Connect with us

Hi, what are you looking for?

Google

Google Akan Segera Menghapus Akun-Akun Terbengkalai

Google
Google akan segera menghapus akun-akun yang terbengkalai | foto: online tech tips

Jakarta, Unbox.id – Banyaknya akun-akun Google yang tidak aktif saat ini membuat perusahaan tersebut harus melakukan tindakan tegas. Menurut laporan terbaru, akun-akun yang memiliki akses ke Gmail, Drive, dan sebagainya akan mereka hapus.

Kategori akun yang tak terpakai selama dua tahun atau lebih akan hilang dari database milik Google. Artinya, jika Anda memiliki akun yang sudah lama tidak login, maka secara otomatis semua datanya akan terhapus, termasuk konten-konten seperti Youtube dan Photos.

Baca juga: Twitter Sudah Kembalikan Centang Biru Pada Akun Selebritas

Kabarnya, Google akan memulai langkah ini pada akhir tahun 2023 nanti, tepatnya di bulan Desember yang akan datang. Program ini akan terus berlanjut seperti halnya sistem penghapusan history di peramban internet perangkat Anda.

Google Segera Menghapus Akun yang Terbengkalai

Namun, sebelum melangsungkan penghapusan ini, perusahaan akan mengirim notifikasi terlebih dahulu. Jika tidak ada respon atau tindak lanjut dari pemilik akun, maka penghapusan otomatis akan berlaku terhadap akun yang terbengkalai.

Jika Anda memiliki akun yang sudah lama tidak terpakai dan terdapat data-data penting di dalamnya, maka Anda harus segera login. Aktivitas pengguna di dalamnya dalam jangka waktu dekat ini akan membuat perusahaan tersebut batal menghapusnya.

Baca juga: WhatsApp Luncurkan Sinkronisasi Akun ke Ponsel Lain Untuk Ponsel Android

Paling tidak, Anda bisa menggunakannya untuk mengecek apa yang ada di kotak surat, galeri foto, maupun di penyimpanan drive. Jika Anda menghendakinya untuk terhapus, Anda bisa mencadangkan data-data penting terlebih dahulu.

Cara Mencadangkan Data Penting dari Akun

Ada banyak cara untuk mencadangkan data dari akun Google ke perangkat yang Anda miliki. Pertama, buka akun pribadi Anda, kemudian pilih opsi data dan privasi. Selanjutnya, gulir halaman ke bawah hingga Anda menemukan opsi download data.

Selanjutnya, Anda bisa menghapus akun jika tidak dibutuhkan lagi. Cara menghapusnya juga cukup mudah, yakni dengan menggulir ke bawah pada halaman data dan privasi, pilih ‘hapus akun’ kemudian ikuti langkah-langkah verifikasinya.

Alasan dari penghapusan akun terbengkalai ini adalah karena terdapat banyak pihak yang menyalahgunakannya. Akun terbengkalai dapat dengan mudah mereka susupi dan menggunakannya untuk hal-hal buruk seperti pembelian ilegal dan lain-lain.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Google memperkenalkan beberapa solusi baru pada acara Google Next 2024. Salah satu solusi yang dihadirkan pada acara tersebut adalah Gemini Code Assist...

Tech Industry

Unbox.id – Google Doodle hari ini merayakan Hari Bumi 2024 dengan serangkaian gambar yang menampilkan kata “Google” dari gambar satelit. Hari Bumi 2024 atau...

Apps & Games

Unbox.id – Trafik internet di jaringan XL Axiata meningkat 16% selama Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H dibandingkan hari biasa sebelum Ramadhan. Mengutip informasi...

Tech Industry

Unbox.id – Google Pixel Fold memang tidak sepopuler merek ponsel layar lipat lainnya seperti Samsung, Oppo, atau Huawei. Meski begitu, Google Pixel Fold tetap...