Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komparasi

iPhone SE 2020 atau iPhone SE 2022, Pilih Mana?

iPhone SE 2020 atau iPhone SE 2022 Pilih Mana? (sumber: apple.com)
iPhone SE 2020 atau iPhone SE 2022 Pilih Mana? (sumber: apple.com)

Jakarta, Unbox.id – Beberapa waktu lalu, perusahaan teknologi terkemuka dunia yakni Apple kembali membawa kabar baru untuk para fanboy dan pengguna produk Apple di seluruh dunia. Pasalnya, mereka resmi memperkenalkan lini smartphone terbaru mereka yakni iPhone SE 2022.

Produk terbaru ini merupakan lanjutan dari generasi sebelumnya yaitu seri iPhone SE 2020. iPhone SE pertama kali diluncurkan pada tahun 2016 sebagai seri pertamanya.  Produk iPhone murah ini ditujukan untuk pasar lebih terjangkau.

Smartphone ini mungkin akan menjadi pilihan menarik untuk kalian para penggemar brand Apple. Sebab sebagai produk baru, tentu saja iPhone SE 2022 ini membawa keunggulan spek dan juga performa yang lebih baik daripada generasi sebelumnya.

Baca juga: Apple Akan Luncurkan Layanan Sewa iPhone di Amerika, Ini Tarifnya

Namun, bagi Anda yang mungkin sedang mencari iPhone SE namun bingung antara perbadaan keduanya, berikut ini adalah spesifikasi singkat dan perbandingan antara iPhone SE 2020 dan Phone SE 2022 yang dapat menjadi referensi Anda.

Spesifikasi iPhone SE 2022

iPhone SE 2022 (sumber: gadgetwise.com)

iPhone SE 2022 (sumber: gadgetwise.com)

  • Layar: Retina IPS LCD 4,7 ince,Wide colour Gamut 60 Hz
  • Bobot: 144g
  • Chipset: Apple A15 Bionic (5nm)
  • Memory: 64 GB, 128 GB, 256 GB
  • Kamera belakang: 12 MP, f/1.8(wide) + PDAF+ OIS
  • Kamera depan: 7MP, F/2.2 + HDR
  • Baterai: 2821 mAh

Spesifikasi iPhone SE 2020

iPhone SE 2020 (sumber: iphoneuserguides.com)

iPhone SE 2020 (sumber: iphoneuserguides.com)

  • Layar: Retina HD 4,7 inci, Wide colour Gamut 60 Hz
  • Bobot: 148g
  • Chipset: Apple A13 Bionic (7nm)
  • Memori: 64 GB, 128 GB, 256 GB
  • Kamera belakang: 12 MP, f/1.8(wide) + PDAF+ OIS + Smart HDR, Depth Control
  • Kamera depan: 7MP, F/2.2 + HDR
  • Baterai: 1821 mAh

Desain

Dari segi desain, kedua smartphone ini hampir tak ada perbedaan sama sekali, bahkan masih sama dan juga mirip dengan spesifikasi iPhone 8. Dimana body bagian belakang terdapat sebuah kamera yang sejajar dengan lampu flash LED, dan logo Apple pada bagian tengah.

Pada bagian depan, terdapat layar retina berukran 4,7 inci yang dengan perlindungan ceramic shield sekelas iPhone 13. Pihak Apple masih menyertakan tombol home ikonik pada dibagian bawah layar yang sekaligus berfungsi sebagai sensor Touch ID.

Desain yang ditawarkan untuk sebuah smartphone keluaran 2022 mungkin terlihat cukup jadul mengingat saat ini hampir semua smartphone lain sudah menggunakan infinity display. Namun Apple tetap percaya diri mampu bersaing dengan keunggulan yang mereka tawarkan pada smartphone ini.

iPhone SE ini menawarkan tiga pilihan warna yakni hitam, putih dan (product) red. Smartphone ini memiliki dimensi tinggi 138,4 mm,lebar 67,3 mm dan tebal 7,3 mm.

Untuk Anda yang suka dengan desain sederhana khas Apple ini, mungkin akan sangat cocok karena dengan desain sederhana tersebut, anda tetap mendapatkan performa yang setara atau tak kalah dengan lini smartphone keluaran 2022 lainnya.

Layar, Kamera, Baterai

iPhone SE 2020 dan iPhone SE 2022 sama-sama dilengkapi dengan layar Retina IPS LCD berukuran 4,7 inci, dengan resolusi 750 x 1334 piksel, wide colour Gamut, True-tone, dengan tingkat kecerahan 625 nits.

Kamera yang ditawarkan oleh kedua smartphone ini juga tak jauh berbeda yakni dengan kamera belakang beresolusi 12 MP f/1.8 (wide), PDA, OIS, dan kamera selfie depan beresolusi 7 MP.

Namun ada satu hal baru di iPhone SE 2022 yang tak dimiliki pada generasi sebelumnya yakni adanya Smart HRD 4 dan fitur Deep Fusion yang diklaim dapat menghasilkan gambar yang lebih baik dari IPhone SE 2020. Tentu saja, fitur ini akan memanjakan pengguna dalam mengambil gambar secara lebih nyata dan tajam.

Baca juga: Apple Berencana Gunakan Port USB-C Pada iPhone Terbaru

Sementara pada sektor baterai, kedua smartphone ini memiliki sedikit perbedaan. iPhone SE 2020 diketahui menggunakan baterai Non-Removable Li-Ion berkapasitas 1821 mAh dan Fast Charging 18W.

Sedangkan untuk iPhone SE 2022, pihak Apple membekalinya dengan baterai berkapasitas 2821mAh, fast charging hingga 20 W, ditambah dengan Qi Wireless Charging.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: apple.com, iphoneuserguides.com, gadgetwise.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Instagram dikabarkan sedang menguji tampilan baru dimana rencananya akan memindahkan seluruh unggahan video pengguna ke platform Reels. Pihaknya mengungkapkan bahwa perubahan...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Twitter Circle adalah merupakan fitur baru Twitter yang memungkinkan pengguna untuk membagikan Tweet kepada orang-orang tertentu. Anda dapat memilih siapa saja...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Menjelang hari raya Idul Adha bagi umat muslim, Shopee hadirkan layanan berkurban secara online melalui aplikasi. Layanan Shopee Berkurban ini memungkinkan...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Layaknya Apple yang membekali iPhone dengan fitur Siri, Samsung juga membekali lini smartphone miliknya dengan antarmuka sistem One UI dengan asisten...