Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Google Akan Melakukan Transisi ke Chip Berbasis ARM

ARM
ilustrasi: Chrome Unboxing

Jakarta, Unbox.id – Terbaru, Google akan memperbarui sistem penyimpanan awan atau Cloud dengan chip berbasis ARM untuk pemakaian server. Di mana hal tersebut akan menjadikan mereka sebagai perusahaan teranyar yang melakukan perpindahan dari chip x86 pada ARM.

Mengutip informasi dari berbagai sumber, Selasa (19/7), Transisi tersebut tentunya akan membuat Intel dan AMD semakin tertekan. Sebab, kedua penguasa chip x86 tersebut semakin kurang mendapat minat setelah transisi ini.

Sebelumnya, chip berbasis ARM ini sudah banyak dipakai untuk chip perangkat kecil seperti tablet atau ponsel pintar. Akan tetapi, tepatnya pada tahun 2018, ARM ini mulai menghadirkan teknologi chip yang dapat beroperasi di pusat data seperti Google. Yang mana teknologi tersebut saat ini masih didominasi oleh AMD dan Intel.

Baca juga: Dampak Dari Pemblokiran Kominfo Terhadap Google dan WhatsApp

Kemudian, pada empat tahun belakangan ini, ARM mulai melebarkan sayapnya ke banyak perusahaan pengelola data yang ada di seluruh dunia. Beberapa perusahaan besar yang memanfaatkan ARM antara lain, Microsoft, Alibaba, Tencent, Amazon, Baidu, serta Oracle. Luar biasa, bukan?

ilustrasi: berbagai sumber

Kelebihan Chip Berbasis ARM

Dengan pembaruan dalam jumlah besar-besaran ini, perusahaan-perusahaan tersebut menjajakan kembali kemampuan komputasi mereka pada para penggunanya. Dengan masuknya perusahaan Google, tentunya Intel dan AMD tidak hanya tertekan, mereka juga akan gelisah karena khawatir akan tenggelam.

Bahkan perusahaan besar Alibaba serta Amazon telah membuat desain chip milik mereka sendiri dengan teknologi tersebut. Lalu, Samsung dan TSMC memproduksinya kembali.

Untuk desain dari perusahaan lain seperti Oracle, Google, Microsoft dan lain-lain, mereka memakai jasa dari Ampere Computing. Kabarnya, Google akan memakai chip terbaru dari Ampere, yakni Altra.

Baca juga: Rekomendasi Platform Mesin Pencari Pengganti Google

Baru-baru ini, ARM telah memperkenalkan GPU mobile mereka yang memiliki dukungan fitur Ray Tracing hardware. Di mana fitur tersebut dalam kesempatan sebelumnya hanya terdapat di kartu grafis PC. GPU tersebut adalah Immortals yang memiliki 10 core. Ia akan memiliki dukungan execution engine bagi smartphone Android level tinggi.

Sebenarnya, Ray Tracing ini membutuhkan kinerja komputer yang lumayan berat, sehingga penggunaannya untuk ponsel sempat mengalami penundaan. Namun, sepertinya saat ini chip mobile sudah mendukung fitur tersebut.

sumber: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – Google memiliki fitur baru yang direncanakan untuk toko aplikasinya, Play Store. Dengan fitur ini, Google akan memudahkan pengguna dalam menentukan asal aplikasi...

Tech Industry

Unbox.id – Google dilaporkan mulai meluncurkan akses Gemini langsung di Google Chrome. Dengan akses tersebut, pengguna Chrome dapat mengakses Gemini langsung melalui bilah alamat....

Tech Industry

Unbox.id – Google telah mengungkapkan beberapa strategi yang diterapkan perusahaan untuk memerangi penyebaran aplikasi berbahaya di platform Android pada tahun 2023. Hal ini diungkapkan...

Tech Industry

Unbox.id – Sekelompok pekerja di Alphabet Inc (perusahaan induk Google) mengajukan keluhan ke Dewan Buruh AS. Mereka mengklaim bahwa perusahaan teknologi tersebut secara ilegal...