Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Google ‘Find My Device’ Akan Memiliki Lebih Banyak Perangkat yang Terhubung

Google
Google I/O 2023 mempresentasikan pembaruan dalam fitur Find My Device | foto: Aroged

Jakarta, Unbox.id – Google sedang mengembangkan teknologi baru yang menambah daya saing mereka dari produk Apple, yakni ‘Find my Device’. Dengan tambahan fitur tersebut, beberapa perangkat seperti headset, tablet, earbud, dan lain sebagainya.

Beberapa bulan yang akan datang, Google juga akan menambah banyak perangkat di dalam fitur pencarian tersebut. Fitur ini terbukti sangat efektif untuk menemukan lokasi perangkat Anda ketika lupa menaruhnya di suatu tempat, atau ada yang mengambilnya.

Baca juga: Mengaktifkan Instagram Dark Mode di Android dan iOS

Informasi penambahan fitur tersebut muncul dalam acara I/O 2023 pada hari Kamis (11/5/2023). Sameer Samat dari Google juga mengatakan bahwa mereka akan menggandeng pihak ketiga seperti Chipolo, Tile, dan yang lainnya.

Google dalam Acara I/O 2023

“Ini didukung oleh jaringan miliaran perangkat Android di seluruh dunia,” kata Samat. “Tile, Chipolo, dan pihak ketiga lainnya akan berpartisipasi dalam program yang terbaru. Sejak awal, kami merancang jaringan dengan cara yang menjaga privasi,”

Samat juga membahas potensi penggunaan berbahaya dari produk pelacakan lokasi ini. Seperti beberapa kasus penguntitan belakangan ini yang melibatkan perangkat Apple Air Tags. Hal tersebut tentu sangat mengganggu dan menimbulkan banyak keresahan.

Baca juga: WhatsApp Akan Permudah Pengguna Ponsel Android Transfer Chat

Namun, di dalam fitur terbaru ini Anda dapat melihat lansiran pelacak yang tidak dikenal. Cara kerja model fitur ini seperti saat Anda menangkap sinya wifi yang ada di sekitar. Anda dapat mengetahui apakah terdapat alat pelacak di tas atau pakaian Anda.

Informasi Lainnya

Google dan perusahaan lain seperti Apple melakukan kerjasama untuk mencegah hal yang demikian. Artinya, meski Anda memakai fitur ‘Find my Device’ dari ponsel iPhone, Anda tetap bisa mendeteksi adanya alat pelacak berbasis Android di sekitar.

Belum ada informasi pasti terkait peluncuran fitur terbaru ini. Apakah fitur ini mengandalkan sensor khusus atau tidak? Tipe Android mana saja yang akan mendapat jatah pembaruan yang satu ini? Dan juga, kapan perusahaan tersebut akan meluncurkannya?

Di sisi lain, Meta sedang melakukan uji coba terhadap aplikasi WhatsApp yang ada di perangkat Wear OS. Dalam pembaruannya, pengguna sudah dapat berkirim pesan dan melakukan panggilan melalui perangkat wearable seperti jam tangan pintar.

Sumber: The Verge

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Google telah mengungkapkan beberapa strategi yang diterapkan perusahaan untuk memerangi penyebaran aplikasi berbahaya di platform Android pada tahun 2023. Hal ini diungkapkan...

Tech Industry

Unbox.id – Sekelompok pekerja di Alphabet Inc (perusahaan induk Google) mengajukan keluhan ke Dewan Buruh AS. Mereka mengklaim bahwa perusahaan teknologi tersebut secara ilegal...

Tech Industry

Unbox.id – iPad tampaknya digunakan dalam operasi yang tidak biasa selama perang Ukraina-Rusia. Alasannya karena Angkatan Udara Ukraina menggunakan iPad sebagai senjata modern pada...

Tech Industry

Unbox.id – iPad Apple telah ditambahkan ke daftar produk teknologi yang harus mematuhi peraturan DMA (Digital Markets Act) Uni Eropa. Komisi Eropa juga secara...