Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

iPhone 16 Dikabarkan Rilis Tahun Depan, Simak Infonya

iPhone
foto: Macroumors

Jakarta, Unbox.id – Belum lama Apple merilis seri ponsel pintar unggulannya, iPhone 15, kini muncul rumor tentang versi lanjutannya muncul di berbagai sumber. Melansir dari 9to5Mac, Selasa (17/10/2023) seorang analis memberikan pendapatnya tentang ini.

Ia adalah Jeff Pu, dari Haitong International Securities, mengatakan bahwa iPhone terbaru nantinya memiliki modem 5G yang jauh lebih cepat. Selain itu, ia juga akan memiliki konektivitas Wifi 7 serta lensa yang super lebar di bagian belakangnya.

Baca juga: Intel Hadirkan Chipset Terbaru Core Generasi Ke 14

Pu membahas prediksinya untuk jajaran iPhone 16 berdasarkan sumbernya di rantai pasokan Apple. Dalam hal tampilan, smartphone Apple terbaru akan berukuran 0,2 inci lebih besar ketimbang dengan ukuran 6,1 dan 6,7 inci saat ini. 

Prediksi Spek iPhone 16 Reguler, 16 Pro, dan 16 Plus

Begitu juga dalam laporan Analis Ming-Chi Kuo dan Ross Young, bahwa ponsel Apple generasi ke-16 tersebut akan hadir dalam ukuran lebih besar. Apple akan dapat memasang lensa tetra-prisma yang sama untuk zoom optik 5x yang diperkenalkan dengan iPhone 15 Pro Max pada model Pro yang lebih kecil. 

Jeff Pu menegaskan kembali bahwa model Pro dan Pro Max akan memiliki lensa tetra-prisma 12 megapiksel untuk zoom yang lebih baik. Laporan tersebut juga menunjukkan bahwa Apple berencana untuk meningkatkan model Pro dengan lensa ultra lebar yang lebih baru.

Baca juga: Xiaomi 14 Terbaru Segera Rilis, Simak Bocoran Spesifikasinya

Di mana lensa tersebut merupakan sebuah komponen yang tidak banyak tersentuh sejak iPhone 13 Pro. Lensa ultra lebar yang ada pada model 16 Pro akan mendapatkan sensor baru 48 megapiksel, lompatan besar dari sensor 12 megapiksel saat ini.

Dapur Pacu, Fitur, dan Konektivitas

Varian terbaru 16 Pro akan memiliki dapur pacu dengan prosesor chip A18 Pro baru, juga dibuat menggunakan proses 3 nanometer. Tidak berbeda dengan A17 Pro. Chip baru ini akan mempertahankan RAM 8 GB pada iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max saat ini.

Namun, dalam hal konektivitas, varian 16 Pro akan mampu mencapai kecepatan lebih cepat, baik melalui Wi-Fi atau 5G. Pu berspekulasi bahwa varian terbaru akan hadir dengan modem Qualcomm Snapdragon X75, yang mencapai kecepatan unduh 5G hingga 7,5 Gbps.

Meskipun varian 15 Pro adalah yang pertama memperkenalkan dukungan untuk Wi-Fi 6e, iPhone Pro tahun depan mungkin memiliki Wi-Fi 7. Standar Wi-Fi terbaru mencapai kecepatan hingga 46 Gbps, empat kali lebih cepat dari Wi-Fi 6.

Informasi Lainnya

Untuk model iPhone 16 reguler, Jeff Pu mencatat bahwa Apple hanya akan menggunakan dua lensa belakang pada kameranya (tanpa zoom optik). Sementara itu, lensa ultra lebar akan mempertahankan sensor 12 megapikselnya tanpa fokus otomatis dan makro.

Menurut laman resmi Apple, mereka akan memperkenalkan versi chip A17 yang kurang bertenaga untuk iPhone 16 daripada menggunakan A17 Pro. Mereka akan memberikan RAM  8 GB pada versi ini dan tidak ada upgrade ke modem 5G. 

Meskipun 16 Pro akan mendapatkan dukungan Wi-Fi 7, varian 16 dan 16 Plus akan mendapatkan peningkatan yang lebih halus ke Wi-Fi 6e. Smartphone Apple terbaru kabarnya akan segera rilis oleh Apple pada bulan September tahun depan.

Sumber: 9to5Mac

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apple

Unbox.id – Bootloop di iPhone merupakan salah satu hal yang paling menyebalkan. Banyak pengguna yang panik saat menghadapi masalah ini. Mengutip GizChina, bootloop merupakan...

Tech Industry

Unbox.id – Aplikasi YouTube Music di iOS mengalami masalah saat dibuka. Beberapa pengguna mengeluhkan bug yang menyebabkan aplikasi menampilkan layar hitam, sehingga pengguna tidak...

Tech Industry

Unbox.id – Chipset Snapdragon 8 Gen 4 diperkirakan akan diluncurkan tahun ini di acara tahunan Qualcomm yakni Snapdragon Summit 2024. Snapdragon 8 Gen 4...

Software

Unbox.id – Setelah merilis pembaruan iOS 17.5 beta 1 dan 2, kali ini Apple memperkenalkan iOS 17.5 beta 3. Pengguna iPhone yang telah mendaftar...