Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Google Image Search Akan Kenali Foto Rekayasa AI

Google Image_1gi
Platform Google Image Search nantinya akan mengenali gambar dengan sistem AI. (Sumber: CNET)

Unbox.id – Google telah menambahkan fitur baru ke mesin pencari gambarnya. Fitur ini dimaksudkan untuk membantu pengguna dengan mudah mengidentifikasi foto yang dirancang AI. Pengumuman ini disampaikan perusahaan saat gelaran Google I/O 2023 digelar. Sepert idilansir The Verge, foto yang muncul di hasil pencarian akan menampilkan opsi “about this image” atau “tentang gambar ini”. Opsi ini dapat memberi pengguna informasi tentang kapan foto dan foto serupa pertama kali diindeks oleh Google. Selain itu, Google juga akan menyertakan informasi tentang kapan foto tersebut pertama kali muncul di web dan di mana foto itu diunggah secara online.

Google Search Terintegrasi AI

Mengutip Engadget, Google Search tampaknya sudah menggunakan AI di seluruh platformnya. Perusahaan mengumumkan Pengalaman Pencarian Inovatif yang memberikan wawasan tentang penggunaan AI.

Mesin AI Google juga akan menyertakan metadata pada setiap gambar untuk menunjukkan bahwa gambar tersebut dibuat secara artifisial.

Nantinya, beberapa platform edit gambar dan gambar juga akan bisa menandai gambar mereka dengan menggunakan teknologi yang sama. Penerbit gambar seperti Midjourney dan Shutterstock telah bermitra untuk memberikan informasi tentang sumber gambar.

Tidak hanya itu, platform ini juga akan menghadirkan fitur-fitur yang akan segera hadir, seperti tab “Perspektif” dalam pencarian yang akan menyorot forum dan postingan sosial.

Google Akan Bawa Chatbot AI Bard ke Ponsel Pixel

Google Image_2gi

Google Bard nantinya akan tersedia di berbagai platform yang dimiliki oleh Google. (Sumber: Essential Homme)

Di sisi lain, Google Bard AI dikatakan akan hadir di ponsel Pixel sebagai widget layar utama. Google melakukan ini untuk mempermudah akses AI chatbots di smartphone dan tablet.

Berdasarkan informasi yang dikutip oleh 9to5 Google, ini ditentukan dari berbagai baris kode dalam file yang didekompilasi, yang merupakan petunjuk kemungkinan fitur baru di masa mendatang. Kode ini menunjukkan bahwa Bard akan segera hadir di Android.

Namun, belum diketahui apakah Bard akan terintegrasi dengan Google Search atau hadir sebagai aplikasi mandiri. Harap dicatat bahwa Bard saat ini hanya tersedia untuk web, sehingga pembaruan akan memudahkan akses pengguna.

Meski belum jelas fungsi dari widget Bard ini, namun konon memiliki fungsi untuk memungkinkan pengguna mengobrol hingga membuka aplikasi tertentu. Namun, widget Bard hanya akan tersedia untuk smartphone Google Pixel, setidaknya untuk saat ini.

Baca juga: Google Dan Apple Kolaborasi Atasi Tracker Bluetooth

Google Mulai Buka Akses Uji Coba Chatbot Bard

Selain itu, Google telah membuka akses uji coba ke chatbot berbasis kecerdasan buatannya, Bard. Chatbot ini harus menjadi pesaing ChatGPT yang sedang booming. Mengutip informasi dari Cnet, akses ketes Bard baru ditawarkankepadasejumlah orang di AS dan Inggris.

“Kami telah belajar banyak dari pengujian Bard sejauh ini, dan langkah besar berikutnya dalam meningkatkan kemampuan Bard adalah mendapatkan umpan balik dari lebih banyak orang,” kata VP of Product, Bard. Google, Sissie Hsiao, dan wakil presiden pencarian Google, Eli Collins, kata di blog perusahaan.

Meskipun hanya tersedia di AS dan Inggris, Google mengatakan sedang memperluas uji coba Bard ke lebih banyak negara dan bahasa. Namun, tidak ada kabar kapan layanan ini akan tersedia di negara lain.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech News

Jakarta, Unbox.id — Setelah kemunculan AI Copilot beberapa waktu lalu, Microsoft mulai mengintegrasikan tombol khusus di perangkat Surface terbarunya. Ia adalah perangkat laptop khusus...

Software

Unbox.id – OpenAI disebut-sebut memiliki rencana untuk memasuki pasar mesin pencari. Tampaknya mesin pencari ini berbasis teknologi ChatGPT. Namun seperti dikutip dalam Tom’s Guide,...

Tech Industry

Unbox.id – Pixel 8a tiba-tiba diumumkan oleh Google. Bahkan banyak yang meyakini ponsel ini akan meluncur di Google I/O 2024 pada 14 Mei 2024....

Tech News

Jakarta, Unbox.id — Dengan munculnya ChatGPT, Google merasa perlu mengembangkan model bahasa serupa yang serupa. Ini akhirnya menciptakan Gemini. Namun OpenAI juga ingin menciptakan...