Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

iPhone 15 Pro Masih Overheat Meski Sudah Update iOS 17.0.3

iPhone 15 Pro_1a
iPhone 15 Pro. (Sumber: ZDNet)

Unbox.id – Apple menanggapi keluhan pengguna iPhone 15 Pro mengenai panas berlebih atau overheating dengan merilis pembaruan iOS 17.0.3. Mengutip ZDNet, banyak pengguna ponsel Apple yang telah menggunakan update iOS 17.0.3 di iPhone 15 Pro masih merasa kepanasan saat menggunakannya. Dalam laporan yang sama, tidak disebutkan adanya panas berlebih saat mengisi daya, sehingga masalah tersebut tampaknya telah diselesaikan oleh Apple. Namun, orang-orang melaporkan masalah dengan iPhone 15 Pro atau Pro Max, dengan panas berlebih yang terjadi saat menelepon, bermain game, menyimpan ponsel di saku, mendengarkan musik, dan bahkan saat menggunakan kamera iPhone. Laporan-laporan ini berasal dari media sosial sehingga tidak mungkin untuk memverifikasi semuanya.

Panas Seperti Roti Panggang

iPhone 15 Pro_2b

iPhone 15 Pro. (Sumber: Utterly Techie)

Salah satu laporan iPhone yang terlalu panas berasal dari sumber yang dapat dipercaya dan memberikan bukti yang meyakinkan tentang masalah panas berlebih. Gabriel Suchowolski, seorang desainer grafis asal Spanyol, melaporkan bahwa iPhone 15 Pro Max miliknya terlalu panas.

Dia berkata: “tidak panas, tapi panas seperti roti panggang… di area sebelah kanan lensa (kamera) dan di tepi dekat tombol volume.

” Dia mengatakan ini terjadi ketika Anda menggunakan telepon lebih dari satu menit dan ketika Anda mengambil 4-5 foto atau lebih berturut-turut. Masalah overheating ini terus terjadi meski ponselnya sudah diupdate ke iOS 17.0.3.

Ciptakan Bekas Terbakar pada Layar

Selain itu, Suchowolski juga memberikan foto termometer yang ia gunakan untuk mengukur suhu iPhone 15 Pro Max miliknya jika terlalu panas.

Termometer mencatat suhu 42 derajat Celcius atau setara dengan 107,6 derajat Fahrenheit, suhu tersebut sangat mirip dengan angka 107,1 F yang ditemukan ZDNet saat menguji ponsel saat fast charging, sebelum pembaruan iOS 17.0.3.

Selain kepanasan, Suchowolski juga mengalami beberapa fenomena aneh pada layar ponselnya. Muncul jejak di layar yang menandakan adanya efek burn-in pada layar iPhone 15 Pro Max. Ada juga laporan terpercaya dari seorang rekan di CNet bahwa model iPhone-nya masih terlalu panas, dan bahkan layarnya macet setelah memperbarui ke iOS 17.0.3.

Lalu ada laporan dari Sam Harman, seorang insinyur di Inggris yang mengatakan model iPhone 15 Pro Max miliknya tampak semakin panas saat menggunakan kamera, terutama setelah update iOS 17.0.3.
Masalah overheat juga dilaporkan akibat penggunaan fitur pengisian cepat MagSafe yang mengakibatkan pengisian daya hanya dalam 30 menit karena terlalu panas.

Tampaknya masalah overheating pada model iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max bukan hanya masalah software dan Apple perlu segera memperbaikinya.

Baca juga: Bantu Cegah Rabun Jauh Dari Fitur Rahasia IOS 17

Update iOS 17.0.3 Perlambat Kinerja iPhone 15

iPhone 15 Pro_3c

iPhone 15 Pro. (Sumber: YTECHB)

Baru-baru ini Apple dihebohkan dengan keluhan dari pengguna beberapa model iPhone bahwa perangkatnya cepat panas atau overheat. Masalah ini tidak hanya terjadi pada iPhone model lama, tetapi juga pada iPhone 15 seri terbaru.

Setelah banyak keluhan tentang masalah panas berlebih yang memengaruhi model iPhone 15 Pro, Apple telah merilis pembaruan iOS 17.0.3 untuk mengatasi masalah ini. Menurut perusahaan, fenomena overheating ini disebabkan oleh perangkat lunak, bukan kesalahan perangkat keras atau desain.

Apple juga menyatakan tidak akan menurunkan performa chip A17 Pro setelah pembaruan. Perusahaan mengatakan iPhone akan berjalan lebih panas dari biasanya saat pertama kali mengatur, memulihkan dari cadangan, memuat, atau menjalankan aplikasi intensif.

Namun pihak perusahaan mengakui bahwa masalah software di iOS 17 menyebabkan model iPhone 15 menjadi terlalu panas, seperti dikutip dari 9to5Mac. Pada saat itu, perusahaan mengatakan kepada 9to5Mac bahwa pembaruan tersebut tidak akan memengaruhi kinerja chip A17 Pro, karena beberapa pengguna khawatir Apple akan mengurangi kinerja perangkat untuk mencegah iPhone menjadi terlalu panas.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apple

Unbox.id – Bootloop di iPhone merupakan salah satu hal yang paling menyebalkan. Banyak pengguna yang panik saat menghadapi masalah ini. Mengutip GizChina, bootloop merupakan...

Software

Unbox.id – Setelah merilis pembaruan iOS 17.5 beta 1 dan 2, kali ini Apple memperkenalkan iOS 17.5 beta 3. Pengguna iPhone yang telah mendaftar...

Apple

Unbox.id – Baik iPad Air maupun iPad Pro akan menghadirkan peningkatan pada spesifikasi hardware dan peningkatan lainnya. Mengutip laporan Gurman via The Verge, selain...

Apple

Unbox.id – Rumor mengenai iPad Air semakin menyebar seiring semakin dekatnya tanggal rilisnya. Baru-baru ini beredar informasi bahwa iPad Air akan berukuran lebih besar...