Connect with us

Hi, what are you looking for?

Merk

iOS 16 Akan Segera Hadir, Berikut Fitur Barunya

iOS 16 Akan Segera Hadir, Berikut Fitur Barunya (sumber: macrumors.com)
iOS 16 Akan Segera Hadir, Berikut Fitur Barunya (sumber: macrumors.com)

Last updated on 19 Juni, 2024

Jakarta, Unbox.id – Apple baru saja mengumumkan terkait pembaruan sistem operasi mereka yakni iOS 16 beserta fitur barunya pada WWDC 2022.

Namun, iOS terbaru ini dikabarkan hanya dapat ditemukan pada seri iPhone 8 keatas, atau kata lain bagi para pengguna iPhone 7 kebawah tak dapat menikmati update baru mereka. Apple menyebutkan bahwa yang akan mendapatkan pembaruan sistem operasi tersebut adalah iPhone 8 atau lebih baru.

baca artikel menarik lainnya tentang : merk tempered glass iphone

Artinya iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus dan iPhone SE generasi pertama harus berhenti di iOS 15. iOS 16 ini nantinya akan hadir dengan versi beta dan akan tersedia mulai bulan depan. Sementara untuk rilis resminya diharapkan akan tersedia pada musim gugur ini.

iOS 16 (sumber: techviral.net)

iOS 16 (sumber: techviral.net)

Lalu, apa fitur baru yang dibawa pada iOS 16 ini? Berikut adalah beberapa fitur baru yang nantinya akan hadir di sistem operasi terbaru Apple.

Pembaruan Lock Screen

Di iOS 16 nanti, lock screen hadir dengan efek baru yang lebih dapat disesuaikan dan menampilkan informasi penting yang lebih mudah diakses, seperti misalnya mengubah tampilan tanggal dan waktu dengan jenis gaya dan pilihan warna.

baca artikel menarik lainnya tentang : merk tempered glass iphone

Lock screen juga menampilkan widget yang tentunya dapat memudahkan pengguna untuk mendapatkan informasi secara cepat, seperti acara kalender mendatang, cuaca, tingkat baterai, alarm, zona waktu, aktivitas dering dan sebagainya.

Baca juga: 5 Rekomendasi Merek Tempered Glass Terbaik iPhone

Perubahan ini tentu menjadi pembaruan yang paling signifikan karena juga terdapat opsi personalisasi baru termasuk wallpaper dinamis dan font opsional untuk menampilkan waktu dan tanggal.

Fitur SharePlay

Selanjutnya, fitur SharePlay akan hadir di aplikasi Pesan atau iMessage yang nantinya memungkinkan pengguna untuk menikmati konten yang disinkronkan, sepert imisalnya film atau lagu ketika mengobrol melalui iMessage.

Selain itu, pengguna dapat mengedit pesan yang sudah dikirim, memulihkan pesan yang baru dihapus, dan menandai percakapan dengan label belum dibaca, sehingga mereka dapat mengirim ulang kembali.

Berbagi foto melalui iCloud

Di iOS 16, pengguna dapat dengan mudah berbagi foto di iCloud, bahkan berkolaborasi untuk saling melengkapi foto di iCloud secara terpisah dengan enam pengguna sekaligus.

Pengguna dapat memilih untuk membagikan foto yang ada dari Galeri pribadi mereka, atau berbagi berdasarkan tanggal maupun orang-orang di dalam foto.

Fitur baru Mail

Di iOS 16, pengguna dapat menjadwalkan email dan bahkan diberi waktu untuk membatalkan pengiriman pesan. Mail juga mampu mendeteksi jika pengguna lupa menyertakan bagian penting dari pesan mereka, seperti misalnya lampiran.

Selain itu, pengguna juga memiliki opsi untuk memunculkan kembali pesan kapan saja dengan Remind Later, dan saran Tindak Lanjut secara otomatis yang dapat mengingatkan pengguna untuk menindaklanjuti email jika mereka belum menerima tanggapan.

Pembaruan CarPlay

CarPlay akan dapat menyediakan konten di layar kendaraan dengan integrasi yang lebih dalam dimana akan memungkinkan pengguna untuk mengontrol radio, mengubah suhu atau control AC, hingga pengukur bahan bakar secara langsung melalui CarPlay.

