Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Google Dikabarkan Rilis Project Gameface

Project Gameface Google_1
Google dikabarkan nantinya akan merilis Project Gameface yang merupakan projek canggih terbarunya. (Sumber: Eurogamer)

Last updated on 11 Juni, 2024

Unbox.id – Google telah merilis Project Gameface, mouse gaming hands-free open source inovatif yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol kursor komputer mereka dengan gerakan kepala dan gerakan wajah. Proyek ini diumumkan pada 10 Mei 2023 oleh Miguel de Andrés-Clavera, Manajer Produk Grup di Google PI, dan Laurence Moroney, Ketua Tim Advokasi AI di Google. Kisah Lance Carr, seorang streamer video game hemiplegia yang hidup dengan distrofiotot, menginspirasi Proyek Gameface. Terlepas dari keterbatasan fisiknya, Carr menolak untuk membiarkan kecintaannya pada permainan menghalangi.

Ini menggunakan mouse pelacak kepala untuk mengontrol kursor saat bermain game. Namun, pada tahun 2021, terjadi kebakaran di rumahCarr saat dia sedang bermain game tersebut, sebuah insiden yang direkam dan diamati oleh para gamer di seluruh dunia.

Carr kehilangan semua perlengkapan game online-nya dalam kebakaran, termasuk mouse pelacak kepala yang mahal, teknologi utama yang memungkinkannya berjudi. Setelah mendengar cerita Carr, tim Google merasa perlu membantu.

Bekerja sama dengan Carr, mereka merancang bersama Project Gameface, mouse gaming hands-free menggunakan solusi Media Pipe open source Google. Dengan menggunakan model pembelajaran mesin, gerakan kepala dan wajah yang direkam hanya dari webcam akan dikenali dan diubah menjadi gerakan penunjuk.

Baca juga: Cara Mengatasi Scroll Mouse Tidak Berfungsi

Project Gameface Google_2

Project Gameface adalah salah satu project canggih yang dimiliki oleh Google saat ini. (Sumber: Android Headlines)

Salah satu fitur inovatif dari Project Gameface adalah penyertaan “pengukuran gerakan”, yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol seberapa banyak gerakan mereka memicu tindakan mouse. Kustomisasi ini memenuhi kebutuhan pengguna yang berbeda, meningkatkan aksesibilitas alat ini.

Proyek Gamefac emenghadirkan teknologi baru yang menjanjikan dengan potensi merevolusi aksesibilitas dalam game. Kode tersebut bersifat open source, artinya dapat digunakan dan dikembangkan secara bebas oleh pengembang yang berminat.

Meski masih dalam pengembangan, alat-alat ini mendapat perhatian karena potensinya yang mengubah hidup karena harga produksi dan perawatannya yang relatif terjangkau. Sifat open source dari proyek ini tidak hanya mendemokratisasi akses ke teknologi, tetapi juga mengundang kolaborasi dan kontribusi dari komunitas teknologi yang lebih luas.

Pengembang yang tertarik untuk berkontribusi, meningkatkan, atau menggunakan teknologi ini disarankan untuk mengunjungi repositori GitHub proyek.

Baca juga: Google Image Search Akan Kenali Foto Rekayasa AI

Industri game telah mengeksplorasi berbagai cara untuk membuat game lebih inklusif dan mudah diakses. Inisiatif seperti Project Gameface bertujuan untuk mendobrak hambatan dan memberikan pengalaman bermain game yang lebih holistik untuk semua orang, terlepas dari kemampuan fisiknya.

Dengan mengizinkan pengguna untuk mengontrol input game melalui gerakan wajah dan gerakan kepala, alat baru Google dapat membuka banyak kemungkinan bagi mereka yang sebelumnya tidak dapat mengakses game.

Evolusi alat-alat ini menggambarkan kekuatan teknologi dan inovasi untuk membawa perubahan yang berarti. Dengan menggabungkan kecerdasan buatan, pembelajaran mesin, dan desain yang berpusat pada pengguna, Google telah menciptakan alat yang tidak hanya bermanfaat bagi individu seperti Lance Carr, tetapi juga berpotensi meningkatkan pengalaman bermain game untuk lebih banyak orang.

Meskipun dampak penuh dari Project Gameface belum terlihat, peluncurannya merupakan langkah maju yang penting dalam menciptakan dunia game yang lebih inklusif.

Hal ini mencerminkan pengakuan yang berkembang dalam industri teknologi akan kebutuhan untuk menciptakan produk yang memenuhi beragam kebutuhan, menegaskan kembali keyakinan bahwa teknologi harus untuk semua orang.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Apple baru saja memperkenalkan sistem kecerdasan buatan (AI) Apple Intelligence. Ini adalah fitur AI terbaru yang terdapat di sistem operasi Apple, termasuk...

Tech Industry

Last updated on 9 Juni, 2024 Unbox.id – Google telah merilis NotebookLM versi terbaru. Sekadar informasi, NotebookLM merupakan asisten peneliti dan penulis yang didukung...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id — Fitbit, anak perusahaan Google, telah mengumumkan peluncuran Fitbit Ace LTE, jam tangan pintar baru dengan rancangan khusus untuk anak-anak. Perangkat ini...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id — Setelah beberapa waktu meluncurkan fitur multi view di aplikasi YouTube TV, kini fitur tersebut akan segera hadir di perangkat Android. Dengan...