Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

HP Jadul Ngetren Lagi Karena TikTokers Ini

HP Jadul Tiktokers_1
Tren HP jadul pada saat ini sedang trending akibat dari konten TikTok. (Sumber: Teknomarco)

Unbox.id – Perangkat lawas yang meninggalkan nuansa klasik atau vintage kembali hadir di kalangan Gen Z. Sekarang giliran pertengahan 90-an, ponsel lipat yang mereka sukai, generasi muda yang lahir dari tahun 1997 hingga 2012, Generasi Z adalah perangkat lipat ponsel yang kecil dan ringan. Di AS, ponsel lama ini masih bisa ditemukan di toko-toko seperti Walmart dan Amazon seharga $20 (Rp 302.000). Popularitas ponsel lipat lawas di kalangan Gen Z ditunjukkan oleh video unboxing perangkat tersebut di TikTok.

Efek Musisi Terkenal Camila Cabello

Camilla Cabello TIktokers_1

Musisi Camilla Cabello yang jadikan trending HP jadul kembali di kalangan pengguna gadget. (Sumber: Billboard)

Tetapi faktor utama yang membuat Gen Z menyukai ponsel lipat lama adalah tujuan untuk mengurangi kehadiran media sosial sebanyak mungkin pada tahun 2023 untuk menjaga kesejahteraan digital. Musisi Camila Cabello juga ikut tren mengambil ponsel flip lama dan mengunggahnya ke media sosial.

Cabello memilih ponsel flip TCL, lalu berpose dengan ponsel tersebut dan membagikannya melalui akun Twitter pribadinya @Camila_Cabello. “Saya tim Phone Revolution. Mungkin saya bisa menulis lagu tentang itu,” kata Cabello dalam tweetnya. Bersama Cabello, aktris Dove Cameron bergabung dengan tren kerang kuno dengan mengenakan kerang Matrix dari tahun 90-an.

Cameron bahkan telah menggunakannya sejak tahun lalu untuk mengurangi keterpaparannya pada ponsel dan media sosial, yang menurutnya berdampak buruk padanya. Menurut Cameron, media sosial mengalihkan perhatiannya. Untuk melakukan ini, dia beralih ke ponsel clamshell lama. Generasi Z mengalami hal yang sama, dengan efek yang dikaitkan dengan krisis kesehatan mental.

Sammy Palazzolo, mahasiswa baru di University of Illinois Urbana-Champaign di Amerika Serikat, juga mengikuti tren ponsel lipat. Ia menggunakan ponsel clamshell lama saat bersama teman-temannya yang juga menggunakan ponsel clamshell. Pada saat yang sama, mereka meninggalkan smartphone mereka.

Mereka berkomunikasi satu sama lain menggunakan ponsel clamshell lama. Begitu juga dengan mengabadikan aktivitas mereka siang maupun malam, meski kualitas kamera ponsel foldable lawas cukup terbatas.

Sebelum beralih ke telepon lama dengan nada sentuh, Palazzolo menyadari bahwa hari-harinya seringkali berakhir tragis hanya karena postingan di media sosial atau SMS dari seseorang.

Baca juga: Orang Indonesia Jadi Yang Terlama Di Dunia Untuk Urusan Buka HP

Fenomena Gen Z Sukai HP Jadul

Palazzolo membagikan pengalamannya menggunakan ponsel flip lama di akun TikToknya @skzzolno menggunakan tagar #BRINGBACKFLIPPHONES dan #y2kaesthetic. Video yang sudah ditonton lebih dari 14 juta kali dan mendapat 3 juta likes itu bahkan mendorong orang lain untuk membeli ponsel clamshell lawas.

“(Perangkat) ini menghilangkan semua aspek negatif universitas dan menawarkan banyak aspek positif dari telepon,” kata Palazzolo. Selain “kedamaian” yang ditawarkan ponsel jepret jadul, kamera ponsel ini juga digandrungi Gen Z, termasuk Palazzolo, dilansir dari CNN, Kamis (19 Januari 2023).

Memang, menurut Palazzolo, efek dot dan blur kamera ponsel lipat lawas menambah efek unik saat bertemu dengan teman-temannya. Fenomena Gen Z suka klasik sebenarnya sudah beberapa kali terjadi. Itu adalah tren yang menunjukkan bahwa Gen Z TikTokers ingin menampilkan konten yang difilmkan di ponsel lama, iPhone 3GS.

iPhone 3GS merupakan iPhone jadul yang dirilis oleh Apple pada tahun 2009. Ponsel ini hanya memiliki kamera 3 megapiksel. Resolusinya jauh lebih rendah dari iPhone 14 Pro Duo dan iPhone 14 dan iPhone 14 Plus, yang merupakan iPhone terbaru saat ini.

Meski beresolusi rendah, banyak influencer yang menunjukkan kemampuan kamera iPhone 3GS di media sosial seperti Instagram dan TikTok, contohnya Nicola Peltz Beckham hingga tech influencer Daniel Sin.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Social Media

Unbox.id – Polisi akhirnya menemukan pemilik akun TikTok @intan_komalasari92 yang kerap mengunggah konten video streaming (live) nenek mandi lumpur. Konten diposting untuk donasi, menggunakan...

Tech Industry

Unbox.id – Seorang netizen Indonesia dinobatkan sebagai netizen yang paling banyak menghabiskan waktu untuk bermain game mobile di tahun 2022. Menurut laporan State of...

Handphone & Tablet

Unbox.id – Privacy Screen protector merupakan hal yang sangat penting bagi pemilik handphone. Dikarenakan layar handphone yang rentan pecah, hal ini tentu sangat dibutuhkan....

Social Media

Unbox.id – Amerika Serikat (AS) memblokir keras aplikasi TikTok. Menurut laporan terbaru, bertotal 28 universitas dan perguruan tinggi negeri di negara bagian Oklahoma, Alabama,...