Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Intip Perbedaan Samsung Galaxy S23 Ultra Dengan S22 Ultra

Samsung S23 vs S22_1
Produk Sasmung diantar S23 dan S22 dengan ramai dibicarakan oleh para penggunanya. ( Sumber: YouTube)

Unbox.id – Samsung memperkenalkan Galaxy S23 Ultra sebagai varian teratas dari seri Galaxy S23 yang baru saja diperkenalkan. Penerus Galaxy S22 Ultra ini disebut memiliki beberapa peningkatan. Lantas apa yang membuat Galaxy S23 Ultra berbeda dengan pendahulunya, Galaxy S22 Ultra? Dari segi desain, Galaxy S23 Ultra tidak terlihat jauh berbeda. Lantas, apa saja yang menjadi pembeda dari kedua produk smartphone teranyar dari Samsung ini? Mari kita simak informasinya berikut dibawah ini.

Apa Saja Yang Membedakan Produknya?

Smartphone ini masih mengusung layar Dynamic AMOLED 2X berukuran 6,8 inci dengan sisi melengkung. Layar ponsel Samsung ini juga mendukung refresh rate adaptif 120Hz. Bedanya, Samsung Galaxy S23 Ultra menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 2 untuk Galaxy seperti model Galaxy S23 lainnya. Pembaruan Snapdragon 8 Gen 1 Galaxy S22 Ultra.

Di sisi fotografi, Galaxy S23 Ultra kini memiliki kamera 200MP dan menjadi perangkat pertama dari Samsung yang menggunakannya. Sebelumnya, Samsung menggunakan lensa 108 megapiksel di Galaxy S22 Ultra. Kamera 200 megapiksel ini bertujuan untuk menawarkan pengalaman yang lebih imersif kepada konsumen. Karena dengan resolusi kamera yang tinggi, hasil fotonya beresolusi tinggi, sehingga saat di zoom atau di crop kualitasnya tetap bagus.

Selain kamera 200MP, kamera Galaxy S23 Ultra hadir dengan spesifikasi aperture f/1.7, tipe lensa wide 23mm, 1/1.3 inci, dan ukuran sensor 0.6µm. Juga mendukung sensor PDAF, Laser AF, dan peningkatan stabilisasi OIS. Sebagai perbandingan, Galaxy S22 Ultra 5G tahun lalu memiliki resolusi 108 megapiksel dan spesifikasi bukaan f/1.8, 23 mm (sudut lebar), lensa 1/1.33″ dan ukuran sensor 0,8 µm. Kamera ini juga mendukung sensor PDAF, Laser AF dan OIS.

Namun, di Galaxy S23 Ultra 5G, Samsung telah membangun kamera depan 12 megapiksel dengan f2.2 dan FOV 80 derajat. Berbeda dengan Galaxy S22 Ultra yang memiliki kamera selfie 40MP. Menurut Samsung, meski resolusinya turun, kamera depan Galaxy S23 Ultra mendukung deteksi Aufotocus dua langkah. Sehingga kamera selfie smartphone ini kini dapat mengambil foto fokus dan bokeh dengan lebih cepat.

Baca juga: List Smartphone Flagship Samsung Masih Layak Dibeli Di 2023

Perbedaan Dari Segi Spek Sistem

Samsung S23 vs S22 Ultra_2

Produk Samsung memang terus berinovasi seiring perkembangan zaman. (Sumber: Android Headlines)

Perbedaan lainnya dibandingkan perangkat memori, Samsung tidak lagi menyertakan varian memori 128 GB. Memori internal terkecil S23 Ultra adalah 256 GB hingga 1 TB. Perbedaan lainnya, setidaknya pada saat peluncuran smartphone ini, Galaxy S23 Ultra hadir dalam empat pilihan warna yaitu calm tone, ghost black, cream, green dan lavender.

Terlepas dari perbedaan tersebut, smartphone ini tetap memiliki spesifikasi yang tidak jauh berbeda dengan pendahulunya, seperti Galaxy S23 Ultra hadir dengan One UI 5.1 berbasis Android 13.

Perangkat ini dijanjikan akan menerima pembaruan Android hingga 4 tahun, memungkinkan untuk ditingkatkan ke Android 17.

Baca juga: Ini Dia Keunggulan Di Samsung Galaxy A14 5G

Tentang Kamera 200 MP Galaxy S23 Ultra

Ngomong-ngomong: Beberapa waktu lalu Samsung memperkenalkan sensor gambar 200 megapiksel, yaitu ISOCELL HP2. Sensor kamera 200 megapiksel ini dikatakan menampilkan teknologi piksel dan kemampuan terbarukan untuk pengambilan gambar yang luar biasa di Galaxy S23 Ultra.

ISOCELL HP2 berisi 200 juta 0,6 μm (mikron) piksel dalam format optik 1/1,3 inci – ukuran sel yang banyak digunakan dalam kamera utama smartphone 108 megapiksel. Menurut perusahaan, teknologi ini memungkinkan pengguna untuk menikmati resolusi yang lebih tinggi pada smartphone kelas atas terbaru, tanpa benturan kamera dari perangkat yang lebih besar.

Samsung juga membangun teknologi penggabungan piksel terbarunya, Tetra2pixel, sehingga ISOCELL HP2 membuat kamera lebih serbaguna dengan mampu mensimulasikan piksel yang berbeda pada tingkat cahaya yang berbeda. Dalam cahaya redup, sensor gambar beradaptasi dengan sensor gambar 1,2 μm 50 MP atau 2,4 μm 12,5 MP yang menghubungkan antara 4 dan 16 piksel terdekat.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Samsung Electronics Indonesia resmi mengumumkan ketersediaan opsi bahasa Indonesia di Galaxy AI. Dengan dukungan tersebut, pengguna dapat lebih mudah memanfaatkan fitur Galaxy...

Tech Industry

Unbox.id – Chipset Snapdragon 8 Gen 4 diperkirakan akan diluncurkan tahun ini di acara tahunan Qualcomm yakni Snapdragon Summit 2024. Snapdragon 8 Gen 4...

Apple

Unbox.id – Baik iPad Air maupun iPad Pro akan menghadirkan peningkatan pada spesifikasi hardware dan peningkatan lainnya. Mengutip laporan Gurman via The Verge, selain...

Tech Industry

Unbox.id – Samsung akan segera meluncurkan jajaran ponsel layar lipat barunya, Galaxy Z Fold 6 dan Z Flip 6, dalam beberapa bulan mendatang. Baru-baru...