Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Google Munculkan Aplikasi Gmail Untuk Wear OS

Gmail Wear OS_1a
Gmail Wear OS. (Sumber: Android Headlines)

Unbox.id – Google baru-baru ini merilis aplikasi Gmail yang tersedia sepenuhnya di Wear OS, sistem operasi Google untuk perangkat AIoT seperti jam tangan pintar. Perilisan aplikasi Gmail di Wear OS bertepatan dengan perilisan Pixel Watch 2. Aplikasi tersebut pertama kali diumumkan pada acara Google I/O pada Mei 2023 dan terhubung dengan sistem operasi Wear OS 4, tulis The Verge. Keberadaan aplikasi ini merupakan sebuah langkah maju bagi Google, memungkinkan Anda mengakses kotak masuk Gmail langsung dari jam tangan pintar tanpa hanya mengandalkan notifikasi. Aplikasi Gmail untuk Wear OS memiliki antarmuka pengguna yang sangat sederhana yang memungkinkan pengguna melihat email di kotak masuk mereka dengan mudah.

Apa Kelebihan Utamannya?

Gmail Wear OS_2b

Gmail Wear OS. (Sumber: Reddit)

Salah satu keunggulan utama aplikasi ini adalah memungkinkan Anda mengelola beberapa akun email secara bersamaan di satu perangkat. Pengguna dapat dengan cepat membuka, membaca, dan memperbarui email seperti menggunakan aplikasi Gmail di ponsel mereka.

Aplikasi ini secara otomatis mengkategorikan email yang baru diterima sehingga pengguna dapat melacak pesan terbaru mereka. Namun, harap diperhatikan bahwa aplikasi ini hanya menampilkan email baru dan bukan seluruh daftar email yang belum dibaca.

Bagi pengguna Wear OS 3 dan Wear OS 4, Anda dapat mendownload aplikasi Gmail untuk Wear OS dari Google Play Store. Sayangnya bagi pengguna Apple Watch, belum ada konfirmasi terkait peluncuran aplikasi Gmail dan Google Kalender tersebut.

Seperti diketahui, Wear OS 4 pertama kali diadaptasi ke perangkat IoT Samsung Galaxy Watch 6 series pada pertengahan tahun 2023. Wear OS saat ini juga digunakan di beberapa perangkat wearable.

Aplikasi WhatsApp Khusus Smartwatch Wear OS Meluncur

WhatsApp masih memikirkan aplikasi untuk jam tangan pintar, mengumumkan peluncuran aplikasi khusus jam tangan pintar pertamanya pada pertengahan tahun 2023. Aplikasi ini awalnya akan tersedia untuk perangkat yang menggunakan Wear OS.

Pengumuman tersebut dibuat oleh CEO Meta Mark Zuckerberg setelah aplikasi tersebut melalui proses pengujian beta yang sangat dinanti. “Sekarang Anda dapat menggunakan WhatsApp dari pergelangan tangan Anda dengan aplikasi WhatsApp for WearOS,” tulis Zuckberg melalui saluran siarannya.

Pesan lanjutan yang diterima oleh awak media berbunyi “Mulai hari ini, Anda dapat memulai percakapan baru, membalas pesan, dan menjawab panggilan, semuanya dari pergelangan tangan Anda.”

Aplikasi ini akan dirilis secara global dan tersedia di jam tangan pintar yang menjalankan Wear OS 3. Aplikasi WhatsApp eksklusif pada jam tangan pintar ini memungkinkan pengguna merespons teman dan keluarga melalui suara, emoji, balasan cepat, atau teks tanpa harus membawa ponsel untuk tetap terhubung.

Seperti dikutip dari Tech Crunch, Google mengumumkan aplikasi WhatsApp untuk Wear OS pada acara pengembangnya I/O pada Mei lalu. Aplikasi ini awalnya dirilis dalam versi beta dan rilis publiknya sangat ditunggu-tunggu.

Selama keynote I/O, Google juga memperkenalkan aplikasi Wear OS yang baru dan lebih baik dari perusahaan pihak ketiga seperti Spotify dan Peloton. Perusahaan juga mengumumkan pembaruan pada aplikasinya, termasuk Google Home, Gmail, dan Kalender, yang memungkinkan pengalaman baru pada perangkat jam tangan pintar berbasis Wear OS.

Baca juga: Google Gunakan AI Untuk Atasi Perubahan Iklim

Pengguna watchOS Masih Harus Bersabar

Watch OS_3c

Watch OS. (Sumber: ZDNET)

Sejauh ini sepertinya pengguna Apple Watch dengan watchOS harus menunggu aplikasi WhatsApp standalone, mengingat Meta belum merilis versi standalone aplikasi tersebut di perangkat dengan sistem operasi tersebut.

Pengguna Apple Watch akan tetap memiliki fungsionalitas terbatas, termasuk tidak adanya opsi terintegrasi untuk mengirim pesan atau melakukan panggilan WhatsApp di jam tangan pintar mereka.

Namun, selama Anda mengaktifkan pengaturan notifikasi yang sesuai di iPhone, Apple mengizinkan Anda melihat dan merespons pesan masuk dari layar Apple Watch Anda. Selama keynote I/O sendiri, Google mengklaim bahwa Wear OS adalah platform jam tangan pintar dengan pertumbuhan tercepat di dunia, tumbuh lima kali lipat sejak peluncuran WearOS pada tahun 2021.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Google memperkenalkan beberapa solusi baru pada acara Google Next 2024. Salah satu solusi yang dihadirkan pada acara tersebut adalah Gemini Code Assist...

Tech Industry

Unbox.id – Google Doodle hari ini merayakan Hari Bumi 2024 dengan serangkaian gambar yang menampilkan kata “Google” dari gambar satelit. Hari Bumi 2024 atau...

Tech Industry

Unbox.id – Google Pixel Fold memang tidak sepopuler merek ponsel layar lipat lainnya seperti Samsung, Oppo, atau Huawei. Meski begitu, Google Pixel Fold tetap...

Tech Industry

Unbox.id – Membeli aplikasi atau game melalui Google Play kini lebih aman. Pasalnya Google menerapkan metode keamanan biometrik untuk mengonfirmasi transaksi yang dilakukan. Ini...