Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

iPhone eSIM vs SIM Fisik: Pilih Mana?

iPhone eSIM vs SIM Fisik: Pilih Mana? (sumber: apple.com)
iPhone eSIM vs SIM Fisik: Pilih Mana? (sumber: apple.com)

Jakarta, Unbox.id – Beberapa waktu lalu, Apple membuat pengumuman bahwa model iPhone mulai dari 14 akan dirilis tanpa slot aki kartu SIM fisik dan hanya tersedia eSIM di beberapa wilayah tertentu. eSIM adalah merupakan versi digital dari kartu SIM fisik yang disematkan di perangkat Anda dimana memiliki fungsi yang sama yakni memungkinkan Anda melakukan untuk panggilan, mengirim teks, dan menggunakan data seluler.

eSIM (sumber: 9to5mac.com)

eSIM (sumber: 9to5mac.com)

Untuk menggunakan eSIM, Anda harus menyiapkan profil eSIM jaringan operator atau mentransfer nomor Anda dari perangkat yang ada. Konsep tersebut sebenarnya sudah ada sejak lama dimana iPhone telah menyematkannya sejak dirilisnya iPhone XS, yang mendukung satu SIM fisik dan satu eSIM.

Berikut ini adalah keuntungan dan kekurangan eSIM:

Keuntungan eSIM

  • eSIM tertanam di iPhone dan tidak dapat dihapus. Jadi ketika perangkat Anda dicuri, SIM akan tetap berada di ponsel, namun Anda dapat menonaktifkannya dari jarak jauh,membuatnya lebih aman daripada SIM fisik.
  • Anda dapat dengan mudah berpindah operator dengan menghapus profil satu operator dan mendaftar ke operator lain.
  • Kartu SIM fisik terbuat dari plastik, jadi mengadopsi eSIM adalah keputusan yang lebih ramah lingkungan.
  • Anda dapat memiliki banyak akun di satu perangkat dengan eSIM.
  • Jika Anda bepergian ke luar negeri, Anda dapat mengaktifkan eSIM untuk negara yang Anda kunjungi.

Baca juga: iPhone SE Generasi 4 Gagal di Produksi?

Kekurangan eSIM

  • Untuk saat ini, tiidak semua operator mendukung eSIM.
  • Beberapa negara tidak memiliki operator yang menawarkan dukungan untuk eSIM.
  • Tidak mudah untuk mentransfer eSIM antara Android dan iPhone.
  • Tidak seperti SIM fisik, jika perangkat Anda berhenti berfungsi atau mulai tidak berfungsi, Anda tidak dapat memindahkannya ke perangkat lain.

Haruskah Membeli iPhone 14 Dengan eSIM?

Seri iPhone 14 di Amerika tidak dilengkapi dengan slot SIM fisik dan hanya mendukung eSIM. IPhone seri ini tidak dapat diaktifkan dengan SIM fisik. Oleh karenanya, banyak orang yang sebelumnya memiliki encana membeli iPhone 14 dari Amerika menjadi bingung.

Masalah utama yakni adalah tidak semua operator menyediakan eSIM. Dan jika Anda bepergian ke luar negeri, paket eSIM mungkin lebih mahal. Selain itu, jika perangkat Anda berhenti berfungsi atau baterai habis, Anda tidak bisa memindahkan SIM ke perangkat lain. 

eSIM: Langkah Menuju iPhone Tanpa Port

Keputusan Apple untuk beralih ke eSIM mungkin saat ini  terbatas di Amerika, namun hal itu telah menimbulkan keretakan di seluruh industri, dan pabrikan akan segera mulai membuang slot kartu SIM dan beralih ke eSIM.

Alasan Apple beralih ke eSIM adalah untuk pengalaman dan keamanan peralihan yang mulus, yang mana merupakan alasan yang masuk akal namun tak sepenuhnya membenarkan perubahan besar tersebut. Infrastruktur eSIM masih membutuhkan banyak pekerjaan, terlebih memindahkan eSIM Anda dari iPhone ke Android tidaklah mudah.

Baca juga: Produk Apple iPhone Ulang Tahun Yang ke-16

Mungkin ini juga merupakan salah satu langkah lain Apple untuk menuju iPhone tanpa port, mengingat mereka sebelumnya telah membuang jack headphone mulai iPhone 7. Terlebih juga adanya tekanan konstan dari UE untuk beralih ke USB tipe C, Apple dapat melepas port pengisian daya sekaligus dan menggunakan Magsafe sebagai metode pengisian daya baru.

Apa pun alasannya, di tahun-tahun mendatang, kita dapat melihat adopsi besar-besaran eSIM, dan kartu SIM fisik mungkin akan mulai ditinggalkan.

 

dari berbagai sumber

Foto: apple.com, 9to5mac.com

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Apple disebut-sebut telah memilih raksasa mesin pencari Tiongkok Baidu sebagai mitra teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk iPhone 16 dan produk lainnya. Informasi...

Tech Industry

Unbox.id – Daya tahan baterai ponsel pintar akan berkurang seiring berjalannya waktu. Jadi, penting untuk menjaga kesehatan baterai ponsel Anda. Beberapa produsen smartphone sudah...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple saat ini menghadapi tuntutan hukum dari Departemen Kehakiman AS. Perusahaan tersebut dituduh beroperasi secara monopoli dan menghindari persaingan. Dalam gugatannya, Departemen...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple berencana menjual headset VR barunya, Vision Pro, di berbagai negara. Meski ada laporan Vision Pro akan dirilis di negara lain, namun...