Connect with us

Hi, what are you looking for?

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Ini Dia Teknologi QD-OLED Serta Keunggulannya

QD-OLED_1
Ketahui tentang spesifikasi layar QD-OLED yang tengah berkembang secara langsung bagi para penggunanya secara global. (Sumber: CNET)

Unbox.id – Layar QD-OLED mungkin memanglah layak untuk para gamer yang harus memiliki semuanya, Jika Anda pengguna biasa, seseorang dengan anggaran terbatas, atau profesional, QD-OLED tidak akan menjadi pilihan yang tepat bagi Anda sampai banyak model memasuki pasar dan harga keseluruhan turun.

QD-OLED merupakan teknik penggabungan yang pertama kali diperlihatkan pada QLED Panel LCD dengan teknologi OLED self-emmisive, meningkatkan warna yang lebih baik dan gambar yang lebih cerah tentunya. Namun, harga untuk monitor QD-OLED pada saat penulisan melebihi $ 1000, jadi tentu ini menjadi sebuah pertimbangan untuk membelinya.

Ketahui Lebih Lanjut Tentang QD-OLED

QD-OLED adalah monitor komputer yang menggunakan panel QD-OLED. “QD” dalam QD-OLED adalah singkatan dari “Quantum Dots” dan “OLED” merupakan singkatan dari “Organic Light Emitting Diode”. QD-OLED ini adalah evolusi teknologi layar OLED yang bersaing dengan LED-LCD standar.

QD-OLED pertama kali masuk ke televisi pada tahun 2022 seperti Samsung S95B, tetapi produsen monitor memiliki keterlambatan dalam mengadopsi teknologi. Resiko seperti Burn-in atau retensi gambar permanen, biaya, dan ukuran sebagian besar panel OLED sepertinya tidak cukup membantu.

Sejauh ini, Alienware adalah satu-satunya merek yang telah merilis QD-OLED ke pasar. Yang pertama adalah G-Sync Ultimate AW3423DW yang telah dijual sekitar $ 1.300. G-Sync Ultimate berpasangan dengan baik dengan kartu grafis seperti NVIDIA, memungkinkan hingga 175Hz dengan kecepatan refresh variabel (VRR) dan tentu menjamin tingkat kecerahan puncak 1000 nits pada HDR.

Baca juga: 4 Rekomendasi Smart TV Terbaik, Mulai 2 Jutaan

Bagaimana QD-OLED Hadir Jadi Yang Terbaik?

QD-OLED_2

Layar QD-OLED memang memiliki beberapa keunggulan yang membuat produk layarnya ini jadi yang terbaik untuk digunakan. (Sumber: SamMobile)

Berdasarkan apa yang telah diketahui, teknologi layar saat ini membatasi Anda pada dua pilihan: apakah Anda meiliki TV terang yang tidak memberikan kontras dengan baik, atau Anda memiliki layar yang memberikan warna hitam dan cerah yang sesungguhnya, tetapi Anda bisa melihatnya di bawah cahaya terang.

Di sinilah QD-OLED hadir, dengan menambahkan lapisan quantum-dot ke sumber OLED biru, maka hasilnya akan mengurangi kehilangan energi, sehingga menghasilkan output yang lebih cerah dibandingkan teknologi OLED pada umumnya.

Kesimpulan-Nya, QD-OLED memperbaikinya dengan menggunakan warna biru sebagai warna dasar OLED, yang kemudian menggunakan lapisan quantum-dot untuk setiap subpiksel sehingga menghasilkan warna merah dan hijau. Karena biru memiliki Panjang gelombang yang pedek di antara warna-warna primer lain-Nya, lapisan QD meningkatkan-Nya dengan menyerap beberapa energi untuk menerjemahkan biru menjadi merah atau hijau.

QD-OLED terbukti memberikan warna yang jauh lebih baik sehingga pengalaman menonton menjadi lebih immersive.

Pada waktunya, lebih banyak model akan memasuki pasar, yang seharusnya tentu akan memaksa harga turun. Jika Anda sudah lama tidak meningkatkan monitor, lompatan ke 4K mungkin sudah sangat cukup untuk membuat Anda terkesan terlepas dari apakah Anda menggunakan LCD atau QD-OLED.

 

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Beberapa smart TV LG memiliki kerentanan serius, sehingga memungkinkan peretas mengambil kendali penuh atas TV, mencuri data korban, dan memasang malware. Masalah...

LG

Unbox.id – LG Electronics Indonesia merilis jajaran TV OLED LG level tertinggi yakni evo G3. Layarnya menawarkan kecerahan dan kejelasan yang lebih tinggi serta...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Selain menggunakan gadget seperti handphone, laptop atau tablet, kini menonton youtube atau streaming film bisa dilakukan langsung melalui TV, asalkan memiliki smart...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Tren TV beresolusi 8K sedang menjadi pilihan banyak orang saat ini. Samsung adalah merek pertama yang menawarkan TV dengan teknologi 8K. Kehadiran...