Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Google Pisahkan Tombol Atur Volume Panggilan dan Notifikasi Pada Android

Google Android_1google
Google di Android nantinya akan dipisahkan antara pengaturan volume dan notifikasinya. (Sumber: Starr FM)

Unbox.id – Pengguna perangkat Android harus terbiasa melihat pengaturan volume untuk notifikasi dan panggilan masuk. Sejauh ini pengaturan volume untuk kedua fungsi tersebut sama. Namun, menurut laporan terbaru yang dikutip 9to5Google, Minggu (30 April 2023), Google akan membagi volume failover. Dengan kata lain, pengaturan volume notifikasi dan panggilan masuk akan berbeda. Informasi ini pertama kali diketahui dengan ditemukannya perintah ADB di Android 13 QPR2 Beta 1 pada Desember 2022. Diketahui bahwa perintah ADB memiliki efek memisahkan volume panggilan masuk dan volume notifikasi. Namun, perubahan ini belum dilaksanakan. Oleh karena itu, tidak pasti apakah Google akan merilis perubahan ini ke perangkat Android. Namun, beberapa memprediksi bahwa perubahan ini kemungkinan besar akan diperkenalkan dengan Android 14. Google memang akan mengumumkan versi terbaru Android pada Juni 2023.

60 Aplikasi Android Terinfeksi Goldoson

Goldoson_2app

Ada banyak aplikasi yang terjangkit malware Goldoson yang perlu diwaspadai para penggunanya. (Sumber: SensorsTechForum)

Di sisi lain, firma keamanan McAfee telah menemukan bahwa ada sekitar 60 aplikasi Android di Google Play Store yang terinfeksi malware berbahaya.

Malware berbahaya baru di Android ini disebut Goldoson. Malware Goldoson memiliki kemampuan untuk mengumpulkan data dari aplikasi lain yang diinstal pada perangkat, perangkat yang terhubung WiFi dan Bluetooth, lokasi GPS pengguna.

Selain mencuri data pengguna, aplikasi yang terinfeksi malware Goldoson juga melakukan penipuan iklan, memaksa pengguna untuk mengklik iklan yang berjalan di latar belakang tanpa izin. Jadi apa itu malware dan mengapa berbahaya? Mengutip laman FTC, Rabu (19 April 2023), malware sendiri merupakan salah satu ancaman keamanan terbesar bagi komputer, tablet, smartphone, dan perangkat lainnya.

Malware mencakup virus, spyware atau spyware, ransomware, dan perangkat lunak lain yang tidak diinginkan yang diinstal secara diam-diam di perangkat pengguna. Setelah perangkat terinfeksi malware, penjahat dunia maya dapat menggunakannya untuk mencuri informasi sensitif atau menampilkan iklan yang tidak diinginkan, meminta pembayaran, dan membuat ponsel cerdas tidak aman.

Tidak ada informasi yang solid sehingga pengguna dapat mengetahui kapan smartphone mereka terinfeksi malware. Namun, pemilik ponsel cerdas mungkin melihat perilaku atau kejadian yang tidak biasa di ponsel cerdas, tablet, atau komputer mereka.

Baca juga: Cara Menggunakan Google Maps Saat Naik Motor

Tanda Smartphone Android Terinfeksi Malware

Jika hal berikut terjadi pada ponsel cerdas Anda, perangkat Anda mungkin terinfeksi malware atau virus. Tanda-tanda smartphone Anda telah disusupi oleh malware:

  • Tiba-tiba smartphone jadi lambat, error, atau layar menampilkan pesan error berulang.
  • Smartphone atau perangkat tidak bisa dimatikan atau restart.
  • Smartphone tidak mengizinkan pengguna menghapus software atau aplikasi tertentu.
  • Smartphone menampilkan banyak iklan pop-up, iklan yang tidak pantas, atau iklan yang mengganggu halaman atau konten.
  • Menampilkan iklan di tempat yang biasanya tidak dilihat pengguna, misalnya di situs web pemerintah.
  • Smartphone menampilkan toolbar atau ikon baru yang tidak terduga di browser atau desktop mereka.
  • Smartphone menggunakan browser default baru atau menampilkan tab atau situs web baru, padahal tidak dibuka pengguna.
  • Homepage internet di komputer pengguna terus berubah-ubah sendiri.
  • Perangkat mengirimkan email yang tidak ditulis si pengguna.
  • Perangkat kehabisan baterai lebih cepat dari yang seharusnya, padahal tidak memakainya untuk berbagai kebutuhan.

 

 

Sumber & Foto: Dari Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Pixel 8a tiba-tiba diumumkan oleh Google. Bahkan banyak yang meyakini ponsel ini akan meluncur di Google I/O 2024 pada 14 Mei 2024....

Tech News

Jakarta, Unbox.id — Dengan munculnya ChatGPT, Google merasa perlu mengembangkan model bahasa serupa yang serupa. Ini akhirnya menciptakan Gemini. Namun OpenAI juga ingin menciptakan...

Tech Industry

Unbox.id – Google dikenal sering mengadakan acara tahunan bertajuk Google I/O. Pada acara ini, perusahaan akan kerap memperkenalkan sederet produk barunya. Untuk itu, pada...

Apps & Games

Unbox.id – Google memiliki fitur baru yang direncanakan untuk toko aplikasinya, Play Store. Dengan fitur ini, Google akan memudahkan pengguna dalam menentukan asal aplikasi...