Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Google Tambahkan Fitur AI di Aplikasi Workspace

Google
ilustrasi: Google

Jakarta, Unbox.id – Sempat meluncurkan layanan berbasis kecerdasan buatan bernama Bard beberapa waktu lalu, Google kembali mengintegrasikan AI ke dalam layanan andalannya. Memungkinkan pengguna untuk mengakses workspace dengan mudah.

Google Workspace merupakan layanan integrasi yang mengandalkan akses virtual maupun offline di perangkat seperti Docs, Spreadsheet, dan Gmail. Kabarnya semua layanan tersebut akan terintegrasi dengan kecerdasan buatan alias AI.

Baca juga: Google Workspace Jadi Alasan Utama OpenAI Sulit Untuk Bersaing

Untuk layanan kotak surat elektronik (surel/email) teknologi kecerdasan buatan yang ada di dalamnya dapat merangkum pesan berdasarkan kategori tertentu. Seluruh pesan yang memiliki kesamaan akan diringkas dan memprioritaskan pesan penting.

Manfaat Fitur AI yang Terdapat di Google Workspace

AI dapat mengutamakan pesan penting yang masuk serta memberi pengguna rangkuman percakapan dari aktivitas diskusi yang berlangsung. Selain itu, pengguna dapat mengatur balasan otomatis dengan bantuan respon cepat dari AI.

Selain di Gmail, pengguna juga dapat menulis lebih cepat dengan fitur serupa di aplikasi pengolah kata, Google Docs. Pengguna bisa berdiskusi lebih leluasa dengan fitur presentasi otomatis dengan integrasi aplikasi Slides berdasarkan hasil tulisan Docs.

Baca juga: Baidu Perkenalkan ERNIE Bot Untuk Tantang ChatGPT OpenAI

Meski otomatis, pengguna tetap bisa mengakses dan mengedit rupa presentasi melalui aplikasi Slides yang ada di menu workspace. AI generate yang ada di dalamnya memiliki sifat adaptif, yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Informasi Layanan Lain di Workspace

Selain kedua aplikasi tersebut, integrasi kecerdasan buatan juga bisa Anda temui di GMeet, yaitu aplikasi video conference milik Google. Fitur kecerdasan buatan memungkinkan pengguna untuk membuat catatan dan rangkuman dari diskusi secara otomatis.

Pada layanan Sheets, pengguna dapat menganalisis secara otomatis, membuat kategori data sesuai keperluan, dan membuat catatan personal. Ini sangat menarik, sebab fitur tersebut serupa asisten virtual pribadi yang serba bisa.

Saat ini, fitur tersebut masih berupa demo yang ada di internet. Belum ada informasi detail mengenai kapan kecanggihan tersebut akan benar-benar meluncur. Juga, pengguna belum tahu apakah AI di Workspace termasuk layanan premium atau gratis.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Meta meluncurkan versi beta dari alat pembuat gambar real-time bertenaga AI di WhatsApp. Sayangnya, hanya pengguna WhatsApp di AS yang akan mendapatkan...

Tech Industry

Unbox.id – Microsoft Research Asia baru saja meluncurkan alat AI eksperimental baru yang disebut VASA-1. AI ini dapat memodifikasi gambar seseorang serta file audio...

Software

Unbox.id – Google memperkenalkan beberapa solusi baru pada acara Google Next 2024. Salah satu solusi yang dihadirkan pada acara tersebut adalah Gemini Code Assist...

Tech Industry

Unbox.id – Google Doodle hari ini merayakan Hari Bumi 2024 dengan serangkaian gambar yang menampilkan kata “Google” dari gambar satelit. Hari Bumi 2024 atau...