Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

GPT-5 Akan Seperti Otak Virtual Yang Canggih

GPT-5_1a
GPT-5. (Sumber: Review Techno)

Last updated on 9 Juni, 2024

Unbox.id – Dalam wawancara eksklusif baru-baru ini, CEO OpenAI Sam Altman menjelaskan GPT-4 baru secara mendetail dan mengisyaratkan rencana masa depan untuk GPT-5. Altman menjelaskan lanskap kecerdasan buatan yang selalu berubah dan dampaknya yang sangat besar terhadap interaksi manusia dan bidang pemrograman. Ia percaya bahwa kebangkitan kecerdasan buatan (AI) akan membuat orang mendambakan hubungan antarmanusia. Ia yakin bidang pemrograman akan paling menjanjikan dalam 12 bulan ke depan.

Mendorong Lebih Dari Batas Kemampuan AI

GPT-5_2b

GPT-5. (Sumber: UPDF)

Mengutip Gizchina, pria kelahiran 22 April 1985 ini juga meyakini bahwa GPT-5 dapat bertindak sebagai “otak virtual” untuk membantu pengguna menyelesaikan banyak tugas berbeda. “Apakah ada model dasar seperti “otak virtual” yang dapat menunjukkan kemampuan “berpikir” yang lebih dalam dalam beberapa kasus?

chat gpt"}" data-sheets-userformat="{"2":513,"3":{"1":0},"12":0}" data-sheets-formula="="baca artikel menarik lainnya tentang : "&R[0]C[-6]">baca artikel menarik lainnya tentang : review chat gpt

Atau kita dapat menjelajahi model yang berbeda tetapi pengguna tidak peduli dengan perbedaan di antara model tersebut. Jadi saya rasa kami masih berupaya bagaimana cara membawa produk ini ke pasar,” kata Altman.

Di sisi lain, ia menegaskan bahwa kemunculan GPT-4o bukanlah keputusan yang terburu-buru melainkan puncak dari kemajuan teknologi selama bertahun-tahun dan perjalanan penelitian OpenAI yang mencakup eksplorasi mendalam terhadap model audio dan video berukuran besar, penyempurnaan metode pelatihan, dan penyempurnaan.

Efisiensi integrasi model. Pendekatan bijaksana ini menggarisbawahi komitmen OpenAI untuk mendorong batas-batas kemampuan AI melalui inovasi dan peningkatan berkelanjutan.

Perbedaan GPT-4 dengan GPT-5

Diskusi Altman tentang GPT-5 menandakan perubahan paradigma dalam cara kerja kecerdasan buatan. Hal ini menunjukkan bahwa GPT-5 dapat bertindak sebagai “otak virtual” untuk membantu pengguna melakukan berbagai tugas.

Tidak seperti pendahulunya (GPT-4), GPT-5 diharapkan menghadirkan pengalaman unik dan transformatif, yang mampu mendefinisikan ulang pemahaman. Prediksi Altman mengenai fitur khusus GPT-5 menandakan perubahan signifikan yang menyimpang dari konvensi penamaan konvensional dan menandai lompatan revolusioner dalam teknologi AI.

AI Lebih Cepat dan Gratis? Simak Kehebatannya!

GPT-4o_3c

GPT-4o. (Sumber: Geeky Gadgets)

Sebelumnya, OpenAI meluncurkan model GPT-4 baru, khususnya GPT-4o, yang memiliki peningkatan luar biasa dalam kecepatan dan kemampuan pengenalan teks, gambar, dan audio.

Dalam pengumuman yang disiarkan langsung pada Senin malam, 13 Mei 2024, Mira Murati, CTO OpenAI, mengatakan GPT-4o tersedia gratis untuk semua pengguna. “Pengguna berbayar akan tetap memiliki batas kapasitas hingga 5 kali lipat dari pengguna gratis,” kata Mira.

Quote Menurut dalam postingan blog perusahaan, kemampuan chatGPT baru ini akan diluncurkan secara bertahap, dimulai dengan kemampuan teks dan gambar yang dirilis hari ini di ChatGPT.

Sam Altman, CEO OpenAI, mengatakan bahwa GPT-4o pada dasarnya adalah multimodal. Artinya chatGPT dapat membuat konten atau memahami perintah suara, teks, atau gambar. Bagi pengembang yang ingin mencoba GPT-4o, perusahaan mengatakan mereka dapat mengakses API dengan setengah harga dan dua kali lebih cepat dari GPT-4o. 4 Turbo, kata Sam Altman di X.

Baca juga: OpenAI Ada Rencana Rilis Mesin Pencari Bertenaga ChatGPT

Fitur Asisten Suara

Beberapa fitur mode suara ChatGPT baru diharapkan menjadi bagian dari model baru ini. Aplikasi GPT-4o ini dapat bertindak sebagai asisten suara seperti di film “Her”.

Selama demo, aplikasi ini akan dapat merespons secara real time dan mengamati dunia di sekitar Anda. Mode suara ChatGPT masih terbatas dengan hanya merespons satu perintah dalam satu waktu dan hanya bekerja dengan apa yang didengarnya.

Bos OpenAI juga percaya bahwa visi awal perusahaannya adalah menciptakan segala macam manfaat bagi dunia telah berubah seiring waktu.

Menjelang peluncuran GPT-4o hari ini, sebuah laporan mengindikasikan bahwa OpenAI akan mengumumkan mesin pencari AI untuk bersaing dengan Google, asisten suara di GPT-4 atau prototipe yang semuanya baru dan disempurnakan, GPT-5. Pengumuman ini datang sehari sebelum Google I/O, meningkatkan persaingan di dunia AI, di mana Google juga diperkirakan akan mengungkap beberapa fitur baru di Gemini.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – OpenAI baru saja mengumumkan bahwa mereka akan menunda peluncuran fitur “Voice Mode” di ChatGPT hingga bulan depan, sekitar Juli 2024. Sebelumnya, OpenAI...

Software

Unbox.id – Gmail mendapatkan lebih banyak fitur AI yang dapat membantu pengguna mengakses email mereka dengan lebih mudah. Di web, Google meluncurkan sidebar Gemini...

Apps & Games

Last updated on 28 Juni, 2024 Jakarta, Unbox.id — Meta AI kini telah resmi meluncur di India. Asisten AI, yang sudah populer di lebih...

Tech Industry

Unbox.id – TikTok secara tidak sengaja mengunggah tautan ke versi internal alat avatar digital AI barunya selama jangka waktu yang tidak diketahui. Hal ini...