Connect with us

Hi, what are you looking for?

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jam Tangan Pintar untuk Tunanetra Hadir Sebagai Inovasi Baru di India

Jam tangan pintar
tampilan jam tangan pintar buatan mahasiswa di India | foto: sindonews

Jakarta, Unbox.id – Seorang mahasiswa asal India, tepatnya di Institut Teknologi India (IIT) berhasil menciptakan terobosan inovasi jam tangan pintar untuk penyandang tunanetra. Nantinya, perangkat tersebut akan diproduksi secara massal untuk para penyandang tunanetra oleh perusahaan bernama Ambrane India Private Limited.

Ada dua jenis perangkat jam tangan pintar yang akan hadir nantinya. Terdapat fitur 12 titik tonjolan seperti huruf braille untuk memudahkan pengguna mengetahui waktu dengan jarinya. Dengan kata lain, jam tersebut juga memiliki sensor pintar untuk memberitahukan waktu kepada  pengguna secara aktual.

Baca juga: Koper Pintar AI di Jepang Bantu Tunanetra Berjalan di Tempat Asing

Teknologi Haptic pada Jam Tangan Pintar Sebagai Prinsip Utama Kinerja Perangkat

Mengutip informasi dari berbagai sumber, terdapat pernyataan Prof. Abhay Karandikan selaku direktur IIT Kanpur. Ia mengungkapkan bahwa kehadiran jam tangan pintar buatan mahasiswanya telah menjadi inovasi besar bagi para penyandang disabilitas untuk ikut menikmati kemajuan teknologi saat ini.

“Saya percaya bahwa jam tangan pintar tersebut akan mempunyai pengaruh besar untuk para penyandang tunanetra serta yang mengalami gangguan pada penglihatannya.” ungkap Prof. Abhay Karandikan.

Teknologi yang mendasari perangkat tersebut adalah fitur sentuhan sebagai interaksi utama antara manusia dan komputer. Kecanggihan teknologi tersebut bernama haptic, yang memiliki makna “menyentuh” dari bahasa Yunani haptesthai. Dari sentuhan tersebut pengguna dapat merasakan umpan balik dari sistem komputer.

Baca juga: Galaxy Z Fold4 5G Jadi Andalan Tangkap Foto Malam Cerah dan Tajam

Penggunanya juga dapat memberi input serta menerima informasi yang mereka butuhkan melalui teknologi haptic pada jam tangan pintar tersebut. Perangkat akan memberi umpan balik pada pengguna berupa sensasi getaran di tangan. Di sisi lain, saat ini teknologi haptic telah mengadopsi desain algoritma.

Desain algoritma yaitu kemampuan dalam mengolah informasi matematis serta mendukung kecanggihan untuk menghitung waktu secara tepat. Oleh karenanya, pengguna akan semakin mudah mengetahui waktu tanpa harus bertanya pada orang lain atau membuka fitur jam suara pada ponsel mereka.

Para ahli teknik memberikan pendapat bahwa prinsip teknologi umpan balik sentuhan ini memiliki cara kerja yang efisien. Cara kerjanya adalah dengan gerakan tangan lawan arah, menjepit objek di antara jari untuk menahan gerakan berikutnya.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Social Media

Jakarta, Unbox.id — WhatsApp ancam tutup layanannya di India jika terpaksa mengkompromikan enkripsi end-to-end. Perusahaan mengajukan permohonan ke Pengadilan Tinggi Delhi, menentang peraturan TI...

Tech Industry

Jakarta, Unbox.id — Casio memperluas jajaran Pro Trek dengan dua jam tangan baru. Mereka adalah PRG-340SC-2 dan PRG-340SC-5. Kedua jam tangan pintar tersebut merupakan...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Last updated on 9 Maret, 2024 Jakarta, Unbox.id — Google Pixel Watch 3 telah menjadi rumor akhir-akhir ini. Kini, rumor yang beredar di internet...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id — Crossbeats baru-baru ini meluncurkan Everest Smartwatch, perangkat tahan lama dan penuh fitur. Inovasi tersebut memberikan pilihan lebih variatif bagi para penggemar...