Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

iPhone 15 Series Hadir dengan Kabel USB Tipe C, Apple Berikan Inovasi Baru

iPhone
iPhone 15 Series hadir dengan port USB-C | foto: Berbagai Sumber

Jakarta, Unbox.id – Resmi, perusahaan teknologi Amerika Serikat, Apple mengganti port khas yang mereka miliki menjadi USB type C. Langkah tersebut bersamaan dengan pengumuman rilis iPhone 15 Series pada hari Selasa 12 September 2023 waktu California.

Kali ini, iPhone tidak akan menggunakan port Lighting yang biasanya. Akan tetapi, mereka mengandalkan port (colokan) USB type C. Dengan kata lain, ini merupakan akhir bagi Apple menggunakan port Lighting untuk rangkaian smartphone buatan mereka.

Baca juga: Apple Watch Series 9 Hadir dan Inilah Spesifikasinya!

Langkah ini sekaligus awal bagi inovasi baru bagi iPhone, mengingat ada kebijakan Uni Eropa yang harus mereka patuhi. Apple sendiri telah menggunakan port Lighting sejak bulan September pada tahun 2012 silam, termasuk pada perangkat iPad.

Inovasi iPhone 15 Series dengan Port USB-C

Seperti yang sudah umum diketahui, port Lighting milik Apple tidak hanya untuk produk smartphone atau tabletnya saja. Namun, beberapa perangkat lain juga mengandalkan colokan tersebut, seperti keyboard, Airpods, Pena Digital (Apple Pen) dan lain-lain.

Selain mengikuti kebijakan Uni Eropa, banyak alasan yang melatarbelakangi Apple untuk mengganti port pengisian daya ke USB type C. Kebutuhan yang semakin banyak untuk perangkatnya menjadi salah satu alasan yang menonjol.

Baca juga: Akan Ada Filter Baru Dari WhatsApp! Apakah Itu?

Seperti pada tahun 2018 lalu, Apple sudah merilis iPad Pro dengan support kabel USB type C. Mereka juga meluncurkan iPad Air pada tahun 2020 yang juga menggunakan kabel Type C. Tidak ketinggalan, remote Apple TV 4K saat ini juga mengandalkan port Type C.

Pembaruan ke Segala Jenis Perangkat Apple

Transisi atau peralihan ke kabel port type C tersebut hadir pada acara peluncuran global bertajuk Wonderlust. Produk yang mereka unggulkan dalam event tersebut adalah iPhone 15 Series, tipe smartphone yang untuk pertama kalinya beralih ke kabel type C.

Posisi penempatan port sama persis dengan tipe port sebelumnya, yakni pada bagian bawah. Menurut perusahaan tersebut, port Type C ini akan mendukung sistem pengisian daya baterai, transfer daya ke perangkat lain, sampai pemutaran audio.

Perusahaan mengklaim bahwa port terbaru ini akan memberikan kecepatan berkali-kali lipat ketimbang versi sebelumnya. Tidak hanya produk smartphone, Apple juga akan membawa tipe C ke perangkat lain seperti AirPods generasi baru yang akan datang.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id — Pada acara Costumer Electronics Show (CEW) 2024, MSI melangkah ke arena konsol game genggam dengan meluncurkan konsol MSI Claw A1M. Konsol...

Realme

Jakarta, Unbox.id — Realme sedang bersiap untuk meluncurkan perangkat Realme 12 5G dan Realme 12+ 5G di India pada 6 Maret. Menjelang peluncuran, perusahaan...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple Watch menjadi smartwatch paling populer selama hampir satu dekade. Terbaru dikabarkan Apple akan merilis Apple Watch X sebagai suksesor dari Apple...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – MWC 2024 memperkenalkan sederet smartphone lipat dengan harga terjangkau, bahkan salah satunya bisa dibeli di situs e-commerce Tanah Air. Smartphone lipat merupakan...