Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Google Chrome Bakal Dapat 3 Fitur AI Generatif Baru

Google Chrome Fitur AI Generatif_1a
Google Chrome Fitur AI Generatif. (Sumber: IT Ideas)

Unbox.id – Google meluncurkan tiga fitur berbasis kecerdasan buatan (AI) di Chrome. Parisa Tabriz, wakil presiden Chrome, melalui blog resmi Google mengungkapkan bahwa fitur AI umum ini akan diluncurkan pertama kali di Amerika Serikat, untuk Mac dan Windows PC. Fitur AI Sintetis Google Chrome akan diluncurkan pada versi M121, yang bertujuan untuk membuat navigasi lebih mudah dan efisien, sekaligus mempertahankan pengalaman yang dipersonalisasi. Pengguna kemudian dapat menavigasi ke “Pengaturan” dari menu tiga titik Chrome dan kemudian menavigasi ke “AI Eksperimental” jika fitur tersebut tersedia. Fitur AI umum ini belum akan diluncurkan ke akun bisnis dan pendidikan karena masih dalam versi beta publik awal.

Mengatur Tab Dengan Cerdas

Google Chrome Fitur AI Generatif_2b

Google Chrome Fitur AI Generatif. (Sumber: Techno World)

Pengorganisasian grup tab dilakukan secara manual. Namun dengan Tab Organizer, Chrome akan secara otomatis menyarankan dan membuat grup tab berdasarkan tab terbuka pengguna.

Ini berguna jika pengguna melakukan beberapa tugas di Chrome secara bersamaan, misalnya seperti merencanakan perjalanan, meneliti topik dan pergi berbelanja. Saat fitur ini dirilis, pengguna cukup mengeklik kanan tab dan memilih “Sort Same Tabs” atau mengeklik panah tarik-turun di sebelah kiri tab.

Membuat Tema Sendiri Dengan AI

Google memperkenalkan wallpaper yang dihasilkan AI ke perangkat yang menjalankan Android 14 dan Pixel 8. Sekarang mereka memperluas model teks-ke-gambar yang sama ke Chrome, sehingga pengguna dapat lebih mempersonalisasi latar belakangnya

Pengguna akan dapat dengan cepat membuat tema yang dipersonalisasi berdasarkan tema, suasana hati, gaya visual, dan warna yang dipilih. Pengguna kemudian dapat membuka menu “Sesuaikan Chrome” di panel samping, klik “Ubah tema”, lalu klik “Bangun dengan AI”.

Di Chrome, yang akan dirilis di masa mendatang, Google akan merilis fitur AI eksperimental, yang bertujuan membantu pengguna menulis dengan lebih percaya diri di web. Saat fitur Google Chrome dengan AI ini dirilis, pengguna akan dapat mengklik kanan kolom teks situs web mana pun yang mereka kunjungi di Chrome, lalu memilih “Bantu saya menulis”.

Google Chrome Setop Dukungan untuk Android Nougat

Google Chrome Android Nougat_3c

Google Chrome Android Nougat. (Sumber: Android Inspiring)

Sebelumnya, Google Chrome mengumumkan akan berhenti mendukung perangkat yang masih menjalankan Android versi lama, khususnya Android 7.0 atau dikenal dengan Android Nougat. Informasi tersebut diketahui pada laman Google Chrome yang diperbarui pada 25 Oktober 2023.

Mengutip Android Police, dengan pengumuman tersebut, pengguna Android Nougat tidak lagi mendapat dukungan pembaruan dari Google Chrome. Dengan kata lain, mereka tidak lagi dapat memanfaatkan fitur terbaru dan pembaruan keamanan aplikasi.

Ini akan berlaku untuk pembaruan Chrome 120 yang dijadwalkan dirilis pada tanggal 6 Desember 2023. Oleh karena itu, Chrome 119 tidak akan lagi dapat digunakan. lagi tersedia. Ini pasti akan menjadi versi final yang dirilis. Ini masih mendukung perangkat yang menjalankan Android Nougat.

Sebagai informasi, hal serupa telah dibuat untuk Android 6 tahun lalu. Kemudian dipastikan bahwa perangkat yang menjalankan Android Marshmallow tidak lagi mendukung Google Chrome versi 107.

Baca juga: Cara Baru Akses Akun Google Tanpa Password Dari Hacker

Pertama Kali Rilis di 2016

Langkah ini masuk akal karena Android Nougat atau Android 7 pertama kali dirilis pada tahun 2016, bersamaan dengan Google Pixel generasi pertama.

Jadi, bisa dikatakan sistem operasi ini sudah cukup tua namun pengguna perangkat ini belum sepenuhnya hilang. Menurut data terbaru dari Android Distribution, pengguna perangkat Android Nougat, Android 7 dan 7.1, masih berjumlah sekitar 2,6% dari seluruh pengguna.

Bagi Anda, Chrome 120 dikatakan hadir dengan banyak pembaruan. Khusus untuk perangkat Android, akan diberikan beberapa pembaruan termasuk opsi tampilan baru.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Meningkatnya penipuan menggunakan teknologi deepfake mengkhawatirkan sektor bisnis di Indonesia. Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) mengingatkan masyarakat akan pentingnya edukasi mengenai teknologi...

Tech Industry

Unbox.id – Meningkatnya penggunaan dan penyempurnaan Generative AI (GenAI) dan Generative Adversarial Network (GAN) jelas menjadikan kejahatan dunia maya semakin memprihatinkan. Ketika penjahat dunia...

Tech Industry

Unbox.id – Meta meluncurkan versi beta dari alat pembuat gambar real-time bertenaga AI di WhatsApp. Sayangnya, hanya pengguna WhatsApp di AS yang akan mendapatkan...

Tech Industry

Unbox.id – Microsoft Research Asia baru saja meluncurkan alat AI eksperimental baru yang disebut VASA-1. AI ini dapat memodifikasi gambar seseorang serta file audio...