Connect with us

Hi, what are you looking for?

Social Media

Ini Tips Cara Membuat Password Yang Susah Dibobol!

Cara Membuat Password_1a
Cara Membuat Password. (Sumber: Liputan6.com)

Unbox.id – Di dunia digital saat ini, kata sandi atau password sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat, terutama di smartphone dan laptop. Kata sandi tidak hanya digunakan untuk mengakses media sosial atau email. Beberapa pengguna juga menggunakan kata sandi untuk mengunci data atau file penting. Memang beberapa data penting yang terkadang diamankan di media internet juga dilindungi oleh password. Selanjutnya, apakah Anda yakin kata sandi Anda cukup kuat? Jika Anda masih ragu dengan keamanan kata sandi, Anda dapat mengikuti tips berikut untuk membuat kata sandi yang kuat. Orang secara naluri membuat password berdasarkan apa yang dekat dengannya, seperti tanggal lahir, tanggal menikah, nama pasangan, nama anak, dan sebagainya. Membuat kata sandi dengan data ini mudah, tetapi tingkat keamanannya sangat rendah dan kata sandinya mudah diretas oleh peretas.

Kombinasikan Huruf, Angka dan Karakter

Make Password_2b

Tips Cara Membuat Password. (Sumber: The Keyword)

Salah satu hal yang sering digunakan dalam pembuatan password adalah menggunakan huruf atau angka saja. Hal ini tentu saja membuat password mudah ditebak. Untuk ini, Anda harus mencoba menggunakan kombinasi huruf, angka, dan karakter khusus.

Ini akan sangat membantu untuk menghindari peretas. Diketahui bahwa peretas menggunakan “serangan kamus” atau menggunakan kata-kata dalam bahasa Andas untuk membuka kata sandi.

Ingatlah bahwa huruf hanya terdiri dari 26 karakter, sedangkan keyboard memiliki 95 huruf dan simbol yang dapat digunakan untuk membuat kombinasi kata sandi yang kuat atau sulit.

Kombinasi Huruf Kecil dan Huruf Besar

Bagi anda yang sudah lama menggunakan komputer tentunya sudah sangat familiar dengan penggunaan karakter huruf besar dan huruf kecil. Nah, untuk membuat password yang kuat dan sulit ditebak, Anda bisa menggunakan kombinasi huruf kecil dan huruf besar.

Dengan kombinasi ini, bajak laut akan sangat sulit ditebak. Yang paling penting adalah Anda tidak menggunakan kombinasi dalam kata-kata global atau yang sering digunakan.

Lebih Panjang, Lebih Kuat

Kata sandi yang kuat dapat berasal dari kata sandi yang panjang. Bahkan ada pendapat bahwa semakin panjang kata sandinya, semakin aman dan sulit ditebak. Hal yang perlu diperhatikan adalah membuat password minimal 8 karakter dengan kombinasi khusus. Ini ideal jika Anda terbiasa dengan kata sandi yang menggunakan 10-16 karakter.

Hindari Penggunaan Bahasa Asing yang Mudah Ditebak

Make Password_3c

Tips Cara Membuat Password. (Sumber: CNET)

Bagi Anda yang tinggal di Indonesia, pastikan untuk mempertimbangkan penggunaan kata sandi dari bahasa asing seperti bahasa Inggris agar tidak mudah ditebak oleh teman dekat Anda.

Namun, ini ternyata salah. Sebagian besar peretas berasumsi bahwa kata sandi yang digunakan oleh sebagian besar pengguna Internet adalah kata-kata bahasa Inggris. Jadi sekali lagi, hindari menggunakan kata-kata asing.

Meskipun ingin menggunakan bahasa Inggris, Anda tetap harus menggabungkan angka dan karakter khusus agar sulit ditebak.

Baca juga: Cocok Buat Mining, Ini Deretan Game Aplikasi Mining Crypto

Jangan Gunakan Nama dan Tanggal Lahir

Hal lain yang biasa digunakan dalam kata sandi adalah seringnya menggunakan nama dan tanggal lahir. Tentu saja, ini membuat kata sandi mudah ditebak. Memang, peretas atau orang lain dapat menemukan data tanggal lahir Anda di jejaring sosial.

Sebagai gantinya, untuk membuat kata sandi yang kuat, gunakan sesuatu yang Anda sukai tetapi tidak terlalu terbuka dan jangan dibagikan di media sosial. Karena hacker sering menggunakan informasi jejaring sosial sebagai bahan uji coba untuk membuka password orang lain.

Tentunya dengan memilih serta menggunakan password yang sulit untuk ditebak, hal ini pastinya bisa membuat data keamanan penggunanya juga menjadi lebih aman dari berbagai pihak yang tidak bertanggung jawab.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga