Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Fungsi NFC Pada Smartphone Selain Untuk Cek Saldo

NFC on smartphone (nextpit.com)
NFC on smartphone (nextpit.com)

Jakarta, Unbox.id – NFC atau Near Field Communication yang saat ini sering dikenal sebagian orang hanya untuk mengecek saldo uang elektronik atau digunakan untuk membayar tol atau MRT. Namun ternyata fungsi NFC tak hanya sebatas itu saja. NFC selain memiliki proses transfer yang cepat, mengkonsumsi sedikit daya dan aman.

NFC on smartphone (sumber: aqi.co.id)

NFC on smartphone (sumber: aqi.co.id)

Berikut ini adalah beberapa fitur NFC di ponsel selain selain mengecek saldo uang elektronik.

Baca juga: NFC: Pengertian dan Fungsinya di Smartphone

Berbagi data dengan Android Beam

Android Beam merupakan fitur yang selalu ada di setiap smatphone Android yang dilengkapi dengan NFC. Gunanya untuk berbagi data, termasuk kontak di ponsel hanya dengan mendekatkan kedua perangkat. Teknologi ini hanya butuh sedikit daya. Tinggal pilih file yang ingin dibagikan, lalu pilih Android Beam.

Transaksi pembayaran

Untuk menggunakan NFC sebagai transaksi pembayaran butuh aplikasi pembayaran dari Google terlebih dahulu. Lalu, cukup pemindaian dengan cara mendekatkan smartphone ke perangkat pembayaran, dan tekan tombol Bayar.

Speaker Bluetooth

Menyalakan speaker berbasis bluetooth juga bisa dilakukan dengan NFC di smartphone yakni hanya dengan sekali sentuh. Cara ini diklaim lebih cepat dan tidak melibatkan banyak langkah seperti koneksi bluetooth biasanya.

Berbagi koneksi WiFi

Berbagi koneksi WiFi antar perangkat smartphone bisa dilakukan dengan mendekatkan kedua perangkat dan melakukan pemindaian. Seperti misalnya di Hotel yang menyediakan alat yang disebut WiFi Porter. Nah pengguna dapat langsung mengakses WiFi tanpa kata sandi, cukup tempelkan smartphone pada tempat yang disediakan maka WiFi akan otomatis tersambung.

Memindahkan data ke komputer

Beberapa produk laptop pada saat ini juga sudah menyediakan fitur NFC. Dengan fitur tersebut, Anda yang memiliki smartphone NFC dapat langsung memindahkan foto hingga data ke laptop tanpa perlu menyambung kabel ataupun menyalakan bluetooth.

Mengirim nomor telepon

Setara dengan mengirim kontak via WhatsApp, NFC juga memungkinkanmu mengirimkan nomor telepon seseorang. Cukup dengan mendekatkan ke sesama smartphone berfitur NFC, Anda tak perlu lagi untuk mengetik nomor tersebut.

Menjalankan aplikasi di smartphone lain

Jika Anda punya aplikasi A dan begitu pula dengan teman Anda. Saat itu teman Anda menjalankan aplikasi tersebut dan Anda pun juga ingin menjalankannya, tetapi Anda tak kunjung menemukan aplikasi tersebut pada smartphone Anda. Lewat NFC, Anda bisa langsung menjalankan aplikasi tersebut tanpa perlu repot mencarinya lagi.

Baca juga: Xiaomi Mi Band 4 Resmi Meluncur Dengan Fitur NFC

Menyarankan aplikasi

Fitur ini memungkinkan Anda untuk langsung mengarahkan teman Anda untuk merekomendasikan aplikasi maupun game. Fitur ini tentu cocok bagi para gamer untuk saling merekomendasikan game.

Membuka pintu

Jika kantor Anda sudah menggunakan sistem kartu untuk membuka pintu, NFC dapat menyimpan data tersebut sehingga Anda tak perlu lagi membawa kartu untuk membuka pintu apa pun.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: aqi.co.id, nextpit.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Browser ponsel Android seringkali menyimpan file yang tidak diperlukan. Saat menjelajahi situs web, browser mengambil banyak data dari situs web yang dikunjungi....

Tech Industry

Unbox.id – Pasar smartphone Android belakangan ini mengalami lonjakan setelah sempat mengalami penurunan penjualan sebelumnya. Peningkatan ini bahkan bisa melebihi penjualan iPhone. Menurut studi...

Tech Industry

Unbox.id – Penjualan iPhone akan turun sekitar 10% pada kuartal pertama tahun 2024 karena meningkatnya persaingan dari pembuat ponsel pintar Android untuk mendapatkan posisi...

Tech Industry

Unbox.id – Pemerintah Inggris sedang mempertimbangkan untuk melarang penjualan ponsel pintar kepada anak-anak di bawah 16 tahun. Hal ini dilakukan untuk memerangi kecanduan smartphone...