Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Google Tingkatkan Kemampuan Gemini AI

AI Gemini_1a
AI Gemini. (Sumber: The Keyword)

Unbox.id – Google telah merilis fitur baru untuk meningkatkan kemampuan chatbot AI miliknya, Gemini AI. Fitur tersebut diharapkan disebut Memori dan akan membantu Gemini mengingat detail spesifik tentang pengguna untuk memberikan percakapan yang lebih intuitif di masa mendatang. Penyimpanan diluncurkan sebagai respons terhadap fitur ChatGPT, yang akan memperkenalkan fungsi serupa pada Februari 2024. Fitur Gemini AI ini akan diluncurkan dalam beberapa hari mendatang. Mengutip Gadgets360, konsultan Dylan Roussel memposting tentang fitur tersebut di X/Twitter dan mengklaim bahwa Google berencana memberi nama fitur tersebut “Memori”. Dylan juga membagikan tangkapan layar pengenalan fitur tersebut ke aplikasi Gemini.

Rumor Tentang Fitur dari Gemini

Chat AI Gemini_1a

Chat AI Gemini. (Sumber: ZDNET)

Rumor tentang fitur ini pertama kali muncul tahun lalu, ketika laporan dari 9to5Google menyoroti bahwa raksasa teknologi tersebut sedang berupaya menambahkan memori kontekstual jangka panjang ke chatbotsnya. Fitur Memori dikatakan sebagai salah satu dari beberapa fitur AI baru yang akan diperkenalkan ke Gemini dalam beberapa minggu mendatang.

Berdasarkan tangkapan layar tersebut, pengguna akan dapat meminta Gemini untuk mengingat hal-hal seperti tempat tinggal, bekerja, belajar, dan bahkan riwayat kesehatan mereka. Anehnya, Gemini akan mengingat informasi tersebut dan menyesuaikan respons mereka terhadapnya dalam percakapan chatbot di masa mendatang.

Misalnya, jika pengguna alergi terhadap kacang dan meminta resep sandwich yang mudah kepada AI Gemini, sistem tidak akan menyarankan resep apa pun yang mengandung kacang. Pada tangkapan layar yang dibagikan, terdapat keterangan: “Gemini mengingat informasi yang Anda bagikan dalam obrolan, seperti minat dan preferensi Anda, sehingga Anda tidak perlu mengulanginya.”

Pengguna membagikan chatbot tersebut agar Gemini dapat memberikan jawaban atau saran yang sesuai kepada pengguna.

Google Siapkan AI Canggih untuk Lindungi Pengguna Android

Sementara itu, Google baru saja mengumumkan pendeteksi penipuan baru yang akan tersedia di perangkat Android akhir tahun ini.

Detektor ini diperkenalkan pada acara Google I/O 2024. Alat ini menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI). dikatakan mampu mendeteksi ancaman phishing secara langsung di tengah percakapan telepon yang sedang berlangsung.

Seperti dikutip Engadget, AI ini bekerja dengan mencari pola percakapan yang mengindikasikan kecurangan. Setelah terdeteksi, pengguna akan menerima peringatan di ponselnya.

Cara ini diharapkan dapat membantu mengatasi aktivitas penipuan yang sedang populer belakangan ini. Pada acara I/O, Google juga mendemonstrasikan cara kerja pendeteksi ini dengan menunjukkan contoh penipuan yang mengatasnamakan pegawai bank. Misalnya, penelepon penipuan mencoba meminta informasi sensitif, seperti PIN atau kata sandi. Faktanya, permintaan ini merupakan hal yang tidak biasa bagi pegawai bank.

Saat AI mendeteksi kata-kata yang dianggap palsu, alat tersebut akan mengeluarkan peringatan penipuan kepada pengguna. Dan yang lebih penting, AI ini diterapkan pada perangkat sehingga privasi pengguna tetap terjaga.

Namun, fitur ini masih dalam tahap pengujian dan tampaknya tidak akan tersedia di Android 15. Google mengatakan akan memberikan detail lebih lanjut tentang fitur ini nanti di waktu 2024 mendatang.

Baca juga: Google Ungkap Strategi Lawan Aplikasi Berbahaya Di Android

Google I/O 2024 Hadirkan Banyak Fitur AI dan Android 15

Google I/O_3c

Google I/O. (Sumber: CNET)

Google I/O 2024 telah mengungkap beberapa fitur dan inovasi terbarunya kepada publik. Salah satunya, seperti ajang tahun lalu, Google I/O 2024 akan menjadi ajang peluncuran Android versi terbaru. Dan kali ini dipastikan perusahaan akan memperkenalkan Android 15.

Saat ini, versi Android 15 beta sudah mulai diluncurkan ke beberapa penguji. Beberapa fitur sistem operasi terbaru ini sudah mulai diungkap, seperti Privacy Sandbox yang diperbarui dan konektivitas satelit yang ditingkatkan.

Selain Android 15, kemungkinan besar Google akan banyak membahas soal AI di acara tahun ini. Selain itu, perusahaan telah memiliki Gemini AI dan diharapkan menjadi salah satu topik pembicaraan pada I/O tahun ini.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Google

Unbox.id – Google baru saja mengumumkan bahwa acara peluncuran Pixel 9 akan berlangsung jauh lebih awal dari biasanya pada tahun ini. Raksasa teknologi ini...

Tech Industry

Unbox.id – Google Maps adalah salah satu aplikasi navigasi yang paling banyak digunakan. Aplikasi peta ini sangat populer karena menawarkan berbagai fitur yang membantu...

Tech Industry

Unbox.id – OpenAI baru saja mengumumkan bahwa mereka akan menunda peluncuran fitur “Voice Mode” di ChatGPT hingga bulan depan, sekitar Juli 2024. Sebelumnya, OpenAI...

Software

Unbox.id – Gmail mendapatkan lebih banyak fitur AI yang dapat membantu pengguna mengakses email mereka dengan lebih mudah. Di web, Google meluncurkan sidebar Gemini...