Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Google Play Protect Perkuat Keamanan Real-Time

Google Play Protect_1a
Google Play Protect. (Sumber: Menos Fios)

Unbox.id – Google telah mengumumkan pembaruan untuk Play Protect dengan dukungan pemindaian kode waktu nyata untuk mencegah pengunduhan dan pemasangan aplikasi berbahaya baru di perangkat Android. “Google Play Protect kini akan merekomendasikan pemindaian aplikasi real-time ketika memasang aplikasi yang belum pernah dipindai sebelumnya, untuk membantu mendeteksi ancaman yang muncul,” kata Google, seperti dikutip dari The Hacker News. Google Play Protect adalah layanan pendeteksi malware bawaan Android yang memindai aplikasi yang berpotensi berbahaya dan dapat mencegah pemasangannya di perangkat Android. Sistem ini dapat mendeteksi aplikasi dari Play Store atau sumber lainnya. Dengan perlindungan baru ini, sinyal khusus aplikasi dievaluasi oleh Play Protect pada tingkat enkripsi waktu nyata. Cara ini digunakan untuk mengetahui apakah suatu aplikasi Android aman untuk diinstal atau tidak.

Membantu Melindungi Pengguna

Google Play Protect_2b

Google Play Protect. (Sumber: Sam Lover)

“Peningkatan ini akan membantu melindungi pengguna dengan lebih baik terhadap aplikasi polimorfik berbahaya yang memanfaatkan berbagai metode, seperti AI, untuk melakukan perubahan guna menghindari deteksi,” kata Google, yang mengetahui bahwa fitur tersebut saat ini diluncurkan di beberapa negara, dimulai dengan India.

Peningkatan keamanan ini dilakukan karena pengembang aplikasi jahat terus menemukan berbagai cara untuk menyebarkan malware di Android. Biasanya, hal ini terdeteksi melalui tautan ke aplikasi palsu atau file APK yang dikirim dalam aplikasi chat.

Yang penting, pembaruan ini juga mengikuti revisi pada Dokumen Keamanan Android, yang memberikan gambaran komprehensif tentang keamanan proaktif bawaan platform di seluruh perangkat keras, fitur, dan kemampuan.anti-eksploitasi, layanan keamanan Google, dan berbagai API manajemen yang digunakan oleh bisnis. dan pemerintah dapat mengaksesnya.

Adware Membombardir Pengguna Browser dengan Iklan

Di sisi lain, dalam hal keamanan perangkat, adware adalah perangkat lunak invasif yang menyerang pengguna PC dengan iklan berulang-ulang. Tanda-tanda perangkat Anda terinfeksi adware adalah pop-up acak, perubahan pada browser web, dan spyware. Jadi bagaimana perangkat Anda bisa terpengaruh oleh adware?

Menurut laporan Norton, dua metode yang paling umum adalah mengunduh program yang mengandung adware dan situs web berbahaya. Banyak program adware berjalan di latar belakang sehingga sulit dideteksi.

Dilaporkan dari sumber yang sama, berikut beberapa tanda perangkat Anda terinfeksi adware.

  • Komputer berjalan lambat.
  • Menerima iklan terus-menerus.
  • Perangkat sering tiba-tiba berhenti.
  • Ada perubahan pada browser kamu.
  • Koneksi internet terganggu.

Cara Menghilangkan Adware pada Perangkat

Untuk menghilangkan adware, setiap perangkat memiliki cara yang berbeda-beda. Jika kamu menggunakan perangkat Android, kamu bisa mengaktifkan Safe Mode.

Caranya mudah, cukup tahan tombol daya, kemudian pilih Reboot in Safe Mode. Setelah itu buka Pengaturan, pilih Aplikasi & Pemberitahuan. Tinjau dan cermati semua aplikasi di perangkat kamu. Copot pemasangan aplikasi yang sepertinya tidak berfungsi untuk Anda.

Bagi pengguna iPhone, cara menghilangkan adware adalah dengan mematikan perangkat lalu menyalakannya kembali. Setelah permulaan ini. Buka Pengaturan Sistem, pilih Umum dan Penyimpanan untuk memeriksa aplikasi yang mencurigakan.

Cara menghapus adware di PC, klik opsi Start, buka Control Panel, pilih Add/Remove Programs. Sedangkan di Mac, penghapusan adware serupa dengan yang ada di perangkat iPhone.

Baca juga: Google Tingkatkan Play Protect Android

Google Tawarkan Fitur Passkey, Masuk Akun Tanpa Repot Ketik Password

Google Passkey_3c

Google Passkey. (Sumber: The Keywords)

Terkait sistem keamanan Google, setelah meluncurkan kata sandi pada awal tahun 2023, Google kini menawarkan fitur ini sebagai opsi masuk default di semua akun pribadi. Dengan kata lain, pengguna tidak perlu lagi memasukkan kata sandi atau menggunakan verifikasi dua langkah saat ingin masuk ke akun Google.

Melalui postingan di blognya, Google juga mengumumkan bahwa pengguna yang belum menyiapkan kata sandi akan melihat petunjuk cara membuatnya dan kemudian menggunakannya saat ingin masuk ke akunnya.

Selanjutnya, setelah pengguna membuat kata sandi, opsi baru “Lewati kata sandi jika memungkinkan” akan muncul di akun Google. Jika pengguna mengaktifkannya, mereka akan diminta menggunakan kata sandi baru, alih-alih harus memasukkannya, seperti dikutip dalam Tom’s Guide.

Namun, pengguna juga dapat menonaktifkan opsi baru ini jika mereka tidak ingin menggunakan kata sandi dan lebih memilih menggunakannya untuk masuk ke akun Google mereka.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Google memperkenalkan beberapa solusi baru pada acara Google Next 2024. Salah satu solusi yang dihadirkan pada acara tersebut adalah Gemini Code Assist...

Tech Industry

Unbox.id – Google Doodle hari ini merayakan Hari Bumi 2024 dengan serangkaian gambar yang menampilkan kata “Google” dari gambar satelit. Hari Bumi 2024 atau...

Tech Industry

Unbox.id – Google Pixel Fold memang tidak sepopuler merek ponsel layar lipat lainnya seperti Samsung, Oppo, atau Huawei. Meski begitu, Google Pixel Fold tetap...

Tech Industry

Unbox.id – Membeli aplikasi atau game melalui Google Play kini lebih aman. Pasalnya Google menerapkan metode keamanan biometrik untuk mengonfirmasi transaksi yang dilakukan. Ini...