Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Kecerdasan Buatan Bisa Pecahkan Password Dalam Hitungan Detik

AI security_1ai
Kecerdasan buatan atau AI dikabarkan kini bisa pecahkan password penggunanya dalam hitungan detik saja. (Sumber: SecurityBrief Asia)

Unbox.id – Tidak dapat disangkal bahwa kecerdasan buatan telah mengubah beberapa aspek kehidupan manusia, khususnya di bidang teknologi. Namun, di tengah kecanggihan yang ditawarkan, ada juga beberapa aspek yang perlu diperhatikan, terutama ketika teknologi ini disalahgunakan. Akibatnya, perusahaan cybersecurity Home Security Heroes baru-baru ini meluncurkan sebuah penelitian untuk menentukan seberapa cepat kecerdasan buatan dapat memecahkan kata sandi yang biasa digunakan orang. Memanfaatkan PassGAN (jaringan pembuat kata sandi musuh), para peneliti Pahlawan Keamanan Rumah menggunakannya untuk melakukan analisis terhadap lebih dari 15 juta kata sandi. Dan, hasilnya mengejutkan. Mengutip informasi dari Gizmochina, Selasa 11 April 2023, penelitian menunjukkan bahwa 51% kata sandi yang umum digunakan dapat diretas oleh AI dalam waktu kurang dari satu menit.

Dapat Menganalisis

Kemudian, 65% kata sandi terungkap dalam waktu kurang dari satu jam, 71% dalam waktu kurang dari sehari, dan 81% dalam waktu kurang dari sebulan. Bahkan, ada beberapa kombinasi password yang bisa dibobol dalam waktu singkat.

Sebagai informasi, dalam penelitian ini, tim dari perusahaan keamanan siber menganalisis kombinasi kata sandi tertentu yang digunakan. Mulailah dengan hanya menggunakan angka, huruf kecil, huruf kecil dan huruf besar, huruf besar dan huruf kecil dengan angka, dan angka dengan huruf besar dan kecil serta simbol.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa kombinasi kata sandi yang paling rentan adalah kata sandi dengan karakter pendek, terutama yang hanya menggunakan empat hingga enam karakter. Selanjutnya, kata sandi cenderung memiliki kombinasi karakter yang lebih sedikit.

Baca juga: Google Akan Gunakan Chatbot AI Mirip Chat GPT

Pastikan Gunakan Kombinasi Password Yang Beragam

Cyber security_2cyber

Penggunaan password yang beragam bisa membantu meningkatkan keamanan dari sistem digitalnya tersebut. (Sumber: WP Security)

Oleh karena itu, semakin panjang karakter yang digunakan dalam kata sandi ditambah kombinasi karakter yang berbeda, semakin sulit untuk memecahkan kata sandi tersebut. Misalnya, kata sandi yang menggunakan 18 karakter dan semuanya angka, membutuhkan waktu setidaknya 18 bulan untuk dipecahkan.

Namun, hasil ini juga hanya bisa diharapkan karena teknologi AI terus berkembang. Oleh karena itu, Home Security Heroes merekomendasikan penggunaan kata sandi dengan panjang minimal 15 karakter dan mengandung minimal dua huruf, angka, dan simbol.

Selain itu, hindari menggunakan pola yang dapat diprediksi, seperti menggunakan angka berurutan. Terakhir, pastikan Anda selalu mengganti kata sandi secara berkala dan tidak menggunakan kata sandi yang sama untuk banyak akun.

Alasan Anda Perlu Login Tanpa Password

Di sisi lain, sepertinya ada cara yang lebih aman dan mudah untuk masuk tanpa kata sandi. Selain tidak perlu mengingat kata sandi, menggunakan alat antarmuka masuk sekali klik seperti Vault Vision dapat meningkatkan efisiensi dan perlindungan akun.

Login tanpa kata sandi, juga dikenal sebagai login tanpa kata sandi, dapat menjadi metode akses akun yang terjamin. Dengan cara ini, pengguna dapat menghindari risiko serangan phishing dan peretasan kata sandi.

Alih-alih menggunakan kata sandi, Anda dapat masuk tanpa kata sandi menggunakan sidik jari, pengenalan wajah, atau pemindaian iris. Selain itu, kode sekali pakai seperti kode OTP yang dikirimkan ke perangkat terpercaya juga bisa menjadi pilihan untuk koneksi yang aman.

Dirangkum dari Gizchina, Jumat (3 Februari 2023), ada 3 alasan utama yang bisa meyakinkan pengguna untuk beralih ke metode login tanpa kata sandi, yakni pass masuk tanpa kata sandi.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Kejahatan dunia maya saat ini sedang meningkat berkat kemajuan teknologi yang semakin pesat. Salah satu kemajuan teknologi yang berisiko disalahgunakan adalah teknologi...

Tech Industry

Unbox.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) berupaya mendorong penggunaan kecerdasan buatan/AI atau kecerdasan buatan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Salah satunya dilakukan melalui kerja...

Tech Industry

Unbox.id – Dalam wawancara eksklusif baru-baru ini, CEO OpenAI Sam Altman menjelaskan GPT-4 baru secara mendetail dan mengisyaratkan rencana masa depan untuk GPT-5. Altman...

Tech Industry

Unbox.id – Google telah merilis fitur baru untuk meningkatkan kemampuan chatbot AI miliknya, Gemini AI. Fitur tersebut diharapkan disebut Memori dan akan membantu Gemini...