Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Ini Dia Teknologi Charging Serupa Apple MagSafe Untuk Android

Magsafe_1_1
Ketahui apa itu produk MagSafe yang mampu menarik perhatian penggunanya dengan kecanggihan spek sistemnya. (Sumber: Lifewire)

Last updated on 21 Juni, 2024

Unbox.id – Wireless Power Consumption atau yang bias akita singkat WPC (Konsorsium) untuk perangkat pengisi daya nirkabel, mengumumkan standar pengisian daya nirkabel baru yakni Qi2. Standar ini diumumkan dalam pameran teknologi tahunan Consumer Electronics Show (CES) 2023. Standar ini sekaligus akan menggantikan standar Qi yang sudah ada dari sebelum-sebelumnya.

Standar Baru Dengan Spek Teknologi Terbaru

Standar baru tersebut akan membawa teknologi dan mekanisme wireless charging seperti layakanya MagSafe milik Apple ke perangkat Android. Tentunya, MagSafe sendiri dijadikan dasar dalam pembuatan standar Qi2.

baca artikel menarik lainnya tentang : adaptor mfi terbaik

“Qi2 akan menjadi standar global untuk pengisian nirkabel dan memberikan jaminan kepada konsumen serta pelaku retail,” ungkap langsung dari WPC saat mengumumkan standar Qi2.

WPC sendiri merupakan konsorsium yang terdiri dari 350 perusahaan teknologi dunia. Konsorsium ini bertujuan untuk mengembangkan standar pengisian daya nirkabel dan sumber daya nirkabel di seluruh dunia. Tentunya dan bukan lain lagi, perusahaan yang tergabung dalam WPC yaitu Samsung, Huawei, Google, dan perusahaan teknologi kenamaan lain-Nya, termasuk Apple.

Menurut WPC, standar Qi2 akan datang dengan dukungan Magnetic Power Profile. Dukungan ini tentu menawarkan kompatibilitas yang lebih baik ketika perangkat dipasangkan ke charger nirkabel. Konsorsium itu hanya menyebutkan bahwa pengisian daya melalui standar Qi2 bisa mencapai kecepatan hingga 15 watt.

Apple MagSafe menawarkan output hingga 15 watt setelah mempertimbangkan aspek kecepatan dan Kesehatan baterai. Maka, standar Qi2 tentu pada dasarnya mampu menawarkan output yang sama karena mengacu pada teknologi MagSafe milik Apple tersebut.

“Qi2 pada dasarnya bisa mencapai 15 watt. Setelah spesifikasi dasarnya selesai, WPC akan membuat spesifikasi dengan watt yang lebih tinggi untuk Qi2,” kata perwakilan WPC dikutip dari XDA Developers.

Baca juga: Charger Iphone yang Sudah MFI

Ketahui Apa Itu MagSafe

MagSafe_1_2

MagSafe merupakan sebuah alat aksesoris smartphone yang canggih dan cukup digandrungi penggunananya di waktu keseharian aktivitas para penggunanya tersebut. (Sumber: Telset.id)

Kesimpulan-Nya, MagSafe adalah teknologi magnetic dari Apple yang ditujukan untuk mendukung ekosistem aksesori charger nirkabel.

Pada mulanya, MagSafe dipasang Apple sebagai fitur keamanan kabel pengisian daya MacBook saja. Namun kemudian teknologi ini juga diterapkan untuk mendukung pengisian daya nirkabel iPhone 12.

Salah satu keunggulan dari MagSafe yaitu daya tarik magnet yang kuat guna menjaga aksesori atau charger nirkabel tetap sejajar dengan bagian belakang perangkat seperti smartphone, smartwatch, dan lain-lain. Hingga saat ini MagSafe adalah standar milik Apple. Ketika produsen aksesori menggunakan standar tersebut, mereka harus membayar biaya tertentu.

baca artikel menarik lainnya tentang : kekurangan magsafe charger

Meski kini Apple bekerja sama dengan WPC untuk mengembangkan standar Qi2, Apple masih bisa membatasi beberapa fitur untuk aksesori bersertifikasi MagSafe yang akan hadir nanti pada akhir tahun ini.

Demikian, berbagai perangkat sepeti smartphone dengan berbagai macam aneka merek termasuk Android nantinya akan dapat mendukung aksesori bersertifikasi MagSafe tersebut.

 

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apple

Unbox.id – Seri iPhone 16 disebut-sebut akan meluncur pada acara peluncuran pada September 2024. Meski masih 2 bulan lagi, bocoran informasi mengenai seri iPhone...

Tech Industry

Last updated on 5 Juli, 2024 Unbox.id – Apple saat ini mengklasifikasikan tiga produknya sebagai produk lama, yakni klasik. Perusahaan telah memperbarui daftar produk...

Apple

Last updated on 1 Juli, 2024 Unbox.id – Apple meluncurkan dua produk iPad baru pada Mei 2024, yaitu iPad Pro 2024 dan iPad Air...

Tech Industry

Unbox.id – Apple dikabarkan akan mengganti 50% pekerja perakitan iPhone dengan sistem otomasi atau dikenal dengan tenaga robot. Informasi ini berdasarkan laporan dari The...