Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Google Meet Punya Reaksi Emoji Lebih Interaktif Ketimbang Zoom

Google Meet Emoji_1_1
Google Meet hadirkan ragam emogi menarik dibandingkan dengan Zoom. (Sumber: 9to5Google)

Unbox.id – Google secara resmi merilis fitur baru untuk platform konferensi Google Meet. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memberikan “umpan balik emoji”, mirip dengan yang dilakukan Zoom, tetapi dengan gaya yang lebih interaktif. Lalu, apa saja yang menarik dari fitur terbaru dari raksasa teknologi asal Amerika Serikat ini? Mari kita lihat lebih lanjut dari fitur terbarunya ini.

Fitur Yang Telah Dikembangkan Sejak 2021

Fitur ini dimaksudkan agar interaktif karena ketika semua peserta merespons, emoji yang diberikan juga akan muncul di tepi layar sebagai notifikasi mengambang di sisi kiri aplikasi. Misalnya, jika peserta bernama “A” memberikan masukan emoji “jempol” dan peserta “B” juga memberikan emoji tepuk tangan, notifikasi mengambang dengan “jempol ke atas” akan muncul di tepi layar Google Meet. Emoji dan nama peserta “A” di bawah reaksi dll.

Selain emoji yang ditampilkan di sebelah kiri, juga ditampilkan dalam bentuk kecil di pojok kiri atas kolom video pengguna. Inilah yang membedakan reaksi emoji Google Meet dari Zoom. Pasalnya, fitur Zoom Response hanya muncul di pojok kiri atas video pengguna.

Fitur ini telah dikembangkan sejak 2021. Google telah mengungkapkan bahwa pengguna akan dapat langsung menanggapi speaker dengan emoji tanpa harus menghentikan atau menghentikan percakapan.

Menurut laporan Google sendiri, emoji masih terbatas yakni hanya sembilan emoji. Emoticon terdiri dari emoji hati merah muda yang berkilauan, jempol ke atas, jempol ke bawah, confetti, melambaikan tangan, ekspresi bahagia, terkejut, berpikir dan menangis emoji wajah.

Baca juga: Intip Bocoran Tablet Google Pixel Yang Akan Dirilis

Meeting Menjadi Lebih Interaktif

Google Meet Emoji Reactions_1_1

Adanya pilihan terbaru dari Google untuk emojinya ini bisa menjadi bagian yang atraktif saat meeting bersama dengan pengguna lainnya. (Sumber: The Indian Express)

“Memberi reaksi selama rapat merupakan cara yang “ringan” dan tidak mengganggu. (Peserta) dapat langsung terlibat dan berpartisipasi di dalamnya, tanpa mengganggu pembicara,” jelas Google dalam blog resminya. The Verge.

Pengguna dapat mengaktifkan reaksi dengan mengeklik ikon smiley emoji di area menu kontrol di bawah video. Pengguna juga dapat menggunakan emotikon berdasarkan warna kulit yang berbeda. Fitur ini sudah tersedia di versi desktop pengguna Google Meet dan iOS (iPhone).

Untuk pengguna Android, mohon bersabar karena perusahaan mengatakan fitur ini hanya akan diluncurkan dalam beberapa minggu mendatang. Namun dengan pemantauan KompasTekno saat menggunakan Meet versi desktop, fitur ini masih belum terlihat.

Selain pengenalan fitur emoji, Google juga mengumumkan fitur lainnya. Fitur baru ini memungkinkan pengguna untuk mengubah background atau wallpaper 360 derajat selama konferensi video. Jadi jika pengguna menggeser atau memutar kamera, maka wallpaper akan mengikuti pergerakan kamera.

Baca juga: Google Search Ingin Dikalahkan Lewat Microsoft AI ChatGPT

Google Sarankan Segera Beralih ke Google Duo Versi Terbaru

Jadi background image tidak hanya statis seperti foto biasa, tetapi juga bergerak “seolah-olah” pengguna benar-benar berada di tempat tersebut. Namun, fitur ini hanya akan diluncurkan ke perangkat Android dan iOS dalam beberapa minggu mendatang. Pilihan wallpaper nantinya bisa dipilih seperti background pantai, background gedung bertingkat dan pura di atas gunung.

Google juga memperingatkan setiap penggunanya untuk segera beralih ke Google Duo versi baru yang disebut “Google Meet”. Versi baru platform ini merupakan kombinasi dari aplikasi panggilan video Google Duo dengan Google Meet.

Saat yang sama, Google Meet versi lama berganti nama menjadi “Meet Original”. 17 Januari adalah batas waktu untuk segera pindah ke Google Meet, karena perusahaan akan segera mentransisikan pengguna ke aplikasi Meet baru dalam beberapa bulan mendatang.

 

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Google memperkenalkan beberapa solusi baru pada acara Google Next 2024. Salah satu solusi yang dihadirkan pada acara tersebut adalah Gemini Code Assist...

Tech Industry

Unbox.id – Google Doodle hari ini merayakan Hari Bumi 2024 dengan serangkaian gambar yang menampilkan kata “Google” dari gambar satelit. Hari Bumi 2024 atau...

Tech Industry

Unbox.id – Google Pixel Fold memang tidak sepopuler merek ponsel layar lipat lainnya seperti Samsung, Oppo, atau Huawei. Meski begitu, Google Pixel Fold tetap...

Tech Industry

Unbox.id – Membeli aplikasi atau game melalui Google Play kini lebih aman. Pasalnya Google menerapkan metode keamanan biometrik untuk mengonfirmasi transaksi yang dilakukan. Ini...