Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Google Gboard Mendukung 500 Bahasa Dalam 2 Tahun

Last updated on 22 Desember, 2018

Unbox.idPerubahan Google Gboard dari waktu ke waktu kian menjadi baik dan terus lebih baiknya lagi. Baru-baru ini, Gboard mendapatkan pembaruan untuk berbagai hal seperti emoji yang dipersonalisasi dan rekomendasi GIF yang mengikuti alur percakapan. Sekarang, Google mengumumkan bahwa software keyboard ini menjangkau lebih banyak pengguna dari sebelumnya. Ini berkat Gboard mendukung hingga 500 bahasa.

Menurut Google, tujuan Gboard untuk membantu penggunaya berkomunikasi dengan yang nyaman dan alami – sehingga masuk akal jika Gboard akan mendukung banyak bahasa. Sejak Desember 2016, saat Gboard diluncurkan di Android, 400 bahasa telah ditambahkan ke Gboard, dengan lebih dari seratus bahasa tersebut telah ditambahkan selama beberapa bulan terakhir. Bahasa-bahasa baru mencakup Rangpuri, yang dituturkan oleh 15 juta orang, Pontic Greek yang dituturkan oleh sekitar 800.000 orang, dan banyak lagi.

Dalam mendukung ratusan bahasa, Gboard juga perlu mendukung banyak sistem penulisan – dan pada saat ini Gboard telah mendukung lebih dari 40 sistem penulisan. Sistem penulisan tersebut termasuk abjad yang digunakan oleh banyak bahasa dan skrip yang hanya digunakan oleh satu bahasa.

Google juga memberikan beberapa informasi cara menambahkan bahasa baru kedalam Gboard. Setiap kali bahasa baru ditambahkan, Google membuat mesin model pembelajaran bahasa baru, yang melatih keyboard untuk mengetahui cara mengetik otomatis dan memprediksi kata-kata yang akan digunakan selanjutnya. Itu mudah untuk bahasa seperti bahasa Inggris, di mana hanya ada 26 karakter dan bahan tertulis yang dengan mudah tersedia – tetapi untuk bahasa yang kurang digunakan, dan mungkin tidak banyak digunakan secara online, ini bisa menjadi lebih sulit. Untuk melatih model, Google menggunakan corpus text yang merupakan database teks; dalam bahasa yang lebih sulit ditemukan, Google membuat daftar petunjuk menulis dan mengirimkan permintaan tersebut ke native speaker.

Kemudian, Google akan berfokus pada tata letak bahasa, di mana idenya adalah merancang tata letak agar masuk akal bagi native speaker. Tata letak ini mungkin membutuhkan analisis teks dan mengharuskan Google untuk menyesuaikan aspek bahasa. Kemudian, Google mengundang native speaker bahasa tersebut  untuk menggunakan Gboard dengan bahasa mereka dan mengisi survei.

Sepertinya Google akan terus menambahkan lebih banyak lagi bahasa kedalam Gboard, tetapi 500 masih merupakan upaya yang cukup solid. Anda bisa mengunduh Gboard langsung dari Google Play Store di Android atau dari App Store di iOS.

Baca juga – Google Gboard Gunakan A.I Yang Mampu Berikan Rekomendasi GIF Dan Sticker Berdasarkan Percakapan

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Google Pixel Fold memang tidak sepopuler merek ponsel layar lipat lainnya seperti Samsung, Oppo, atau Huawei. Meski begitu, Google Pixel Fold tetap...

Tech Industry

Unbox.id – Membeli aplikasi atau game melalui Google Play kini lebih aman. Pasalnya Google menerapkan metode keamanan biometrik untuk mengonfirmasi transaksi yang dilakukan. Ini...

Apps & Games

Unbox.id – Google Workspace mengumumkan sejumlah pembaruan fitur pada acara Google Cloud Next 2024. Seperti tema besar acara tahunan ini, kecerdasan buatan (AI) menjadi...

Apps & Games

Unbox.id – Google baru saja mengumumkan kabar baik untuk semua pengguna Android. Pengguna tablet atau ponsel Android kini dapat menggunakan fitur pengeditan foto di...