pada iPhone. Untuk itu Anda harus bijak untuk segera mencari solusinya jika menemukan masalah seperti iPhone yang cepat panas.

Berikut beberapa penyebab umum yang membuat iPhone menjadi panas:

Terlalu Banyak Aplikasi yang Berjalan

Penyebab pertama yang membuat iPhone panas adalah karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan. Hal itu menyebabkan kinerja prosesor menjadi semakin berat dan mengeluarkan suhu panas berlebih sehingga membuat iPhone anda panas. Tentu hal tersebut akan menguras energi baterai Anda secara cepat. Selain itu prosesor iPhone menjadi bekerja dua kali lipat dan berdampak pada iPhone anda yang panas.

Baca juga: Rekomendasi Kabel Data iPhone Yang Bagus

Berada di Lingkungan dengan Suhu yang Panas

Penyebab kedua yang membuat iPhone panas adalah karena lingkungan dengan suhu yang panas. Sebagian orang suka meletakan atau menyimpan iPhone mereka di tempat yang memiliki suhu tinggi. Hal tersebut akan sangat berpengaruh dengan suhu iPhone dan membuatnya menjadi panas secara berlebih. Hindari menyimpan atau meletakan iPhone di dalam sebuah tempat yang panas atau terkena sinar matahari secara langsung. Paparan sinar matahari langsung juga akan berakibat buruk pada baterai iPhone Anda. Dengan begitu, Anda harus menyimpan atau meletakan iPhone Anda pada suhu yang normal agar tidak cepat panas dan dapat bertahan lama.

Menggunakan iPhone Saat Sedang Mengisi Daya

Penyebab berikutnya yang membuat iPhone panas yakni adalah penggunaan yang sambil dilakukan pengisian daya. Hal itu biasanya banyak dilakukan oleh banyak orang, terlebih yang hobi bermain game atau aktivitas media sosial. Hal tersebut secara otomatis akan berdampak pada suhu iPhone Anda yang panas. Proses pengisian daya yang sedang berlangsung dan dibarengi kinerja proses secara bersamaan menjadi salah satu penyebab iPhone menjadi panas.

Baca juga: Kenapa BH iPhone Cepat Turun

Kerusakan pada Baterai

Penyebab selanjutnya yang membuat iPhone panas adalah adanya kerusakan yang terjadi pada baterai iPhone. Hal itu biasanya ditandai dengan baterai yang sangat cepat habis dan sering mengeluarkan panas berlebih. Walaupun kasus tersebut mungkin sangat jarang terjadi, namun Anda tetap harus berhati-hari dengan sering diagnosa baterai untuk memeriksa tanda-tanda kerusakan baterai dan langkah-langkah untuk memperbaikinya.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi iPhone panas.

Tutup Aplikasi yang Tidak Digunakan

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi iPhone panas yakni adalah dengan menutup aplikasi yang tidak digunakan. Kebiasaan orang-orang pada umumnya ketika selesai menggunakan aplikasi, mereka tidak benar-benar menutupnya, namun hanya keluar aplikasi tanpa menutup aplikasi tersebut sepenuhnya. Hal ini akan membuat aplikasi tersebut menumpuk dan menyebabkan iPhone panas.

Kurangi Kecerahan Layar iPhone

Cara berikutnya untuk mengatasi iPhone panas adalah dengan mengurangi kecerahan layar pada iPhone. Walaupun terlihat sangat sepele, hal ini cukup berpengaruh pada suhu panas berlebih pada iPhone. Maka dari itu, Anda harus mengurangi kecerahan layar untuk dapat membantu mengurangi panas pada iPhone.

Baca juga: Apple Rilis iPhone SE 2022, iPhone 5G Versi Murah

Periksa Penggunaan Baterai

Cara selanjutnya untuk mengatasi iPhone panas adalah dengan memeriksa penggunaan baterai. Anda bisa melakukannya dengan membuka menu Settings, kemudian pilih Battery dan selanjutnya periksa penggunaan baterai iPhone anda secara menyeluruh. Setelah itu, anda akan melihat beberapa aplikasi yang paling sering menghabiskan baterai. Anda dapat menonaktifkan beberapa aplikasi tersebut untuk membantu agar iPhone tidak cepat panas.

Matikan GPS

Cara terakhir untuk mengatasi iPhone panas yakni adalah dengan mematikan GPS dan atau fitur lokasi pada iPhone. GPS atau lokasi merupakan salah satu sumber terbesar yang sering menyedot baterai dengan cepat dan membuat iPhone panas. Anda dapat mematikannya jika tidak digunakan, dan hanya menyalakan fitur tersebut ketika sedang dibutuhkan saja.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: whytheluckystiff.net, beebom.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apple

Unbox.id – Seri iPhone 16 disebut-sebut akan meluncur pada acara peluncuran pada September 2024. Meski masih 2 bulan lagi, bocoran informasi mengenai seri iPhone...

Tech Industry

Last updated on 5 Juli, 2024 Unbox.id – Apple saat ini mengklasifikasikan tiga produknya sebagai produk lama, yakni klasik. Perusahaan telah memperbarui daftar produk...

Apple

Last updated on 1 Juli, 2024 Unbox.id – Apple meluncurkan dua produk iPad baru pada Mei 2024, yaitu iPad Pro 2024 dan iPad Air...

Tech Industry

Unbox.id – Apple dikabarkan akan mengganti 50% pekerja perakitan iPhone dengan sistem otomasi atau dikenal dengan tenaga robot. Informasi ini berdasarkan laporan dari The...