Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Hati-Hati Agar Tidak Bagikan Data Pribadi Saat Pakai Chatbot AI Gemini

Chatbot AI Gemini_1a
Chatbot AI Gemini. (Sumber: The Trending People)

Unbox.id – Minggu lalu, Google mengumumkan perubahan nama chatbot AI-nya dari Bard menjadi Gemini. Kini Gemini tersedia untuk pengguna Android sebagai aplikasi yang dapat diunduh melalui Google Play Store. Mereka yang menggunakan iOS tetapi ingin mencoba Gemini juga dapat menggunakannya melalui browser di iPhone mereka. Chatbot Gemini AI ini cukup efektif dalam menjawab pertanyaan dan perintah yang diberikan pengguna. Namun, Google telah menyarankan pengguna untuk berhati-hati saat mengajukan pertanyaan untuk dijawab oleh Gemini. Misalnya, tidak memberikan informasi mengenai data pribadi. Pasalnya, dalam dokumen yang diunggah Google yang dikutip Phone Arena, terungkap bahwa beberapa percakapan pengguna dengan Gemini telah diverifikasi oleh manusia reviewer terlatih.

Google Memperingatkan

Chatbot AI Gemini_2b

Chatbot AI Gemini. (Sumber: Tech Network)

Namun, menurut Google, pemeriksa ini tidak melihat alamat email dan nomor telepon pengguna. Google mengatakan pemeriksaan yang dilakukan oleh pemeriksa ini dilakukan untuk meningkatkan layanan. Selain itu, obrolan dan pengingat juga dapat dihapus dari layar aktivitas aplikasi Gemini.

Pengguna juga dapat menonaktifkan aktivitas aplikasi Gemini untuk berhenti mengumpulkan obrolan. Bahkan ketika aplikasi Gemini dimatikan, obrolan Gemini disimpan hingga 72 jam.

Percakapan Disimpan Hingga 3 Tahun

Tujuannya untuk menjamin keamanan aplikasi Gemini sekaligus meningkatkan aplikasi Gemini. Karena percakapan dan pengingat disimpan oleh Google hingga tiga tahun, perusahaan juga menyarankan pengguna: “Jangan sertakan informasi identitas dalam percakapan Gemini atau data apa pun yang Anda tidak ingin ditinjau atau “Tonton, untuk meningkatkan produk, layanan, dan pembelajaran mesin, kata Google.

Pengguna Bisa Nonaktifkan Aktivitas Aplikasi Gemini

Bagi mereka yang ingin menonaktifkan aktivitas aplikasi Gemini, buka browser desktop atau seluler Anda dan buka myactivity.google.com. Di sana Anda juga dapat menghapus kueri yang dibuat untuk Bard dan Gemini dan menonaktifkannya dengan menonaktifkan aktivitas aplikasi Gemini.

Google sendiri menggunakan manusia sebagai moderator obrolan antara manusia dan Gemini, seperti yang mereka katakan.

Alasan Google Pakai Pemeriksa Manusia untuk Gemini

Chatbot AI Gemini_3c

Chatbot AI Gemini. (Sumber: PCMag)

“Google menggunakan percakapan pengguna, masukan, dan data terkait dari aplikasi Gemini untuk menyempurnakan produk Google, seperti model pembelajaran mesin generatif yang mendukung aplikasi Gemini. Dengan cara ini, kami dapat menjadikan Gemini lebih aman, berguna, dan lebih baik bagi semua pengguna , “kata tim. Google.

Google juga menambahkan bahwa peninjau manusia penting dalam proses penyempurnaan model bahasa. “Melalui kritik, ulasan, dan penulisan ulang, manusia membantu meningkatkan kualitas kemajuan dalam model pembelajaran mesin generatif seperti yang mendukung aplikasi Gemini,” kata Google.”

Baca juga: Chatbot AI Google Yang Dulu Bernama Bard, Sekarang Gemini

Tentang AI

Kecerdasan buatan (AI) merupakan salah satu cabang ilmu komputer yang berfokus pada penciptaan sistem yang dapat meniru kemampuan intelektual manusia. Tujuannya adalah memungkinkan komputer melakukan tugas yang memerlukan pemikiran manusia, seperti pengambilan keputusan, pengenalan pola, dan pemecahan masalah.

AI mencakup berbagai teknik, termasuk otomatisasi pembelajaran, pemrosesan bahasa alami, visi komputer, dan lain-lain. Dengan kemajuan teknologi, AI semakin banyak diterapkan di berbagai bidang seperti otomotif, layanan kesehatan, keuangan, dan hiburan.

Sedangkan ChatGPT adalah aplikasi yang menyebarkan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang dikembangkan oleh OpenAI. Ini adalah model bahasa yang dirancang untuk berinteraksi dengan pengguna dalam berbagai konteks percakapan.

Dibangun pada arsitektur Generative Pre-trained Transformer (GPT), ChatGPT mampu menghasilkan respons kontekstual dan relevan berdasarkan masukan pengguna. Model ini dilatih dengan sejumlah besar data teks dari berbagai sumber untuk memahami dan menghasilkan teks secara alami.

ChatGPT digunakan dalam aplikasi seperti asisten virtual, layanan pelanggan otomatis, dan platform obrolan online untuk memberikan interaksi yang lebih manusiawi dan bermanfaat dalam berbagai situasi.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Elon Musk, CEO Tesla dan pemilik platform media sosial X, kembali menjadi perbincangan setelah mengutarakan pandangannya tentang kecerdasan buatan (AI). Dalam wawancara...

Apps & Games

Unbox.id – Google Workspace mengumumkan sejumlah pembaruan fitur pada acara Google Cloud Next 2024. Seperti tema besar acara tahunan ini, kecerdasan buatan (AI) menjadi...

Apps & Games

Unbox.id – Google baru saja mengumumkan kabar baik untuk semua pengguna Android. Pengguna tablet atau ponsel Android kini dapat menggunakan fitur pengeditan foto di...

Tech Industry

Unbox.id – Google Cloud Next 2024 saat ini sedang diadakan di Las Vegas, AS. Acara ini merupakan kesempatan untuk memamerkan produk dan inovasi terbaru...