Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Ingin Edit Audio Atau Membuat Musik? Gunakan Software Populer Ini

(sumber: justcreative.com)
(sumber: justcreative.com)

Last updated on 14 Maret, 2022

Jakarta, Unbox.id – Untuk dapat menghasilkan kualitas audio yang baik, tentu Anda membutuhkan software editing yang memiliki segudang fitur untuk memperbaiki dan membuat kualitas audio Anda menjadi lebih baik.

Software editing ini memiliki beragam fungsi diantaranya seperti mengedit audio berbagai macam format, memberi efek, mengatur equalizer, menghilangkan noise, dan masih banyak lagi.

Saat ini banyak sekali software editing audio baik yang gratis maupun berbayar. Biasanya software yang berbayar memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan yang gratis. Namun tentu Anda tetap dapat memaksimalkan dengan software yang gratis.

Baca juga: Rekomendasi Laptop Terbaik Untuk Desain Grafis 2021

Semua kembali dengan kebutuhan Anda karena pada dasarnya mereka memiliki fungsi yang hampir sama dan tentunya setiap software memiliki kelebihan dan kekurangan dari masing-masing.

Nah berikut adalah rekomendasi software editing audio yang dapat menjadi pilihan Anda, baik untuk professional maupun hanya sekedar hobi saja.

Adobe Audition

Adobe Audition (sumber: dianisa.com)

Adobe Audition (sumber: dianisa.com)

Adobe Audition merupakan salah satu software editing audio terbaik yang banyak digunakan oleh profesional. Software ini hadir dengan berbagai fitur yang lengkap dan mudah untuk digunakan, bahkan untuk pemula sekalipun.

Audition dilengkapi dengan fitur seperti multi-track editing dan mixing yang tentu akan membuat hasil audio Anda menjadi lebih bagus dan terdengar profesional.

Tersedia juga plug-in bawaan Adobe dan VST3 yang dapat Anda download gratis di internet. Software ini memiliki antarmuka yang baik, Selain itu, software ini mendukung sebagian besar format audio seperti MP3, WAV, AC-3, AIF, AIFF, AIFC, AAC, HE-AAC, CAF, FLAC, PCM, OGG, WMA dan masih banyak lagi.

Adobe Audition bisa Anda coba versi gratisnya atau berlangganan dengan biaya sekitar 500 ribuan per bulan.

Audacity

Audacity (sumber: audacityteam.org)

Audacity (sumber: audacityteam.org)

Audacity ini merupakan software editing audio gratis yang layak untuk Anda coba. Software ini memiliki hampir semua fitur dasar yang dapat Anda gunakan untuk editing audio.

Terdapat fitur equalizer, distorsi, menghapus noise dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya. Audacity juga sudah mendukung hampir semua format file audio seperti MP3, WAV, AIFF, PCM, OGG Vorbis, FLAC, AC3, AMR, dan WMA.

Software ini merupakan salah satu software gratis populer yang sering direkomendasikan untuk Anda yang baru memulai di dunia editing audio.

Walaupun tampilan interface nya masih terkesan jadul, namun Audacity ini masih dapat Anda andalkan untuk editing audio yang simpel seperti podcast, cover lagu, dan berbagai macam dialog.

Audacity ini tersedia untuk sistem operasi seperti Windows, Mac, dan Linux.

Cubase

Cubase (sumber: forum.steinberg.net)

Cubase (sumber: forum.steinberg.net)

Cubase, merupakan software DAW (Digital Audio Workstation) besutan Steinberg. Selain dapat digunakan untuk editing audio, software ini juga memungkinkan Anda untuk membuat musik dan scoring film. Banyak musisi dan produser yang mengandalkan software ini untuk membuat karya musik. Salah satu yang spesial dari Cubase adalah adanya equalizer frekuensi yang memungkinkanmu melakukan pengeditan frekuensi yang sangat halus ke trekmu.

Cubase memiliki segudang fitur canggih untuk editing audio dan membuat musik. Selain itu, software ini juga memiliki tampilan interface yang mudah untuk dimengerti, khususnya bagi para pemula.

Software Cubase menawarkan uji coba gratis sehingga Anda bisa mencobanya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membelinya. Untuk harganya, software ini memiliki biaya sekitar 1,6 jutaan.

FL Studio

FL Studio (sumber: musicradar.com)

FL Studio (sumber: musicradar.com)

Software FL Studio ini popularitasnya sudah tak bisa diragukan lagi. Hal itu berkat banyak musisi EDM salah satunya Martin Garrix yang mengandalkan software ini untuk membuat lagu hit.

FL Studio tentu merupakan salah satu software terbaik yang direkomendasikan untuk editing audio dan memproduksi musik elektronik. Sama seperti DAW yang disebutkan diatas, software ini juga menyediakan fitur yang lengkap dan tersedia banyak plug-in dan instrument bawaan yang siap untuk digunakan.

Bagi Anda yang ingin melakukan editing audio sebenarnya software ini sangat mampu, namun sebenarnya software ini lebih direkomendasikan untuk para musisi dan produser untuk membuat komposisi musik. FL Studio ini memiliki 4 edisi yakni Fruity, Producer, Signature, dan All Plugins Edition yang semuanya berbayar mulai dari 1,5 jutaan untuk versi yang paling rendah, dan 7 jutaan untuk versi yang paling tinggi dan yang paling lengkap.

FL Studio ini juga mendukung sejumlah format file seperti AIFF, DS, DS, DWP, FLAC, MID, MP3, OGG, SF2, Pidato, SYN, XI, dan WAV.

Software FL Studio ini tersedia untuk sistem operasi seperti Windows dan Mac.

Presonus Studio One

Studio One (sumber: blog.presonus.com)

Studio One (sumber: blog.presonus.com)

Presonus Studio One merupakan software DAW yang saat ini sedang populer dan banyak digunakan oleh para musisi dan produser. Software ini sangat komplit seperti Cubase, namun bagi Anda yang masih pemula, sepertinya software ini tidak cocok mengingat pengoperasiannya sedikit lebih rumit jika dibandingkan dengan Cubase.

Studio One juga memiliki segudang fitur dapat Anda gunakan untuk membuat musik, editing audio, dan yang lainnya. Jika Anda tertarik, Anda bisa mencoba versi gratisnya yakni Studio One Prime.

Baca juga: Clips : Aplikasi Editing Video Terbaru Khusus iOS

Walaupun pada versi gratis tak memiliki fitur selengkap vesi berbayar, namun software ini sangat layak untuk Anda coba. Untuk versi berbayarnya ada dua jenis yakni Studio One Artist dan Studio One.

Software Presonus Studio One ini tersedia untuk sistem operasi seperti Windows dan Mac.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: justcreative.com, blog.presonus.com, musicradar.com, forum.steinberg.net, audacityteam.org, dianisa.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Microsoft sepertinya sudah mulai memasang iklan di sistem operasi (OS) miliknya, khususnya Windows 11. Hal ini diketahui dari bocoran build Windows 11...

Software

Unbox.id – Serangan siber telah menjadi hal lumrah di dunia digital ini. Sekitar 4000 serangan baru telah diterima setiap harinya. Untuk melindungi file dan...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id — WhatsApp merilis fitur ‘Status’ pada awal tahun 2017, dan mirip dengan Snapchat atau Instagram Stories. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berbagi...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Google baru saja mengumumkan inovasi terbaru yang cukup besar. Perusahaan mesin pencari tersebut berencana akan meluncurkan fitur kecerdasan buatan untuk software...