Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hardware

Ini Dampak Buruk Bermain Smartphone Sebelum Tidur

Smartphone
ilustrasi bermain gadget sebelum tidur | foto: berbagai sumber

Jakarta, Unbox.id – Penggunaan smartphone untuk sebagian orang saat ini telah mencapai taraf kebutuhan pokok. Bahkan, banyak di antaranya memiliki ketergantungan terhadap perangkat elektronik genggam yang satu ini. Di mana mereka harus terus bersama ponselnya dari bangun tidur hingga tidur lagi.

Kebiasaan bermain ponsel sebelum tidur sudah menjadi kebiasaan yang lumrah di tengah masyarakat. Namun, tahukah anda bahwa kebiasaan tersebut dapat menimbulkan dampak buruk yang mungkin saja menyerang kesehatan anda. Apakah itu? Simak informasi lengkapnya, dampak negatif kebiasaan tidur dengan smartphone.

Baca juga: Tecno Pova Neo 2 Hadirkan Gadget Dengan Baterai 7.000 mAH

Dalam sebuah studi yang bertajuk “Association Between Portable Screen-Based Media Device Access or Use and Sleep Outcomes,” terungkap dampak buruknya. Yakni mereka yang tidur berdampingan dengan smartphone akan berdampak pada kesehatan serta pola tidurnya. Studi tersebut telah terpublikasi dalam situs JAMA Network beberapa waktu lalu.

Dampak Smartphone Pada Remaja: Kualitas Tidur Semakin Jelek, Kinerja Pun Semakin Buruk

Gangguan tidur karena ponsel lebih sering terjadi pada remaja | foto: berbagai sumber

Dalam studi tersebut, mereka mengungkapkan bahwa orang yang menyading ponsel saat tidur cenderung mengalami tidur yang kurang optimal. Dengan kata lain, ia hanya akan mendapatkan tidur yang baik untuk beberapa saat saja. Jika hal ini hanya sesekali, tentunya tidak jadi masalah.

Namun, jika tidur bersebelahan dengan smartphone ini telah menjadi kebiasaan, hal ini tentu akan memberikan dampak serius. Salah satu gejala gangguan itu adalah seseorang akan merasakan mudah mengantuk pada siangnya. Sebab, kinerja otak kanan yang mereka miliki semakin menurun seiring kebiasaan tersebut mereka jalani.

Gangguan ini tidak mempedulikan usia pengidapnya. Baik itu dari kalangan orang dewasa, remaja, hingga anak-anak. Dampak ini utamanya lebih sering terjadi pada anak-anak remaja yang lebih aktif dalam penggunaan gadget mereka. Memang, di zaman sekarang ini remaja hampir semuanya memiliki ketergantungan terhadap gadget smartphone ini.

Baca juga: Pantau Kesehatan Jantung Sejak Dini Dengan Fitur Huawei ECG

Dengan kualitas tidur yang semakin buruk, kinerja otak akan semakin menurun. Jika hal itu terjadi secara terus menerus, tentunya itu akan berdampak pada masa depan mereka. Yakni munculnya depresi karena gangguan tidur, kesulitan mengendalikan emosi, cepat lelah dalam menjalani aktivitas, dan lain sebagainya.

Hal yang paling jelas terlihat di kalangan anak remaja ini adalah prestasinya dalam dunia pendidikan. Survei membuktikan bahwa di banyak sekolah, meski pembelajarannya juga melibatkan internet, nyatanya anak yang memiliki smartphone lebih canggih justru tidak memiliki prestasi yang menonjol.

Untuk itu, sangat penting untuk diperhatikan tentang menjaga kualitas tidur yang baik. Biasakan untuk mempersiapkan tidur dengan minum air putih, hindari bermain gadget sambil berbaring. Demikian pembahasan ini, semoga bermanfaat.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Spesifikasi & Harga

Jakarta, Unbox.id — Brand ponsel pintar Poco baru-baru ini mengonfirmasi akan meluncurkan Poco X6 Neo pada 13 Maret di pasar India. Ponsel cerdas yang...

Huawei

Jakarta, Unbox.id — Huawei akan memperluas seri Nova 12 dengan memperkenalkan model baru, Huawei Nova 12i. Seri yang pertama kali meluncur di China tahun...

Vivo

Jakarta, Unbox.id — Ponsel cerdas Vivo baru, dengan nomor model V2324HA, baru-baru ini muncul di database Sertifikasi Radio Tiongkok dan platform benchmarking Geekbench. Ada...

Motorola

Jakarta, Unbox.id — Motorola kali ini tengah mempersiapkan meluncurkan ponsel baru di pasar bernama Moto Edge 50 Pro. Perangkat yang sama ini akan debut...