Google Gboard Mendukung 500 Bahasa Dalam 2 Tahun

Unbox.idPerubahan Google Gboard dari waktu ke waktu kian menjadi baik dan terus lebih baiknya lagi. Baru-baru ini, Gboard mendapatkan pembaruan untuk berbagai hal seperti emoji yang dipersonalisasi dan rekomendasi GIF yang mengikuti alur percakapan. Sekarang, Google mengumumkan bahwa software keyboard ini menjangkau lebih banyak pengguna dari sebelumnya. Ini berkat Gboard mendukung hingga 500 bahasa.

Menurut Google, tujuan Gboard untuk membantu penggunaya berkomunikasi dengan yang nyaman dan alami – sehingga masuk akal jika Gboard akan mendukung banyak bahasa. Sejak Desember 2016, saat Gboard diluncurkan di Android, 400 bahasa telah ditambahkan ke Gboard, dengan lebih dari seratus bahasa tersebut telah ditambahkan selama beberapa bulan terakhir. Bahasa-bahasa baru mencakup Rangpuri, yang dituturkan oleh 15 juta orang, Pontic Greek yang dituturkan oleh sekitar 800.000 orang, dan banyak lagi.

Dalam mendukung ratusan bahasa, Gboard juga perlu mendukung banyak sistem penulisan – dan pada saat ini Gboard telah mendukung lebih dari 40 sistem penulisan. Sistem penulisan tersebut termasuk abjad yang digunakan oleh banyak bahasa dan skrip yang hanya digunakan oleh satu bahasa.

Google juga memberikan beberapa informasi cara menambahkan bahasa baru kedalam Gboard. Setiap kali bahasa baru ditambahkan, Google membuat mesin model pembelajaran bahasa baru, yang melatih keyboard untuk mengetahui cara mengetik otomatis dan memprediksi kata-kata yang akan digunakan selanjutnya. Itu mudah untuk bahasa seperti bahasa Inggris, di mana hanya ada 26 karakter dan bahan tertulis yang dengan mudah tersedia – tetapi untuk bahasa yang kurang digunakan, dan mungkin tidak banyak digunakan secara online, ini bisa menjadi lebih sulit. Untuk melatih model, Google menggunakan corpus text yang merupakan database teks; dalam bahasa yang lebih sulit ditemukan, Google membuat daftar petunjuk menulis dan mengirimkan permintaan tersebut ke native speaker.

Kemudian, Google akan berfokus pada tata letak bahasa, di mana idenya adalah merancang tata letak agar masuk akal bagi native speaker. Tata letak ini mungkin membutuhkan analisis teks dan mengharuskan Google untuk menyesuaikan aspek bahasa. Kemudian, Google mengundang native speaker bahasa tersebut  untuk menggunakan Gboard dengan bahasa mereka dan mengisi survei.

Sepertinya Google akan terus menambahkan lebih banyak lagi bahasa kedalam Gboard, tetapi 500 masih merupakan upaya yang cukup solid. Anda bisa mengunduh Gboard langsung dari Google Play Store di Android atau dari App Store di iOS.

Baca juga – Google Gboard Gunakan A.I Yang Mampu Berikan Rekomendasi GIF Dan Sticker Berdasarkan Percakapan

Tinggalkan Balasan