Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Handphone Pertama di Dunia Dibuat Oleh Motorola! Simak Spesifikasinya

Handphone
Martin Cooper sang penemu telepon genggam | foto : berbagai sumber

Jakarta, Unbox.id – Di zaman serba modern ini, siapa yang tidak mengenal ponsel genggam atau handphone? Terlebih, kecanggihan teknologi abad ini telah meluncurkan jenis ponsel pintar yang mampu melakukan banyak aktifitas dari genggaman. Namun, tahukah anda siapa pencetus ponsel genggam yang pertama kali di dunia ini?

Ialah Martin Cooper, seorang insinyur asal Amerika Serikat yang bekerja di perusahaan Motorola. Ialah sosok di balik kepopuleran handphone seperti yang kita manfaatkan saat ini. Berkat jasanya, banyak inovasi baru yang muncul selama 43 tahun teknologi ini berkembang. Tepatnya pada tahun 1973, di mana Martin atau kerap disapa Marty mulai mengembangkannya.

baca juga : Magnavox Odyssey: Nenek Moyang Game Konsol Tahun 1972

Berawal Dari Sebuah Ide Alat Komunikasi Portabel, Terciptalah Handphone

Pada awalnya, ide tentang handphone ia cetuskan dalam perusahaannya yang bernama Motorola. Nah, pastinya anda tahu nama ini bukan? Salah satu perusahaan teknologi yang pertama kali memperkenalkan telepon genggam. Sayangnya, merek Motorola saat ini sudah kalah terkenal dengan produk-produk dari negara lainnya. Seperti Realme, Xiaomi, Oppo, Samsung, Nokia, dan sebagainya. Siapa sangka, merek inilah yang pertama kali menciptakan ide tersebut?

Martin Cooper sang penemu telepon genggam | foto : berbagai sumber

Pada masa itu, ponsel yang mereka produksi tidak bisa bertahan lebih dari 20 menit saat berada di tangan. Dengan kata lain, baterai yang ia gunakan masih sangat boros. Selain Martin Cooper sebagai sang penemu, ia mendapat bantuan dari rekannya yang menangani bagian switching. Ia adalah Amos Joel Jr. seorang pakar switching yang membuat sinyal tetap stabil saat anda bawa berjalan.

Untuk itulah, ketika anda sedang berjalan-jalan, berlari, atau naik kendaraan anda tetap bisa menelpon dengan lancar. Teknologi jaringan yang ia gunakan adalah 1G dengan sistem analog atau lebih sering dikenal dengan AMPS. Ia berada di dalam jaringan frekuensi 825Mhz-894Mhz yang beroperasi dalam Band 800Mhz.

baca juga : Latar Belakang Dicetuskannya PlayStation Oleh Sony

Kendati bentuknya yang berkali-kali lipat lebih besar dari ponsel masa kini, ia tetap menjadi teknologi yang mengagumkan pada masanya. Dan ia juga termasuk benda yang banyak orang cari untuk melengkapi koleksi benda-benda klasik.

Teknologi 2G Baru Ada Setelah 20 Tahun Berlalu

Pada tahun 1990, Amerika Serikat baru bisa menciptakan jaringan yang lebih leluasa dengan adanya 2G. Mengapa begitu lama? Sebab, kebutuhan telepon genggam saat itu masih belum populer dan menghabiskan banyak uang. Jaringannya yang terbatas saat penggunanya membawa ke tempat yang jauh membuat mereka lebih suka memanfaatkan telepon umum.

Handphone buatan Martin Cooper masih terlalu dini untuk mendapatkan perhatian dari banyak penggunanya. Namun, penelitian untuk mengembangkan teknologi tidak berhenti di sana. Semenjak munculnya teknologi digital yang menggantikan analog, banyak perusahaan yang antusias memproduksi handphone.

Alhasil, kita bisa menikmati kecanggihan teknologi 4G hingga 5G seperti sekarang ini. Nah, itulah pembahasan singkat tentang ponsel pertama yang ada di dunia. Semoga bermanfaat.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Motorola

Jakarta, Unbox.id – Tren memiliki ponsel lipat baru-baru ini makin menjamur. Banyak orang yang ikut-ikutan membeli produk jenis ini, seperti Samsung Galaxy Z Flip,...

Motorola

Jakarta, Unbox.id – Motorola Moto G52 merupakan smartphone yang rencannya akan dirilis pada Mei 2022 dengan mempunyai berat 186 gram dan ketebalan 8mm dan...

Motorola

Jakarta, Unbox.id – Menjelang akhir tahun 2021, Motorola meluncurkan smartphone Motorola Edge X30 di China. Bagi mereka yang berada di AS dan menyukai apa...

Motorola

Jakarta, Unbox.id – Bocoran mengenai Motorola Frontier sudah diumumkan, HP ini mempunyai sistem Android 12. Ponsel Motorola Frontier memiliki RAM 12 GB dengan penyimpanan...