Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Ini Rumus Bayar Pajak Smartphone Baru Dari Luar Negeri

Pajak smartphone_1
Ketahui cara yang bisa diikuti oleh para penggunanya untuk bisa membayar pajak smartphone baru dari luar negeri di Indonesia. (Sumber: Liputan6.com)

Unbox.id – Perkembangan dunia teknologi digital memang semakin mumpuni dan juga beragam pilihan produknya yang bisa diboyong oleh penggunanya. Lebih lanjut, perlu diketahui jika perkembangam teknologi digital di beberapa negara memang tergolong lebih maju jika dilihat perbandingannya dari dalam negeri sendiri. Dengan adanya hal tersebut, tentunya para penggunanya juga terkadang memiliki opsi untuk membeli produk-produk gadget dari luar negeri yang mungkin lebih terjangkau ataupun belum dirilis secara resmi di Indonesia. Namun dengan adanya hal itu, ternyata ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh penggunanya apabila memboyong smartphone dari luar negeri ke Indonesia. Lantas, apa saja yang perlu diketahui? Berikut informasinya.

Mendaftarkan IMEI Terlebih Dahulu

IMEI smartphone_1

Sebelum membayar pajak produk smartphone baru yang berasal dari luar negeri, pengguna harus mendaparkan nomor IMEI terlebih dahulu. (Sumber: DroidLime)

Sebelum membayar pajak pada smartphone yang telah diboyong dari luar negeri ke dalam negeri, para penggunanya perlu mengetahui salah satu hal yang cukup penting untuk bisa dibawa dengan cukup aman. Salah satu hal utama yang bisa diketahui terlebih dahulu bagi para penggunanya adalah dengan mendaftarkan IMEI terlebih dahulu pada produk smartphonenya itu.

Ya, IMEI merupakan salah satu hal yang penting untuk sebagai identitas utama dari produk gadgetnya tersebut. Perlu diketahui bahwa apabila perangkat IMEI belum terdaftar di Indonesia, maka bisa dikatakan bahwa produk gadgetnya tersebut tidak dapat digunakan di dalam area Indonesia. Selain itu, berbagai sistem jaringan komunikasi di Indonesia juga tidak dapat berfungsi lewat perangkat yang belum terdaftar tersebut.

Maka dari itu, para penggunanya bisa mendaftarkan IMEI lewat website Bea Cukai ataupun di dalam aplikasi mobile Bea Cukai untuk mendapatkan QR Code. Nantinya QR Code tersebut akan diberikan bagi para penggunanya yang akan di scan lebih lanjut oleh petugas bea cukai di terminal kedatangannya.

Untuk mendapatkan QR Code ini beserta pendaftaran dari IMEI pada perangkat smartphonenya ini, para penggunanya tidak dipungut biaya apapun alias gratis untuk proses pendaftarannya. Hal ini memang diberikan sebagai langkah awal untuk pendaftaran produk gadgetnya tersebut yang akan dibawa ke dalam area dalam negerinya.

Perlu diketahui bahwa untuk pendaftaran dari IMEI ini juga berlaku saat berada di luar bandara. Pendaftarannya berlaku maksimal 60 hari sejak kedatangan dengan membawa paspor, boarding pass atau tiket, dan juga perangkat smartphone yang akan didaftarkannya tersebut. Namun apabila dilakukan di luar bandara, proses ini membutuhkan biaya pungutan dihitung dari total nilai barang tanpa pengurangan 500 USD.

Baca juga: Hati-Hati, Ini 3 Penyebab Smartphone Bisa Meladak

Rumus Menghitung Pajak Smartphone Baru Dari Luar Negeri

Apabila para penggunanya sudah mendaftarkan IMEI tersebut, maka hal lainnya yang bisa dilakukan selanjutnya adalah membayar pajak smartphone barunya itu. Untuk hal ini, terdapat beberapa rumus perhitungan pajak gadget terbarunya tersebut yang perlu diketahui di mana perlu diikuti lebih lanjut oleh penggunanya agar dapat menggunakan perangkatnya di Indonesia.

Untuk rumusnya itu, beberapa rumusnya tersebut yang bisa diketahui adalah sebagai berikut ini yang bisa diketahui para penggunanya.

  • Nilai Pabean (NP): Nilai barang- 500 USD
  • Bea Masuk (BM): Nilai pabean x 10 persen
  • Nilai Impor (NI): NP+BM
  • PPN: Nilai impor x 10 persen
  • PPh: Nilai impor x 10 persen (jika pengguna memiliki NPWP)
  • Pph: Nilai impor x 20 persen (jika pengguna tidak memiliki NPWP)

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Xiaomi telah mengumumkan penawaran baru untuk smartphone terbarunya, yaitu Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Lite 5G. Dengan penawaran baru ini, Xiaomi telah...

Realme

Jakarta, Unbox.id – Baru-baru ini, pengguna media sosial heboh dengan kemunculan ponsel baru dengan latar merah dan logo brand “Coca-cola”. Menurut berbagai sumber, ponsel...

Tech Industry

Unbox.id – Smartphone adalah salah satu produk elektronik yang nilainya menurun. Penyusutan diartikan secara sederhana sebagai penyusutan produk seperti yang digunakan. Akibat depresiasi, harga...

Tech Industry

Unbox.id – Seorang netizen Indonesia dinobatkan sebagai netizen yang paling banyak menghabiskan waktu untuk bermain game mobile di tahun 2022. Menurut laporan State of...