Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Google Cegah Spam Pada Kotak Masuk Gmail

Gmail Spam_1a
Gmail Spam. (Sumber: CNET)

Unbox.id – Google sedang bersiap untuk memperkenalkan persyaratan layanan Gmail baru yang bertujuan untuk mengurangi spam, meningkatkan keamanan email, dan mempermudah berhenti berlangganan dari pengirim email komersial. Seperti dilansir CNET, perusahaan mengumumkan aturan baru untuk “pengirim massal”, atau siapa pun yang mengirim lebih dari 5.000 pesan per hari ke alamat Gmail. Neil Kumaran, manajer produk Gmail untuk keamanan dan keandalan, menjelaskan bahwa salah satu persyaratannya adalah pengirim massal harus mengautentikasi email mereka sesuai standar Google. Hal ini dimaksudkan untuk mengisi celah yang bisa dimanfaatkan. Peraturan baru ini akan mulai berlaku pada Februari 2024. Oleh karena itu, pengguna tidak akan dapat menerima perubahan ini untuk saat ini. Google juga berencana menetapkan batas spam untuk pengirim dalam jumlah besar. Hal ini diharapkan dapat mengurangi jumlah email tidak diinginkan yang diterima pengguna.

Peraturan Terbaru Terkait Pembatasan Spam

Menurut The Verge, aturan pengiriman massal Gmail menyarankan pengirim untuk menjaga keluaran spam di bawah 0,3%. Namun aturan tersebut masih berupa rekomendasi untuk saat ini. Selain aturan baru mengenai batasan spam, pengirim massal juga harus memberikan kemampuan kepada penerima Gmail untuk berhenti berlangganan email komersial dengan satu klik.

Hal ini memudahkan penerima untuk berhenti menerima pesan yang tidak mereka inginkan. Permintaan untuk berhenti berlangganan email tersebut harus diproses dalam waktu dua hari. “Banyak pengirim barang curah tidak mengamankan dan mengkonfigurasi sistem mereka dengan benar, sehingga memudahkan penyerang untuk bersembunyi di dalamnya,” kata Neil Kumaran.

“Untuk mengatasi masalah ini, kami fokus pada aspek penting keamanan email: memverifikasi bahwa pengirimnya memang benar,” tambah Neal.

Google Berfokus Pada Validasi Pengirim Spam

Gmail Spam_2b

Gmail Spam. (Sumber: Web Tips Tech)

Menurut blog resmi Google, perlindungan Gmail yang didukung AI menghentikan lebih dari 99,9 persen email spam, phishing, dan malware mencapai kotak masuk Anda, memblokir hampir 15 miliar email yang tidak diminta yang dikirim setiap hari.

Namun hampir 20 tahun setelah peluncuran Gmail, ancaman yang dihadapi pengguna menjadi lebih kompleks dan mendesak dibandingkan sebelumnya. Selain itu, banyak operator curah tidak mengamankan dan mengkonfigurasi sistem mereka dengan benar. Artinya penyerang dapat dengan mudah bersembunyi di dalamnya.

Untuk mengatasi masalah ini, Google berfokus pada aspek penting keamanan email: memverifikasi bahwa pengirimnya memang sesuai dengan yang mereka nyatakan. “Tahun lalu, kami mulai mewajibkan beberapa bentuk autentikasi untuk email yang dikirim ke alamat Gmail. Kami melihat penurunan sebesar 75% dalam jumlah pesan tidak autentikasi yang diterima pengguna Gmail kami.”

“Ini memungkinkan Anda memblokir miliaran pesan berbahaya dengan lebih akurat sambil membersihkan kotak masuk Anda,” tulis Neil Kumaran di blognya.

Baca juga: Google Podcast Akan Dimatikan Pada 2024

Verifikasi Tambahan Gmail Untuk Cegah Peretasan

Seperti yang dilaporkan The Verge, Gmail akan memberikan langkah verifikasi tambahan ketika pengguna mencoba menambahkan alamat, meneruskan pesan, atau mengedit filter. Langkah tambahan ini membantu mencegah penjahat mendapatkan akses ke akun pengguna Anda.

Skenario spesifik yang memungkinkan Google menambahkan langkah tambahan meliputi:

  • Filters: membuat filter baru, mengedit filter yang sudah ada, atau mengimpor filter.
  • Forwarding: menambahkan alamat penerusan baru dari pengaturan Forwarding dan POP/IMAP.
  • IMAP access: mengaktifkan status akses IMAP dari pengaturan. (Admin Workspace mengontrol apakah pengaturan ini terlihat oleh pengguna akhir atau tidak).

Jika Anda mencoba mengubah pengaturan ini dan Google menentukan bahwa tindakan tersebut berisiko, Anda akan diminta untuk mengonfirmasi bahwa Anda memang orang yang melakukan perubahan tersebut.

Selain itu, jika tantangan gagal atau tidak diselesaikan, pengguna akan menerima peringatan keamanan penting yang memberi tahu mereka bahwa ada sesuatu yang salah. Perlindungan tambahan tersedia untuk semua pelanggan Google Workspace dan pengguna yang memiliki Akun Google pribadi.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Google memperkenalkan beberapa solusi baru pada acara Google Next 2024. Salah satu solusi yang dihadirkan pada acara tersebut adalah Gemini Code Assist...

Tech Industry

Unbox.id – Google Doodle hari ini merayakan Hari Bumi 2024 dengan serangkaian gambar yang menampilkan kata “Google” dari gambar satelit. Hari Bumi 2024 atau...

Tech Industry

Unbox.id – Google Pixel Fold memang tidak sepopuler merek ponsel layar lipat lainnya seperti Samsung, Oppo, atau Huawei. Meski begitu, Google Pixel Fold tetap...

Tech Industry

Unbox.id – Membeli aplikasi atau game melalui Google Play kini lebih aman. Pasalnya Google menerapkan metode keamanan biometrik untuk mengonfirmasi transaksi yang dilakukan. Ini...