Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Instagram Resmi Luncurkan Fitur Subscriptions

Instagram Resmi Luncurkan Fitur Subscriptions (sumber: 9to5mac.com)
Instagram Resmi Luncurkan Fitur Subscriptions (sumber: 9to5mac.com)

Last updated on 18 Juli, 2022

Jakarta, Unbox.id – Dalam upaya untuk bersaing dengan layanan berlangganan seperti Patreon, Instagram kini meluncurkan fitur langganan secara global ini guna membantu para konten kreator untuk mendapatkan penghasilan melalui konten yang mereka buat. Fitur ini akan memungkinkan para konten kreator untuk mendapatkan dukungan dari audiens mereka, bermitra dengan brand, dan juga mendapatkan penghasilan dari iklan atau bonus langsung dari Instagram dan Facebook.

Sebelumnya, Instagram dikabarkan masih dalam tahap mengembangkan layanan berlangganan untuk platform media sosial mereka. Fitur layanan berlangganan yang dinamai dengan Instagram Subscriptions ini semakin serius digarap oleh anak perusahaan Meta tersebut.

Kini, berselang beberapa bulan setelah uji coba fitur baru tersebut, Adam Mosseri selaku CEO Instagram akhirnya secara resmi meluncurkan fitur ini untuk para pengguna umum. Ia mengumumkan bahwa terdapat empat fitur baru yang dapat dinikmati oleh pengguna layanan berlangganan berbayar Instagram ini.

Baca juga: Instagram Luncurkan Fitur Creator Marketplace

Instagram Resmi Luncurkan Fitur Subscriptions (sumber: techcrunch.com.com)

Instagram Resmi Luncurkan Fitur Subscriptions (sumber: techcrunch.com.com)

Menurut informasi dari Engadget, keempat fitur tersebut yakni adalah Subscriber Chats, ‘Subscriber Reels, Subscriber Posts, dan Subscriber Home. Keempat fitur tersebut diklaim dapat memudahkan para konten kreator di Instagram untuk menghadirkan konten dan berinteraksi dengan para pengikut dengan layanan berlangganan mereka.

Fitur Subscriber Reels dan Subscriber Posts ini nantinya akan memungkinkan para konten kreator untuk memonetisasi konten yang mereka unggah di platform tersebut. Tentunya, konten yang diunggah para konten kreator ini hanya dapat dinikmati secara eksklusif oleh para pengguna layanan berbayar saja.

Mosseri juga menambahkan bahwa dukungan monetisasi pada fitur Subscriber Reels dan Subscriber Post ini merupakan fitur yang paling banyak diminta oleh para konten kreator di Instagram.

Nantinya, kedua fitur ini juga akan diberi tanda khusus yakni dengan label bertuliskan Exclusive bewarna ungu yang disertai ikon berbentuk mahkota.

Kemudian, fitur Subcriber Chats memungkinkan para konten kreator untuk berinteraksi dengan 30 subscribers mereka dalam sekali waktu melalui DM atau Direct Message. Tentu kehadiran fitur ini nantinya diprediksi akan membuat pengguna menghabiskan lebih banyak waktu di Instagram.

Selain itu, layanan berlangganan ini juga menghadirkan fitur Subscriber Home yang memungkinkan para pengguna berbayar dapat melihat keseluruhan konten yang diunggah oleh para kreator dengan ikon mahkota ungu.

Sebelumnya, Instagram mulai menguji langganan ini pada bulan Januari lalu dengan menghadirkan Instagram Stories dan Live streaming berbayar. Pelanggan juga mendapatkan lencana ungu yang akan muncul di sebelah nama pengguna mereka, di komentar dan di DM.

Saat ini, fitur berlangganan ini hanya tersedia untuk para konten kreator terpilih di Amerika Serikat, namun pihak Instagram berencana untuk menghadirkan lebih banyak pembuat konten selama beberapa bulan ke depan.

Baca juga: Facebook dan Instagram di Eropa Tidak Dapat Beroperasi

Sekedar informasi, jika ingin mencoba untuk menggunakan layanan berlangganan ini, Anda dapat mencoba berlangganan ke salah satu konten kreator favorit Anda mulai dari 14 ribu hingga 1,4 juta per bulannya.

Selain itu, pihak Meta Instagram tidak akan memungut biaya apa pun dari kreator setidaknya hingga akhir tahun 2023.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: techcrunch.com, 9to5mac.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Browser ponsel Android seringkali menyimpan file yang tidak diperlukan. Saat menjelajahi situs web, browser mengambil banyak data dari situs web yang dikunjungi....

Tech Industry

Unbox.id – Pasar smartphone Android belakangan ini mengalami lonjakan setelah sempat mengalami penurunan penjualan sebelumnya. Peningkatan ini bahkan bisa melebihi penjualan iPhone. Menurut studi...

Software

Last updated on 31 Maret, 2024 Unbox.id – Belum lama ini, Apple mengumumkan pembaruan menarik untuk pengguna iPhone lawas, khususnya pemilik iPhone 12. Pasalnya,...

Social Media

Unbox.id – Media sosial kini tidak hanya sekedar platform untuk berinteraksi tetapi juga menjadi alat penting bagi masyarakat dan pelaku industri untuk melakukan pemasaran...