Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Google Gantikan Search Dengan Discover Bagi Perangkat Mobile

Last updated on 13 Desember, 2018

Unbox.id – Menjadi bagian dari ulang tahunnya yang ke-20, Google mengumumkan rencananya untuk meningkatkan Search, dimulai dengan Google Feed-nya. Sekarang lebih dikenal dengan nama Discover, pembaruan ini menghadirkan desain ulang tampilan lengkap dengan fitur untuk membantu anda menemukan konten yang selaras dengan minat anda.

Saat ini, fitur terbaru ini akhirnya mulai menggantikan Google Search di perangkat mobile. Jadi, selain anda melihat kotak pencarian yang muncul ketika anda membuka Google.com, anda juga akan disajikan dengan semua fitur yang akan anda temukan pada Google Feed, termasuk berita dan informasi lain yang menurut Google sesuai dengan minat anda. Discover saat ini sedang diluncurkan ke Google.com di iOS dan Android.

Dengan Discover, Google bertujuan membantu anda dalam menemukan konten yang bukan hanya sesuai waktu tetapi juga selaras dengan minat anda. Saat menggulir Discover, anda akan melihat tajuk topik yang memberikan penjelasan kenapa anda tertarik melihat kartu spesifik untuk ditemukan. Di samping nama topik adalah ikon Discover, juga akan anda lihat di Search. Jika ada banyak topik yang menarik bagi anda, mengetuk ikon akan membawa anda ke konten yang lebih banyak. Dan dengan untuk mengetuk “Follow”, anda telah menambahkan konten tersebut ke umpan anda.

Meskipun fitur ini dibuat untuk menghadirkan konten terbaru, Discover juga menyediakan konten hijau dan segar yang relevan bagi anda meskipun artikelnya tidak baru. Jika anda merencanakan perjalanan darat atau mengambil cuti, Discover mungkin memberikan artikel dengan tempat istirahat terbaik terbaik di daerah itu atau tempat yang rekomended untuk dikunjungi.

Google baru-baru ini juga memperkenalkan Topic Layer, yang menganalisis konten di web untuk topik tertentu dan mengembangkan subtopik di sekitar topik tersebut. Dengan menggunakan alat ini, Discover bisa menunjukkan tingkat keahlian seseorang terhadap topik tertentu dan kemudian menyediakan kontennya. Misalnya, jika anda baru mau belajar bermain piano, Discover mungkin akan memberikan konten untuk pemula. Jika anda telah bermain piano selama bertahun-tahun, anda akan mendapatkan lebih banyak konten lanjutan.

Kustomisasinya masih hidup dan baik bahkan dengan update terbaru ini. Sekarang, anda bisa mengetuk ikon kontrol pada Discover untuk menunjukkan apakah anda ingin melihat lebih banyak atau lebih sedikit konten atau tidak. Adapun berita, Google mengatakan bahwa akan menggunakan teknologi yang sama dngan yang digunakan dalam aplikasi News yang didesain ulang, dikenal sebagai Full Coverage, yang melukiskan gambaran lengkap dari sebuah cerita dari berbagai perspektif yang berbeda.

Google juga mengumumkan bahwa mereka mulai menggunakan AI untuk mengumpulkan cerita AMP (sebuah pustaka open source yang memudahkan bagi siapa saja untuk membuat cerita didalam web) yang akan muncul di Search. Fitur ini dimulai dari selebriti dan atlet, memberikan fakta dan momen penting yang membentuk kehidupan mereka dalam format visual yang kemudian memungkinkan anda untuk memanfaatkan artikel untuk informasi lebih lanjut.

Search juga akan menggabungkan video-video unggulan, tergantung pada apa yang anda cari. Google juga menggunakan visi komputer untuk memahami konten video dan kemudian membantu anda menemukan informasi yang berguna dengan cepat. Misalnya, jika anda mencari kata Paris, anda mungkin melihat video berbagai tempat terkenal seperti Menara Eiffel atau Louvre. Cara kerjanya mirip dengan Topic Layer, video unggulan ini mengambil pemahaman anda tentang topik yang spesifik dan menampilkan video yang terkait dengan subtopik tersebut.

Baca juga – Google Photo Versi iOS Kini Lebih Baik Dengan Update Terbaru

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Google memperkenalkan beberapa solusi baru pada acara Google Next 2024. Salah satu solusi yang dihadirkan pada acara tersebut adalah Gemini Code Assist...

Tech Industry

Unbox.id – Google Doodle hari ini merayakan Hari Bumi 2024 dengan serangkaian gambar yang menampilkan kata “Google” dari gambar satelit. Hari Bumi 2024 atau...

Tech Industry

Unbox.id – Google Pixel Fold memang tidak sepopuler merek ponsel layar lipat lainnya seperti Samsung, Oppo, atau Huawei. Meski begitu, Google Pixel Fold tetap...

Tech Industry

Unbox.id – Membeli aplikasi atau game melalui Google Play kini lebih aman. Pasalnya Google menerapkan metode keamanan biometrik untuk mengonfirmasi transaksi yang dilakukan. Ini...