Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Google Files Uji Coba Fitur Edit Foto

Google Files_1a
Google Files. (Sumber: Google Blogs)

Unbox.id – Google Files dan Google Photos, dua aplikasi yang populer di dunia Android, tampaknya akan semakin terhubung. Fitur terbaru yang sedang diuji secara internal menunjukkan kemungkinan adanya opsi pengeditan foto langsung dari Google Files. Fitur ini masih dalam tahap pengembangan dan belum tersedia untuk umum. Namun, fitur ini menambahkan tombol mengambang di bawah gambar yang membuka opsi edit foto langsung dari Google Photos. Dengan mengetuk tombol tersebut, pengguna dapat melakukan berbagai opsi pengeditan seperti meningkatkan dynamic range dan memotong ukuran gambar langsung dari Google Files. Sekadar informasi, Google sebelumnya memperkenalkan alat pengeditan di Google Foto versi web. Hal ini memudahkan pengguna untuk mengedit gambarnya melalui laptop atau komputer.

Kemampuan Google Photos

Google Photos_2b

Google Photos. (Sumber: The Keywords)

Perubahan lain yang diperkenalkan adalah kemampuan Google Foto untuk secara otomatis mencadangkan dan menyimpan foto pengguna versi RAW. Hal ini memudahkan mereka yang ingin mengedit gambar dengan menyimpan seluruh data sensor kamera.

Meski belum ada konfirmasi resmi dari Google, kemungkinan besar fitur ini akan segera diluncurkan setelah pengujian. Bagi pengguna yang rutin menggunakan aplikasi pengeditan foto selain Google Foto, ini bisa menjadi langkah positif dalam meningkatkan pengalaman mereka.

Dengan terus menyempurnakan aplikasi ini, Google ingin mencoba bersaing di bidang editing foto. Meski belum begitu terkenal di dunia fotografi, langkah ini menunjukkan bahwa Google berusaha menawarkan alat pengeditan yang sebanding dengan kompetitornya.

Selain itu, kolaborasi yang lebih erat antara Google Files dan Google Foto juga memudahkan pengguna Android dalam mengelola file dan foto, seperti dikutip dari Android Police.

Fitur Share di Google Photos Hadir dengan Tampilan Baru

Sebelumnya, Google Foto kini menawarkan antarmuka baru ketika pengguna ingin berbagi foto. Layar ini diadaptasi dari Android 14, menggunakan penyesuaian layar berbagi berbasis aplikasi. Sekarang, saat berbagi gambar di Google Foto dengan Android 14, pengguna dapat melihat panel “Bagikan Gambar” meluncur ke bagian atas layar.

Pengguna kemudian juga dapat memilih gambar tambahan untuk dibagikan menggunakan grid setelah mengetuk “Edit” di sudut kanan atas. Mengutip 9to5Google, yang pertama menampilkan pratinjau gambar yang dipilih dengan ikon pensil di sudut, memungkinkan pengguna meluncurkan alat markup.

Dengan alat ini Anda dapat dengan cepat memotong, menambahkan teks, menggambar, dan menandai. Di bawah ini terdapat carousel yang menghubungkan pengguna ke berbagai menu Google Foto khas Android 14, seperti Buat Tautan, Unggah Foto, Tambahkan ke Album, dan Buat Album. Target Direct Share akan muncul di samping aplikasi yang sering digunakan.

Berbagi Di Sekitar juga muncul terlebih dahulu, sehingga pengguna hanya perlu menariknya ke atas untuk membuka seluruh panel. Tampilan bersama baru ini diperkenalkan dengan Google Foto versi 5.65 pada perangkat Pixel yang menjalankan Android 14. Sayangnya, Google belum meluncurkan fitur ini ke perangkat layar besar seperti tablet Pixel.

Baca juga: Google Sebut 2 Aplikasi Samsung Ini Berbahaya

Google Photos Luncurkan Sinkronisasi Locked Folder Antar Perangkat

Google Photos_3c

Google Photos. (Sumber: Chrome Unboxed)

Selain itu, Google telah secara resmi meluncurkan fitur untuk menyinkronkan folder terkunci di Google Foto di semua perangkat yang masuk ke satu akun. Seperti dikutip 9to5Google, fitur tersebut kini tersedia secara luas.

Dengan hadirnya fitur ini, saat pengguna membuka Google Foto, mereka akan melihat opsi “Cadangkan folder terkunci” di bagian atas layar. Jika Anda tidak melihatnya, Anda mungkin perlu memperbarui aplikasi atau menunggu hingga fitur tersebut muncul.

Seperti namanya, fitur ini memiliki kemampuan untuk menyimpan foto dan video secara diam-diam dan memastikannya tetap aman saat berganti perangkat atau menghapus aplikasi. Pengguna kemudian akan memiliki dua pilihan, “Aktifkan cadangan” atau “Tidak ada cadangan”. Kedua opsi tersebut akan membantu pengguna mengatur apakah folder terkunci disinkronkan ke cloud atau tidak.

Pengguna juga dapat mematikan fitur sinkronisasi kapan saja. Setelah mengaktifkannya, semua konten folder terkunci akan mulai diunggah ke cloud. Menariknya, pengguna bisa mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini di setiap perangkat dengan akun Google yang sama. Pengguna juga dapat mengakses “Folder Terkunci” melalui photos.google.com.

Opsi ini akan muncul di sidebar tepat di atas “Sampah”. Namun untuk mengaksesnya, pengguna harus login terlebih dahulu ke akun Google dan menyelesaikan verifikasi dua langkah atau 2FA.

Kehadiran fitur ini dinilai merupakan langkah baik Google untuk meningkatkan keamanan dan kontrol terhadap foto dan video pribadi pengguna di Google Foto. Sebab pengguna mempunyai kebebasan dalam mengatur fitur folder terkunci.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Google memperkenalkan beberapa solusi baru pada acara Google Next 2024. Salah satu solusi yang dihadirkan pada acara tersebut adalah Gemini Code Assist...

Tech Industry

Unbox.id – Google Doodle hari ini merayakan Hari Bumi 2024 dengan serangkaian gambar yang menampilkan kata “Google” dari gambar satelit. Hari Bumi 2024 atau...

Tech Industry

Unbox.id – Google Pixel Fold memang tidak sepopuler merek ponsel layar lipat lainnya seperti Samsung, Oppo, atau Huawei. Meski begitu, Google Pixel Fold tetap...

Tech Industry

Unbox.id – Membeli aplikasi atau game melalui Google Play kini lebih aman. Pasalnya Google menerapkan metode keamanan biometrik untuk mengonfirmasi transaksi yang dilakukan. Ini...