Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Google Assistant Dengan Bard Akan Hadir Untuk iOS dan Android

Google Assistant With Bard_1a
Google Assistant With Bard. (Sumber: CNET)

Unbox.id – Google Assistant telah lama berfungsi sebagai asisten virtual untuk perangkat Android. Kemudian, di acara Made by Google, Google mengumumkan evolusi berikutnya dari asistennya, yang dijuluki Assistant with Bard. Seperti namanya, Assistant with Bard menggabungkan kekuatan asisten suara virtual dan AI untuk membantu pengguna tetap mengetahui hal-hal penting. Omong-omong, Bard adalah chatbot AI generatif (kecerdasan buatan) Google yang dirilis pada tahun 2023 untuk bersaing dengan ChatGPT. Dalam pengumumannya, Google juga membeberkan beberapa fitur yang akan didukung oleh asisten virtual tersebut. Misalnya, Asisten dengan Bard dapat mencari semua email terbaru pengguna, merangkum informasi penting, dan membuka Google Maps untuk merencanakan rute.

Google Assistant With Bard

Google Assistant With Bard_2b

Google Assistant With Bard. (Sumber: Gizchina)

Jika sebelumnya pengguna harus membaca semua email, mencatat nama tempat tertentu, dan memasukkannya sendiri ke Google Maps, Assistant with Bard memungkinkan pengguna mengakses informasi dari Internet secara instan. Anda dapat mencari dan mendapatkan jawaban terbaik.

Menurut CNET, Asisten Google akan diluncurkan ke beberapa penguji untuk pertama kalinya di Bard. Layanan ini kemudian akan diperluas ke pengguna lain di perangkat iOS dan Android dalam beberapa bulan mendatang.

Namun, Google mengatakan dukungan Bard di Google Assistant akan menjadi opsi tambahan. Oleh karena itu, pengguna dapat memilih untuk menggunakan fitur ini atau tidak. Perlu diketahui, meski asisten virtual sudah tersedia di perangkat speaker pintar seperti Nest Mini, Google dikabarkan masih membatasi apa yang dapat dilakukan Asisten Google di perangkat seluler Bard.

Teknologi AI Mulai Berperan di Semua Big Tech

Perlu dicatat bahwa semua perusahaan besar di industri teknologi saat ini sedang mengembangkan kemampuan AI. Misalnya, Microsoft berinvestasi besar-besaran di OpenAI dan meluncurkan Bing AI awal tahun ini.

Google kemudian merilis Bard dan memperluas fungsinya di seluruh rangkaian aplikasi Google. Bulan lalu, Amazon merilis aplikasi Alexa baru yang menjadikan komunikasi lebih personal dengan kemampuan mendapatkan informasi real-time.

Selain itu, Microsoft juga merilis Copilot, asisten AI bawaan Windows 11 untuk menganalisis email, dokumen, dan teks. Meta akan memungkinkan pengguna berinteraksi dengan chatbot yang meniru identitas selebriti pada September 2023.

Meskipun Apple belum terlalu menekankan AI, iPhone 15 dan iPhone 15 Pro juga memperkenalkan fitur foto dan suara-ke-teks yang didukung AI.

Cek Harga Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro yang Baru Dirilis

Google Pixel 8_3c

Google Pixel 8. (Sumber: Blog Google)

Selain memperkenalkan Google Assistant dengan Bard, Google juga mengumumkan Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro. Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro keduanya memiliki chipset Tensor G3. Bedanya, Pixel 8 hadir dengan RAM 8 GB, sedangkan versi Pro mendukung versi RAM hingga 12 GB.

Kedua smartphone baru Google ini juga bersertifikat IP68, artinya terlindungi dari air dan debu. Google mengklaim bahwa kedua ponsel menawarkan dukungan dan keamanan perangkat lunak Android hingga tujuh tahun (berbeda dengan dua tahun untuk iOS Apple).

Baca juga: Google Munculkan Aplikasi Gmail Untuk Wear OS

Google Resmi Luncurkan Android 14

Selain itu, Google secara resmi mengumumkan Android 14 pada acara Made By Google di New York City, menurut Tech Crunch pada Kamis (10 Mei 2023). Android 14 mulai diluncurkan ke perangkat Pixel yang sudah mendukung sistem operasi terbaru ini.

Selain Pixel, Android 14 juga akan tersedia di beberapa perangkat lain pada paruh kedua tahun 2023, antara lain Samsung Galaxy, iQOO, Nothing, OnePlus, Oppo, Realme, Sharp, Sony, Tecno, Vivo, dan Xiaomi.

Google mengumumkan opsi penyesuaian baru, fitur aksesibilitas, dan banyak lagi dengan sistem operasi terbarunya. Perusahaan juga memperkenalkan cara-cara baru untuk menyesuaikan perangkat agar sesuai dengan preferensi pribadi pengguna.

Dijelaskan lebih lanjut, Android terbaru ini juga bertujuan untuk memudahkan peralihan antar wallpaper, serta memungkinkan pengguna dengan cepat mengubah apa yang ingin dilihatnya dengan fitur At a Glance.

Pembaruan perangkat lunak ini memungkinkan pengguna mengatur pintasan layar kunci untuk mengakses aplikasi dan alat favorit mereka dengan satu ketukan.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Browser ponsel Android seringkali menyimpan file yang tidak diperlukan. Saat menjelajahi situs web, browser mengambil banyak data dari situs web yang dikunjungi....

Tech Industry

Unbox.id – Pasar smartphone Android belakangan ini mengalami lonjakan setelah sempat mengalami penurunan penjualan sebelumnya. Peningkatan ini bahkan bisa melebihi penjualan iPhone. Menurut studi...

Apple

Unbox.id – Belakangan ini, iPhone SE 4 sedang ramai diberitakan. Kabar terkini menunjukkan bahwa Samsung telah menolak tawaran Apple untuk memproduksi panel OLED untuk...

Software

Last updated on 31 Maret, 2024 Unbox.id – Belum lama ini, Apple mengumumkan pembaruan menarik untuk pengguna iPhone lawas, khususnya pemilik iPhone 12. Pasalnya,...