Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Google Rilis Android 13 Versi Beta 2, Simak Fitur Barunya

Google Rilis Android 13 Versi Beta 2, Simak Fitur Barunya (sumber: (xda-developers.com)
Google Rilis Android 13 Versi Beta 2, Simak Fitur Barunya (sumber: (xda-developers.com)

Jakarta, Unbox.idBaru-baru ini, Google telah merilis versi beta kedua dari sistem operasi Android 13. Sistem operasi baru ini hadir dengan membawa beberapa pembaruan dan penyempurnaan dari Beta 1. Beberapa fitur tambahan yakni seperti pengaturan privasi dan keamanan, tampilan personalisasi, HDR video, Spatial Audio, hingga Bluetooth Low Energy Audio.

Dalam informasi resminya di situs Google, Android 13 Beta 2 ini rencananya akan dapat digunakan di perangkat smartphone, tablet, dan smartphone lipat. Untuk saat ini, smartphone yang kebagian pembaruan Android 13 Beta 2 ini adalah Google Pixel.

Perilisan Android 13 Beta 2 (sumber: techcrunch.com)

Perilisan Android 13 Beta 2 (sumber: techcrunch.com)

Namun tak hanya perangkat besutan Google saja, melainkan terdapat beberapa produsen lain yang lini smartphone nya turut mendapatkan pembaruan Android 13 Beta 2 ini, yakni diantaranya adalah:

  • ASUS Zenfone 8
  • Lenovo Tab P12 Pro
  • OnePlus 10 Pro
  • OPPO X5 Pro
  • realme GT2 Pro
  • Sharp Aquos sense6
  • TECNO Camon 19 Pro 5G
  • vivo X80 Pro
  • Xiaomi 12 dan 12 Pro
  • Xiaomi Pad 5
  • ZTE Axon 40 Ultra

Baca juga: 5 Aplikasi Alternatif Untuk Lacak Nomor Selain Getcontact

Oleh karena itu, berikut adalah informasi mengenai beberapa fitur baru yang hadir di Android 13 Beta 2.

Pengaturan privasi dan keamanan

Pada pengaturan privasi dan keamanan, Google secara khusus memberikan akses baru agar pengguna dapat lebih leluasa untuk mengatur detail file, sehingga pengguna dapat memilih file mana yang boleh diakses oleh aplikasi.

Google menghadirkan dua pilihan kategori yang meliputi “Foto & video” dan “Musik & audio”. Pengguna juga dapat memilih foto atau video yang diperbolehkan untuk diakses aplikasi tanpa harus membagikan seluruh galeri medianya di aplikasi tertentu.

Android akan memberikan notifikasi apabila ada aplikasi yang hendak mengakses file di dalam perangkat. Selain foto, video, musik dan audio, pengguna juga bisa untuk tidak mengizinkan berbagi lokasi ke aplikasi.

Hal ini tentu menjadi kabar baik karena dengan adanya fitur baru ini, data pribadi yang ada di smartphone kita tetap aman dan terjaga.

Desain baru “Material You”

Jika melihat dari pembaruan Android 12 sebelumnya, Google telah membawa fitur Material You yang memberikan peluang bagi para pengguna untuk bisa menyesuaikan warna pada layar smartphone.

Di Android 13 Beta 2 ini, Google juga menghadirkan tema dan varian warna yang bisa disesuaikan. Namun selain tema ikon, personalisasi warna juga diterapkan pada kontrol media musik pada tampilan album hingga pengaturan aplikasi bahasa.

Pengalaman tablet yang lebih baik

Melanjutkan pembaruan Android 12L yang telah mengoptimalkan tata letak untuk perangkat layar yang lebih besar, Android 13 Beta 2 ini juga turut menghadirkan fitur tersebut. Dengan adanya pembaruan tersebut, memungkinkan pengguna dapat menggunakan perangkat secara multitasking.

Nantinya layar dapat terbagi menjadi dua jendala. Misalnya sebelah kiri menampilkan jendela untuk membuka email, lalu sebelah kanan menampilkan jendela untuk membuka Galeri. Fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk bisa drag and drop file di jendela untuk diunggah ke dalam email dengan mudah dan cepat.

Baca juga: 3 Aplikasi Untuk Healing dan Jaga Kesehatan Mental

Untuk perangkat tablet, pengguna juga dapat meletakkan tangan dengan lebih nyaman di layar tanpa khawatir akan mengenai kursor atau menu yang ada pada layar tanpa disengaja ketika menggunakan pena stylus.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: xda-developers.com, techcrunch.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Google memperkenalkan beberapa solusi baru pada acara Google Next 2024. Salah satu solusi yang dihadirkan pada acara tersebut adalah Gemini Code Assist...

Software

Unbox.id – Browser ponsel Android seringkali menyimpan file yang tidak diperlukan. Saat menjelajahi situs web, browser mengambil banyak data dari situs web yang dikunjungi....

Tech Industry

Unbox.id – Google Doodle hari ini merayakan Hari Bumi 2024 dengan serangkaian gambar yang menampilkan kata “Google” dari gambar satelit. Hari Bumi 2024 atau...

Tech Industry

Unbox.id – Pasar smartphone Android belakangan ini mengalami lonjakan setelah sempat mengalami penurunan penjualan sebelumnya. Peningkatan ini bahkan bisa melebihi penjualan iPhone. Menurut studi...