Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

iOS 15.4 Memakan Banyak Daya, Berikut Sebab-sebabnya!

iOS 15.4
ilustrasi ponsel iPhone | foto : asaljeplak.id

Jakarta, Unbox.id Belum lama ini, produsen smartphone raksasa merek Apple tengah gencar meluncurkan iOS 15.4 bagi pengguna iPhone secara global. Lewat pembaruan tersebut, Apple turut menyajikan fitur-fitur dan emoji yang baru.

Sayangnya, usai mengadakan peluncuran tersebut, komplain mulai berdatangan dari para penggunanya. Benar, penggunaan sistem operasi yang berat menyebabkan baterai semakin boros. Informasi tersebut telah ada dalam sebuah ulasan di situs GSM Arena pada hari Selasa (22/3).

Juga pada unggahan masyarakat di media sosial, bahwa penggunaan baterai saat menjalankan sistem operasi iOS 15.4 ini berkurang sampai 50 persen dalam 6 jam. Penggunaan tersebut dapat ia ketahui pada ponselnya yakni iPhone 13 Pro Max.

Sebelum mendapatkan versi pembaharuan ke sistem operasi tersebut, baterai ponsel miliknya bisa awet hingga sehari penuh tanpa mengisi ulang. Sementara keluhan dari pengguna media sosial lainnya adalah baterai bisa berkurang hingga 80 persen dalam sehari.

Memang, permasalahan penggunaan baterai yang lebih cepat habis sering terjadi saat sistem mengalami pembaruan. Hal tersebut terbilang wajar sebab ponsel memerlukan adaptasi yang lebih saat menerima sistem operasi yang baru. Namun, yang menjadi tidak wajar di sini adalah banyaknya pengguna yang mengeluhkan soal yang sama.

baca juga : Apple Luncukan Update iOS 15.4, Ini Fitur Barunya

Penggunaan Baterai yang Boros Pada iOS 15.4 Memiliki Faktor Berbeda-beda

Ada dugaan dari pengguna bahwa Apple memang sengaja meningkatkan performa dengan memakai refresh rate 120Hz ProMotion. Oleh karena itu, pemakaian baterai yang cukup boros sangatlah wajar.

Perlu diperhatikan juga bahwa fitur tersebut, yakni fitur ProMotion khusus terdapat di ponsel iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max. Sementara itu, ada juga pengguna dengan tipe ponsel lain yang juga mengeluhkan hal yang sama. Artinya, permasalahan yang menjangkiti setiap ponsel bisa berbeda-beda.

Hingga saat ini, pihak Apple sendiri masih belum memberikan keterangan apa pun menanggapi keluhan masyarakat pengguna tersebut. Pengguna harus lebih sabar menunggu beberapa waktu untuk keterangan lebih lanjut.

baca juga : Samsung Health dan Apple Health: Pilh Mana?

fitur terbaru Face ID dengan masker | foto : Days Tech

Pada kesempatan sebelum ini, Apple juga telah resmi meluncurkan pembaruan iOS 15.4 khusus pengguna iPhone. Fitur yang paling mereka andalkan dari versi update ini adalah Face ID yang mampu mengidentifikasi pemilik meski menggunakan masker. Sayang, fitur tersebut hanya berguna bagi ponsel iPhone 12 series serta iPhone 13 series. 

Untuk sistem operasi yang baru rilis ini, biasanya iPhone akan meminta pengguna untuk mengatur ulang Face ID. Hal tersebut memiliki tujuan agar ponsel dapat mengenali wajah pemiliknya saat menggunakan masker.

Secara singkat, kemampuan baru dari fitur tersebut dapat mengidentifikasi wajah pemilik tanpa menscan secara keseluruhan. Cukup mengandalkan kontur wajah bagian atas dan mata sang pemilik. Secara teknis, ini sangat memudahkan bagi para pengguna masker di mana mereka tidak perlu membuka maskernya saat berada di kerumunan atau di tempat-tempat umum.

sumber : liputan6

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Belakangan ini banyak pengguna iPhone yang mengeluhkan kemampuan Siri yang dinilai sama. Beberapa orang menganggap Siri tertinggal jauh dari asisten virtual Alexa...

Tech Industry

Unbox,id – Jepang akan mendenda Apple. Pasalnya, ada dugaan Apple terlibat dalam perilaku monopoli di negara tersebut. Namun, negara ini masih mempelajari peraturan yang...

Apple

Unbox.id – Pengguna iPhone harus waspada karena baru-baru ini, peneliti keamanan siber menemukan metode baru spionase siber. Menargetkan pengguna iPhone di Asia Selatan, penjahat...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Bocoran iPhone SE 4 masih bermunculan dari waktu ke waktu. Terbaru, iPhone SE 4 disebut-sebut mendapat tambahan kemampuan kamera berbasis kecerdasan buatan...