CarPlay juga akan menampilkan kecepatan, tingkat bahan bakar, suhu, dan sebagainya. Pengguna juga dapat mempersonalisasi pengalaman berkendara mereka dengan memilih berbagai desain yang tersedia, ditambah dengan dukungan widget, pengguna dapat menampilkan informasi dari Cuaca dan Musik langsung di dasbor mobil mereka.

Live Text

Di iOS 16 kali ini, Apple menghadirkan Live Text menggunakan kecerdasan pada perangkat untuk mengenali teks dalam gambar dan sekarang diperluas untuk menyertakan video.

Pengguna dapat menjeda video pada bingkai apa pun dan berinteraksi dengan teks. Live Text juga menambahkan kemampuan bagi pengguna untuk dengan cepat mengonversi mata uang, menerjemahkan teks, dan sebagainya.

Dukungan lebih pada Apple Wallet

Apple Wallet kini mendukung lisensi mengemudi untuk penduduk Maryland dan. Apple juga mengatakan bahwa 11 negara bagian lainnya juga akan segera hadir dan dapat digunakan tanpa membagikan info tanggal lahir tertentu.

Tap-to-pay juga akan hadir di Amerika Serikat, dimana memungkinkan usaha kecil dapat menerima pembayaran di smartphone mereka tanpa harus membeli perangkat khusus untuk dapat membaca kartu.

Pembaruan Apple Maps

Apple menambahkan navigasi yang semakin berkembang dengan perutean multi-stop, dimana memungkinkan pengguna dapat merencanakan perjalanan dengan beberapa pemberhentian. Ini juga termasuk akan menunjukkan harga transportasi umum saat dipilih, dan memungkinkan pengguna membayar di dalam aplikasi Maps menggunakan Apple Pay jika jaringan mendukung pembayaran NFC dan tiket.

Pembaruan Siri

Apple menambahkan kemampuan untuk menjalankan pintasan setelah aplikasi diunduh tanpa perlu mengatur di awal pada Siri. Pengguna juga dapat menambahkan emoji ketika mengirim pesan, memilih untuk mengirim pesan secara otomatis, melewatkan langkah konfirmasi, menutup telepon serta panggilan FaceTime sepenuhnya hanya dengan perintah suara.

Pembaruan FaceID

FaceID sekarang dapat berfungsi dalam mode lanskap seperti halnya iPad. Keyboard di layar mendapatkan umpan balik haptic sekarang. Namun, fitur ini akan berfungsi jika pengguna mengizinkannya, jadi memerlukan konfirmasi sebelum mengakses clipboard pengguna.

Baca juga: Keuntungan dan Resiko Jailbreak Pada iPhone dan iPad

Nantinya juga, Face ID dapat digunakan untuk membayar tagihan, mengisi password secara otomatis, serta mengunci layar iPhone, dan semua itu dapat dilakukan dengan mode lanskap.

Safety Check

Ini adalah salah satu fitur yang ditujukan untuk korban kekerasan dalam rumah tangga, dimana memungkinkan mereka untuk segera menghapus informasi apa pun yang telah mereka bagikan dengan pasangan, termasuk janji temu kalender, kata sandi aplikasi maupun situs web, serta informasi lokasi.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: macrumors.com, techviral.net

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Apple dikabarkan sedang berdiskusi mendalam dengan Meta, perusahaan yang didirikan Mark Zuckerberg. Tampaknya Apple ingin mengintegrasikan model AI generatif raksasa media sosial...

Tech Industry

Unbox.id – iOS 18 hadir dengan banyak fitur dan penyempurnaan baru untuk iPhone, untuk membantu pengguna tetap teratur dan aman. Hal tersebut diungkapkan Apple...

Software

Unbox.id – iOS 18, pembaruan pada sistem operasi seluler Apple, diharapkan memperkenalkan beberapa fitur dan peningkatan baru yang penting. Apple mengakui iOS 18 akan...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple dikabarkan sedang bersiap meluncurkan jam tangan pintar barunya yang disebut-sebut akan diberi nama Apple Watch Series 10. Apple Watch Series 10...