Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Google Berniat Membuat Chrome Versi Terbaru Lebih Aman Digunakan

chrome update ke Chrome versi 70

Last updated on 18 Juli, 2022

Unbox.id – Google mengumumkan akan ada beberapa perubahan pada cara browser web Chrome menangani ekstensi. Dimulai dengan Chrome versi 70, pengguna Chrome dapat mengontrol akses yang dimiliki ekstensi ke situs web yang mereka kunjungi, dan pengembang juga akan lebih cermat ketika mengirimkan ekstensi yang membutuhkan permintaan izin.

Google berada di jalur yang bagus untuk mengakhiri ekstensi yang buruk didalam Chrome dan meningkatkan transparansi bagi penggunanya.

Sekarang, dengan perubahan terbaru, pengguna bisa membatasi akses host dengan mengklik ekstensi, dan memilih opsi dari menu drop-down. Ini mengakhiri ekstensi yang bisa memanipulasi situs web yang mana menjadi perhatian bagi banyak orang sejak Juni 2018 lalu.

Ekstensi dengan kode host jarak jauh juga mendapatkan perhatian khusus dari Google dalam Chrome 70. Karena kode ini selalu bisa diubah-ubah, Google meinginkan ekstensi dibatasi lebih sempit lagi.

“Tujuan kami adalah untuk meningkatkan transparansi dan kontrol pengguna saat ekstensi dapat mengakses data situs. Dalam tonggak berikutnya, kami akan terus mengoptimalkan pengguna terhadap sasaran ini dan diwaktu yang sama kami akan meningkatkan fungsinya, ”kata Google.

Baca Juga: Fitur Baru Google Maps Membuat Perjalanan Anda Kian Nyaman

Sedangkan bagi pihak pengembang, Google sedang mengubah proses peninjauan untuk ekstensi yang memerlukan “powerful permission”.

Bagi pengguna, ini berarti ekstensi menjadi lebih bersih, terutama karena Google berencana untuk menghapus ekstensi pada Januari 2019 yang menjalankan kode yang tidak jelas.

Kode ini adalah proses yang sering digunakan pihak pengembang untuk menyembunyikan kode sumbernya, tetapi juga sering digunakan pada 70% ekstensi berbahaya. “Karena obfuscation digunakan untuk menyembunyikan fungsionalitas kode, ini meningkatkan kesulitan pada proses peninjauan kami,” kata Google.

Ini hanyalah sebagian perubahan terbaru untuk Chrome yang selalu saja terus berevolusi. Putaran terakhir perubahan dalam update versi 69 terbaru, meskipun itu lebih terfokus pada perubahan UI.Chrome versi 70

Chrome versi 70 saat ini masih dalam tahap beta, dan Google menjelaskan veri 70 ini sedang merencanakan perubahan API ekstensi yang lebih luas di tahun 2019, yang diatur untuk memberi kontrol dari pengguna terhadap data mereka.

Perubahan lain yang terjadi di Chrome 70 mencakup two step verification untuk akun pengembang Chrome Web Store.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Membeli aplikasi atau game melalui Google Play kini lebih aman. Pasalnya Google menerapkan metode keamanan biometrik untuk mengonfirmasi transaksi yang dilakukan. Ini...

Apps & Games

Unbox.id – Google Workspace mengumumkan sejumlah pembaruan fitur pada acara Google Cloud Next 2024. Seperti tema besar acara tahunan ini, kecerdasan buatan (AI) menjadi...

Apps & Games

Unbox.id – Google baru saja mengumumkan kabar baik untuk semua pengguna Android. Pengguna tablet atau ponsel Android kini dapat menggunakan fitur pengeditan foto di...

Tech Industry

Unbox.id – Google Cloud Next 2024 saat ini sedang diadakan di Las Vegas, AS. Acara ini merupakan kesempatan untuk memamerkan produk dan inovasi terbaru...