Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Hati-Hati, Ini 3 Penyebab Smartphone Bisa Meladak

Smartphone Explode_1
Ada beberapa hal yang membuat sebuah smartphone bisa meledak saat penggunaan kesehariannya. (Sumber: Smartprix)

Unbox.id – Perkembangan produk ponsel pintar pada saat ini memang menjadi salah satu hal yang cukup menarik untuk diketahui bagi para penggunanya. Perlu diketahui bahwa perangkat ponsel pintar yang semakin canggih ini juga memiliki sebuah daya tahan yang melingkupi produk smartphonenya itu. Alih-alih daya tahan yang tinggi dan sama seperti spesifikasinya yang canggih, Ya, dalam hal ini sebuah smartphone yang hadir jugda bisa meledak saat penggunaanya itu! Lantas, apa saja yang perlu diperhatikan oleh penggunanya agar perangkat gadgetnya tersebut tidak meledak saat penggunaan di waktu kesehariannya tersebut? Berikut tips informasinya secara lengkap bagi para penggunanya.

Bisakah Perangkat Smartphone Bisa Meladak?

Smartphone explode_2

Perangkat ponsel pintar dapat meledak sewaktu-waktu akibat adanya penggunaan yang tidak sesuai seperti biasanya. (Sumber: NBC News)

Sebagai sebuah produk smartphone yang cukup mumpuni pada saat sekarang ini, para produsen ponsel pintar pada saat ini memang menjadi pilihan tersendiri untuk bisa diboyong di waktu kesehariannya. Dalam hal ini, produk-produk ponsel pintar yang dihadirkan tersebut bisa menjadi pilihan tersendiri yang juga cocok untuk bisa digunakan di berbagai aktivitasnya tersebut.

Namun seiring dengan masifnya penggunaan produk smartphonenya itu, ada salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh para penggunanya secara seksama di dalam penggunaan ponsel pintarnya itu. Perlu diketahui bahwa sebuah smartphone sendiri bisa meledak kapanpun dan juga dimanapun di saat penggunaan produk ponsel pintarnya itu setiap harinya.

Secara tidak langsung, tanda bahwa perangkat ponsel pintarnya itu akan terindikasi bisa meledak adalah apabila tercium bau bahan kimia hingga rasa panas yang terasa lebih tinggi dibandingkan pada umumnya. Selain itu, terjadinya korsleting listrik terhadap perangkatnya itu juga dapat membuat perangkat ponsel pintarnya itu dapat meledak.

Tentunya dengan beberapa ciri khasnya tersebut, para penggunanya perlu mewaspadai terhadap penggunaan ponsel pintar yang ada di dalam aktivitas kesehariannya itu. Hal ini bisa diperhatikan agar penggunaan ponsel pintarnya itu dapat menggunakan perangkatnya dengan cermat.

Baca juga: Ketahui Cara Buka File RAR Di Smartphone Android

Faktor-Faktor Penyebab Smartphone Dapat Meledak

Lebih lanjut, ada berbagai hal yang bisa membuat perangkat produk ponsel pintarnya tersebut dapat meledak apabila sedang dalam penggunaan keseharian dari para penggunanya itu. Selain itu, terdapat pula beberapa faktor-faktor yang bisa menyebabkan perangkat smartphone bisa meledak. Faktor-faktor yang dapat menyebabkan meledaknya ponsel pintar tersebut adalah sebagai berikut ini.

Tidak Sesuai Penggunaan Chargernya

Faktor pertama yang membuat perangkat smartphone dapat meledak adalah dikarenakan tidak menggunakan perangkat charger yang sesuai dengan perangkatnya itu. Setiap produk smartphone memang memiliki daya pada chargerannya sendiri dan juga memiliki spesifikasi di dalam penggunaan baterainya itu sesuai dengan spesifikasi sistemnya.

Untuk itu, penggunaan perangkat charger yang sesuai dan juga tepat dapat meminimalisir meledaknya perangkat ponsel pintar yang ada di dalam perangkatnya itu. Karena apabila tidak menggunakan perangkat charger yang sesuai, maka hal ini bisa menyebabkan perangkat smartphonenya ini dapat meledak karena daya arusnya yang tidak sesuai.

Overheat Pada Perangkat Smartphonenya

Faktor selanjutnya yang dapat mengindikasikan perangkat ponsel pintar dapat meledak adalah dikarenakan terjadinya overheat pada perangkatnya tersebut. Overheat ataupun panas yang lebih adalah salah satu penyebab umunya perangkat smartphone dapat meledak. Dalam hal ini, para penggunanya disarankan untuk tidak menggunakan smartphone di suhu yang ekstrim agar tidak terlalu panas untuk menghindari meledaknya pada perangkatnya itu.

Penggunaan Kabel Yang Tidak Layak

Faktor lainnya yang membuat perangkat ponsel pintarnya dapat meledak adalah di mana para penggunanya menggunakan perangkat kabel yang tidak layak. Penggunaan kabel yang tidak layak ataupun kabel yang sudah rusak juga dapat membuat smartphone mudah meledak. Hal itu dikarenakkan apabila kabel yang digunakan tidak layak, maka korsleting bisa terjadi dan membuat perangkat smartphonenya bisa korslet dan buka tidak mungkin dapat meledak.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Xiaomi telah mengumumkan penawaran baru untuk smartphone terbarunya, yaitu Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Lite 5G. Dengan penawaran baru ini, Xiaomi telah...

Realme

Jakarta, Unbox.id – Baru-baru ini, pengguna media sosial heboh dengan kemunculan ponsel baru dengan latar merah dan logo brand “Coca-cola”. Menurut berbagai sumber, ponsel...

Tech Industry

Unbox.id – Smartphone adalah salah satu produk elektronik yang nilainya menurun. Penyusutan diartikan secara sederhana sebagai penyusutan produk seperti yang digunakan. Akibat depresiasi, harga...

Tech Industry

Unbox.id – Seorang netizen Indonesia dinobatkan sebagai netizen yang paling banyak menghabiskan waktu untuk bermain game mobile di tahun 2022. Menurut laporan State of...